Selasa, 24 Februari 2015

Cara Menambahkan Fitur QR Scanner di Kamera iOS 8 Menggunakan QR Mode


Salah satu fitur yang tidak ada di Kamera Defaultnya iOS 8 adalah QR Scanner (atau lebih familiarnya Barcode). Mengapa? Kemungkinan karena kebanyakan pengguna Apple (iPhone) jarang sekali menggunakan QR Code, tetapi untuk masyarakat Jepang QR Code ini masih digunakan untuk berkirim pesan, mengirim kontak, dan lain-lainnya.

Lalu, bagaimana jika kita ingin menggunakan QR Scanner dengan Kamera iPhone? Kalian dapat menggunakan QR Mode yang bisa di download di Cydia (karena ini tweak jailbreak) seharga $1.99 di BigBoss Repository. QR Mode ini adalah salah satu QR Scanner terbaik yang ada di Cydia.

Tweak ini support untuk membaca QR Code, seperti :
  • Text
  • URL
  • vCard
  • SMS
  • Email Address
  • Phone Number
  • Location

Apabila kalian sudah melakukan instalasi tweak ini nanti akan muncul mode 'Scanner' pada bagian bawah tepat pada pemilihan mode. Tapi sebelumnya kalian aktifkan dulu melalui Settings > QR Mode kemudian switch tombol ke ON. Selanjutnya adalah cari QR Code yang akan kalian scan. Sudah? Arahkan kamera dengan mode 'Scanner' ke arah QR Code, QR Mode akan menerjemahkan apa yang tersembunyi di dalam kode tersebut. Sebagai contoh apabila kode tersebut adalah SMS kalian akan menemukan tombol kecil berbentuk "message" sehingga dapat membalas pesan dengan cepat hari itu juga dan saat itu juga (Gausah berlebihan :( ).


Jangan takut kelupaan nomor yang belum di save saat melakukan scan QR Code, karena QR Mode mempunyai fitur 'History' yang menyimpan semua aktifitas scanning kalian.

Untuk lebih jelasnya tentang cara penggunaannya kalian dapat melihat video di bawah ini.

Catatan : Tweak Jailbreak ini hanya dapat di gunakan di iOS 8. See you later
Disqus Comments