Selasa, 10 Februari 2015

6 Tips Keamanan Penting untuk iPhone dan iPad Kalian


Keamanan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan untuk iDevice kalian. Mengapa? Karena didalam iDevice yang kalian miliki tentunya mempunyai data-data yang sifatnya pribadi dan tentunya kalian tidak ingin sampai orang lain mengambil atau mencurinya, iya ga?. Ada beberapa cara untuk mengamankan iDevice kalian dari orang yang 'iseng'. Sayangi iPhonemu, minum yakult tiap hari (Maaf salah fokus).

Thats what you should do

1. Menaktifkan Passcode Lock untuk Home Screen

Passcode Lock adalah benteng pertama dari iPhone atau iPad kalian dari tangan-tangan 'iseng'. Untuk mengaktifkannya lakukan langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka menu Settings. Kemudian pilih 'Touch ID & Passcode'.
2. Kemudian aktifkan Passcode dengan melakukan switch pada "Turn Passcode ON".


Jika kalian ingin mengubah Passcode Lock, kalian tap pada "Change Passcode". Kemudian masukkan 4 buah angka untuk Passcode kalian. Apabila kalian ingin Passcode yang lebih panjang dari 4 angka, kalian dapat menonaktifkan "Simple Passcode".


Selain itu dari menu Passcode ini kalian juga dapat mengkatifkan fitur 'Auto Lock' yang bekerja ketika device dalam kondisi tidak digunakan atau layar dalam kondisi mati. Untuk mengaktifkannya ikuti langkah berikut.

1. Buka menu Settings. Kemudian pilih 'Touch ID & Passcode'.
2. Lakukan scroll ke bawah, kemudian tap pada 'Auto Lock'.


3. Setelah itu kalian atur berapa lama interval waktu untuk device kalian melakukan Auto Lock. Selesai deh..

2. Matikan Akses Control Center saat Lock Screen

Apabila Control Center kalian dapat diakses saat dalam lockscreen , maka hal tersebut dapat membuka celah untuk pencuri mematikan koneksi internet dari device yang kalian miliki, sehingga nantinya dapat mempersulit untuk melakukan tracking (pelacakan) device kalian. Ya bisa dikatakan cara ini hanya untuk pencegahan aja ya. Untuk menonaktifkan akses control center pada lockscreen ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka menu Settings. Kemudian pilih 'Control Center'.
2. Lalu, switch ke off pada 'Access on Lock Screen'.


Selesai deh. Silahkan coba lakukan swipe pada bagian bawah layar apakah control center masih muncul.

3. Matikan Akses Siri saat Lock Screen

Jika sampai sekarang device kalian dapat mengakses Siri pada saat Lock Screen, sebaiknya matikan fitur terssebut. Mengapa? Ya karena dengan Siri seseorang dapat melakukan panggilan, mengakses kontak telepon dan mungkin melakukan post di Facebook tanpa seizin kita. Untuk menonaktifkan kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka menu Settings. Kemudian pilih 'Touch ID & Passcode'.
2. Masukkan password untuk memverifikasi jika itu kalian. Kemudian tekan 'Done'
3. Lakukan scroll ke bawah kemudian switch ke off pada 'Siri'. Oke you done boys.


4. Aktifkan Find My iPhone

Find My iPhone adalah salah satu aplikasi yang dibuat oleh Apple untuk melakukan pelacakan device melalui browser. Lalu, jika kalian mengaktifkan fitur Lost Mode maka device kalian akan menampilkan pesan atau melakukan panggilan telepon ke orang terdekat kalian. Selain itu kalian juga dapat mengetahui posisi device yang kalian sudah aktifkan Find My iPhone-nya via E-mail.

Untuk mengaktfikannya lakukan langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi Find My iPhone. Jika kalian tidak punya aplikasinya dapat di download disini.
2. Lakukan Sign in Apple ID.


3. Setelah itu buka menu Settings. Kemudian pilih 'iCloud'.
4. Aktifkan Find My iPhone dengan melakukan switch ke on.

5. Lakukan Backup Data dari Device Menggunakan iTunes atau iCloud

Jika device kalian hilang tentunya semua data yang ada di simpan di dalam iDevice kalian akan hilang juga. Oleh karena itu kalian harus melakukan backup. Lebih baik mencegah daripada meratapi data yang hilangkan?

Kalian dapat melakukan update menggunakan dua cara yang di tawarkan oleh Apple
atau

6. Lakukan Pengamanan Browser Safari

Tentunya kalian tidak inginkan pada saat melakukan browsing ada pihak yang mengambil informasi tanpa seizin kita? Nah untuk mencegahnya kalian dapat mengaktifkan fitur di Safari untuk menjaga Privasi kalian tetap aman. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Settings. Kemudian pilih 'Safari'


Kemudian aktifkan fitur-fitur berikut yang ada di Safari
a). Aktifkan 'Block Pop-ups' untuk melindungi device kalian dari serangan virus yang biasanya berasal dari website atau iklan di website.
b). Aktifkan 'Do not Track' untuk melindungi privasi kalian saat mengunjungi website, karena beberapa perusahaan mengambil data dari aktifitas surfing kalian di dunia maya.
c). Blokir semua Cookies untuk melindungi privasi kalian dari perusahaan yang menyimpan settingan dari website yang kalian kunjungi. (Optional)
d). Aktifkan 'Fraudulent Website Warning'. Fitur ini dapat mencegah dari website yang mengandung spyware.



Kira-kira itu saja yang dapat kalian lakukan untuk mengamankan iPhone atau iPad kalian. See ya in next article.
Disqus Comments