Kamis, 19 Maret 2015

Apa itu Tethered Jailbreak, Semi-Tethered Jailbreak dan Untethered Jailbreak?


Jailbreak adalah proses membuka akses dari iPhone, iPad atau iPod Touch, sehingga kalian memegang semua kontrol dari device yang disebutkan tadi. Jailbreak mulai dikenal pada tahun 2007 saat iOS 1.1.1 rilis pada tahun 2007. Saat itu device yang dapat dijailbreak adalah iPhone dan iPod Touch karena iPad baru diperkenalkan tahun 2010 (Wikipedia). Beberapa developer jailbreak yang terkenal adalah evasi0n, i0nic, p0sixninja, dan lain-lainnya.

Dalam dunia jailbreak dikenal dengan 3 tipe jailbreak, yaitu Tethered Jailbreak, Semi-Tethered Jailbreak, dan Untethered Jailbreak. Sebelum terjun ke dunia jailbreak, kalian harus mengetahui arti dari ketiga tipe jailbreak dan perbedaannya.

Berikut adalah penjelasan dari ketiga tipe jailbreak. Check this out!

1. Tethered Jailbreak

Tethered Jailbreak adalah tipe jailbreak yang paling banyak saat hadirnya jailbreak pertama kali pada iOS. Fitur dari tethered jailbreak sama dengan untethered jailbreak. Dengan tipe jailbreak ini kalian harus membutuhkan komputer untuk melakukan reboot device atau menyalakan device dalm kondisi hang atau mati.Salah satu pembuat tethered jailbreak yang terkenal adalah redsn0w.

Biasanya pengguna tipe jailbreak ini akan berpikir dua kali untuk melakukan reboot pada devicenya dan lebih berhati-hati dengan low battery.

2. Semi-Tethered Jailbreak

Berbeda dengan tethered jailbreak, dalam tipe semi-tethered ini kalian dapat melakukan reboot tanpa menggunkan komputer akan tetapi beberapa fungsi jailbreak tidak dapat digunakan/malfungsi seperti Cydia. Untuk mengaktifkan kembali fungsi Cydia kalian harus melakukan reboot menggunakan komputer and voila Cydia dapat berkerja kembali. Tipe jailbreak ini lebih baik daripada tethered jailbreak dan tidak sebagus untethered jailbreak.

3. Untethered Jailbreak

Tipe jailbreak ini adalah yang paling banyak digunakan sekarang ini, karena berbeda dengan 2 tipe jailbreak yang telah disebutkan tadi. Untuk melakukan reboot pengguna tidak harus menhubungkan ke komputer dan setelah reboot fungsi jailbreak dan aplikasi jailbreak tetap berfungsi secara normal. 

Berikut adalah contoh video yang menjelaskan perbedaan dari ketiga tipe jailbreak tersebut yang dibuat oleh iDownloadBlog.

Semoga penjelasan tersebut dapat membantu kalian untuk membedakan tipe-tipe jailbreak yang ada sampai saat ini. Terima kasih and see ya.

Baca JugaApa itu SHSH blobs dan Kegunaannya.
Disqus Comments