Senin, 09 Februari 2015

Cara Restore iDevice Melalui Recovery Mode


Hola, Fanboy!
iDevice kamu stuck di Logo Apple? Atau kamu ingin melakukan restore iDevice kamu secara safe melalui Recovery Mode lewat iTunes? Sebelumnya berikut ini adalah penjelasan dari Recovery dan DFU mode:

- Apa itu Recovery Mode?
Recovery Mode adalah kondisi iBoot telah/sedang dimuat ke iDevice. Dalam kondisi ini iDevice hanya diperbolehkan melakukan upgrade saja karena iBoot tidak memperbolehkan proses downgrade. Recovery Mode ditunjukkan dengan adanya muncul logo itunes dan kabel usb di iDevice kamu.

- Apa itu DFU Mode?
DFU Mode (Device Firmware Upgrade) adalah sebuah kondisi khusus dimana iDevice tidak/belum memuat operating system didalamnya, termasuk iBoot dan dapat berhubungan langsung dengan iTunes. iDevice yang sedang dalam kondisi DFU Mode, akan berlayar gelap tetapi tidak mati. Karena iBoot dan OS-nya belum dimuat, maka iOS dalam iDevice bisa di downgrade/upgrade menggunakan stock/official firmware maupun custom firmware.

- Perbedaan Recovery Mode dan DFU Mode?
Perbedaan utama antara Recovery dan DFU mode adalah pada iBoot. iBoot adalah bootloader yang digunakan pada iDevices. Recovery mode akan meload/mengaktifkan iBoot untuk proses restore/upgrade, sedangkan DFU mode tidak akan meload dan akan melewati iBoot, sehingga pada DFU mode kita tidak hanya bisa melakukan restore dan upgrade saja tetapi juga bisa melakukan downgrade iOS.

Nah sekarang penjalasan, gimana sih cara restore iDevice yang stuck di apple logo? Check this out!

- Hal yang perlu kamu persiapkan:
  1. Kabel usb iDevice kamu, pc/laptop/notebook/netbook asal bukan mesin tik.
  2. iTunes yang sudah di update ke versi terbaru (Download versi terbaru disini)
  3. Download IPSW yang sesuai dengan iDevice kamu, dan iOS yang masih di-sign oleh Apple. (Download IPSW disini)
  4. Koneksi internet untuk melakukan verifikasi firmware ke Apple dalam melakukan restore/update iOS.
- Langkah-langkah yang dilakukan:
  • Colokkan iDevice kamu ke PC, jalankan iTunes,
  • Jika iDevice kamu sudah dalam kondisi mati tahan tombol home pada saat mencolokkan iDevice ke PC kamu sampai muncul logo Recovery Mode (muncul logo itunes dan kabel usb). Jika kondisi iDevice masih hidup/stuck di logo apple, lakukan hard-reset pada iDevice kamu (tekan tombol home + power) sampai logo apple hilang lalu lepas tombol power tetapi jangan melepas tombol home sampai logo Recovery Mode muncul. 
  • Nanti akan muncul gambar seperti ini di iTunes kalian.
  • Lalu buka iTunes, setelah iDevice kamu ter-detect di iTunes. Lalu lakukanlah Restore iDevice kalian langsung melalui iTunes dengan cara: tahan tombol shift pada Windows atau Alt/Option pada Mac lalu klik Restore > dan pilih IPSW yang sudah kamu download sebelumnya.
  • Pastikan pc kamu terhubung dengan koneksi internet ya, dan tunggu sampai proses restore selesai.

Gimana? Problem Stuck on Apple logo kalian sudah terselesaikan? Kalo belum dan masih ada yang bingung, feel free to ask :) 

Baca juga seputaran tentang 'Stuck on Apple Logo' dibawah ini:
Cara Untuk Mematikan iDevice yang Stuck di Logo Apple
Arti Error Code di iTunes
Disqus Comments