Jumat, 20 Februari 2015

Cara Memperbaiki Error 3194 di iTunes pada Saat Update atau Restore iOS


Jika kalian menemukan Error 3194 pada saat melakukan restore atau update iOS melalui iTunes. Jangan panik dulu, coba lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaikinya.

That's what you should do

1. Mengecek Host File

Masalah 'Error 3194' biasanya muncul karena iTunes tidak dapat terhubung dengan Apple Server. Untuk menyelesaikan cek langkah-langkah berikut.

A). Untuk Pengguna Mac

1. Jika iTunes kalian masih terbuka silahkan tutup terlebih dahulu

2. Buka Terminal. Caranya dengan mencarinya dari Spotlight (Tombol Kaca Pembesar), kemudian ketikkan "Terminal"

3. Kemudian masukkan perintah ini di dalam Terminal sudo nano /private/etc/hosts

4. Masukkan password yang kalian gunakan pada saat login ke OS, kemudian tekan Enter

5. Terminal akan membuat sebuah file hosts. Setelah itu kalian mencari apakah terdapat tulisan 'gs.apple.com', apabila menemukannya silahkan hapus atau menambahkan tanda "#" di depannya. Contoh : 74.208.105.171 gs.apple.com menjadi #74.208.105.171 gs.apple.com

6. Sudah? Lalu save. Kemudian restart macbook kalian.

B). Untuk pengguna Windows

1. Tutup iTunes terlebih dahulu apabila masih terbuka

2. Kemudian tekan tombol Windows + R sampai muncul tampilan run. Kemudian ketikkan %WinDir%\System32\drivers\etc


3. Klik kanan pada file 'hosts', kemudian pilih Open With. Selanjutnya kalian pilih notepad.

4. Setelah itu kalian mencari apakah terdapat tulisan 'gs.apple.com', apabila menemukannya silahkan hapus atau menambahkan tanda "#" di depannya. Contoh : 74.208.105.171 gs.apple.com menjadi #74.208.105.171 gs.apple.com

5. Sudah? Save kemudian restart.

Sekarang coba lakukan Restore atau Update iOS dan lihat apakah masih terjadi Error 3194 atau tidak. Apabila masih coba untuk ...

2. Menonaktifkan Firewall dan Antivirus

Cara ini dapat kalian lakukan apabila cara sebelumnya tidak bekerja. Gampang saja kok, kalian matikan Firewall dan Antivirus yang ada di komputer atau laptop, karena ada kemungkinan firewall di komputer kalian memblokir koneksi untuk terhubung ke Apple Server.

Masih ngga bisa juga? Coba cek koneksi internet kalian apakah terputus-putus atau tidak? Pastikan koneksi internet stabil dan tidak lemots. Gitu.

Semuanya baik-baik aja tapi masih ngga bisa juga? Sudah saatnya move on dari komputer yang kalian gunakan sekarang. Coba untuk mencoba restore atau update iOS melalui komputer atau laptop lainnya bisa punya oma, opa, papa, mama sayang semuanya.

Semoga cara di atas dapat membantu kalian ya. Punya pengalaman seperti ini? Sharing tuk di sini. Terima kasih and See ya.
Disqus Comments