Selasa, 10 Februari 2015

Cara Backup Data Menggunakan iCloud


Aktifitas Backup di iPhone, iPad atau iPod Touch dapat menggunakan iTunes atau iCloud. Biasanya Backup dilakukan ketika upgrade iOS atau merestore OS. Hal-hal yang dapat di Backup menggunakan iTunes mencakup (Musik yang telah di beli, apps, books; foto dan video di Camera Roll; Device setting (seperti Wallpaper, Contacts, Mail dan lain-lain); app data; HomeScreen dan App Organization; Message (iMessage, SMS, dan MMS; Ringtones dan banyak lagi lainnya).

iCloud akan otomatis membackup data yang penting dari Device kalian. Untuk mengaktifkan iCloud kalian bisa lakukannya dengan membuka Settings -> iCloud -> Storage & Backup dan switch dari off ke on.

Setelah kalian mengaktifkan fitur iCloud pada iPhone/iPad/iPod Touch, setiap harinya iCloud akan membackup otomatis dalam keadaan :
- Device terhubung dengan Wi-Fi
- Device dalam keadaan pengisian baterai
- Lock Screen di Device Aktif

Jika kalian tidak ingin iCloud bekerja secara otomatis, switch ke off. Kemudian lakukan Manual Backup aja. Caranya seperti ini : Settings -> iCloud -> Storage & Backup. Switch iCloud Backup ke posisi off. Kemudian klik Backup Now. Proses Backup akan berjalan dan kalian tinggal menunggunya sampa selesai. Untuk estimasi waktunya bergantung pada size dan koneksi internet kalian.


Selain melakukan backup menggunakan iCloud kalian juga dapat melakukan backup data menggunakan iTunes. Tutorialnya dapat kalian baca di Cara Backup Data Menggunakan iTunes.
Disqus Comments