Sabtu, 07 Maret 2015

Apa Perbedaan dari Layar Sapphire dan Ion-X Glass di Apple Watch?


Apple menawarkan 3 seri dari Apple Watch, yaitu Apple Watch Sport, Apple Watch, dan Apple Watch Edition. Dari ketiga seri ini Apple memiliki varian lapisan layar untuk melindungi layar apple Watch. Untuk Watch Sport layar yang digunakan adalah Ion-X Glass, sedangkan Apple Watch dan Watch Edition menggunakan layar Sapphire.

Lalu, apakah perbedaan dari kedua layar ini? Mari kita simak penjelasannya.

Ion-X Glass


Ion-X Glass adalah lapisan layar yang akan digunakan pada Apple Watch Sport. Lapisan layar ini dibilang memiliki berart lebih ringan daripada Sapphire. Tidak hanya itu, Watch Sport ini menggunakan bahan alumunium untuk casingnya, sehingga dapat memangkas berat dari jam tersebut sampai 30%. Apple memang mengkhususkan Watch Sport untuk pengguna yang melakukan aktifitas diluar rumah, seperti olahraga atau fitness.

Ion-X Glass terbuat dari material aluminosilicate glass yang telah difotifikasi di dalam molecular level melalui pertukaran ion yang diubah dari kecil ke besar sehingga terciptalah lapisan yang keras dan kuat.

Sapphire


Sapphire adalah lapisan layar yang akan digunakan pada Apple Watch dan Apple Watch Edition. Sapphire memiliki bahan yang sangat keras dan sangat tahan terhadap gesekan atau goresan. Lapisan layar ini juga memiliki tingkat transparansi yang bagus sehingga cocok digunakan untuk melapisi layar dari Apple Watch.

Dibalik dari kekuatannya Sapphire ini memiliki rentan terhadap patah. Oleh karena itu, Apple mengimplementasikan Sapphire pada Apple Watch dan Apple Watch Edition yang memang dikhususkan untuk fashion. Rentannya Sapphire ini adalah salah satu alasan mengapa iPhone 6 & 6 Plus tidak menggunakan Sapphire ini.



Video di atas adalah pengujian terhadap kedua lapisan layar, yaitu Sapphire dan Corning Gorilla Glass. Bisa dilihat kedua layar ini kuat pada pengujian goresan (scratch test). Akan tetapi pada saat pengujian tekanan Corning Gorilla Glass lebih kuat dibandingkan Sapphire.

Kesimpulan dari penjelasan di atas adalah Ion-X Glass lebih ringan dibandingkan Sapphire. Sekarang tergantung kalian memilih Apple Watch dengan layar Sapphire atau Ion-X Glass. Apabila kalian suka dengan aktifitas outdoor pilihlah Watch Sport. Apabila kalian memilih fashion maka pilihlah Apple Watch atau Apple Watch Edition. See ya.
Disqus Comments