Selasa, 10 Maret 2015

Apple Memperkenalkan New MacBook 12 inch dengan Retina Display


Setelah membahas tentang Apple TV, Retail Store di Tiongkok, Apple Pay, dan Statistik Penjualan iPhone di Apple Event "Spring Forward" Tim Cook langsung memperkenalkan New MacBook 12 inch dengan Retina Display.

Dengan hadirnya New MacBook ini Apple mengklaim mereka telah menciptakan ulang MacBook. New MacBook ini dapat dikatan paling ringan di antara MacBook lainnya karena berat totalnya hanya 2 pound (atau sekitar 0.9 kg) dan lebih tipis 24% dibandingkan generasi MacBook 11 inch.


Untuk mengoptimalkan penempatan ruang, New MacBook menggunakan baterai yang memiliki contour (seperti terasering) agar dapat digunakan "setiap hari", karena memiliki daya tahan baterai up to 9 jam saat pemakaian browsing dan up to 10 jam saat menyetel film atau mendengarkan lagu menggunakan iTunes. Apple juga mengklaim New MacBook nya ada produk yang paling ramah lingkungan.


Dalam New MacBook Apple mengimplementasikan keyboard "Butterfly Mechanism" yang membuatnya terlihat 40$ lebih tipis, tombol keyboard yang lebih besar 17%, dan 4 kali lebih stabil dibandingkan mekanisme keyboard lainnya. Semua inovasi tersebut khusus dibuat Apple untuk memudahkan pengguna MacBook untuk menghindari kesalahan dari pengetikan atau kenyamanan pada saat melakukan pengetikan. Oh iya tidak hanya itu, Apple juga memberikan lampu LED pada setiap tombol keyboardnya agar memudahkan penggunaan MacBook dalam kondisi minim cahaya.


Untuk layar dari New MacBook ini Apple tetap mengimplementasikan fungsi dari Retina Display hanya bedanya dalam MacBook ini tebal layar hanya 0.8 mm dan memiliki resolusi sebesar 2304 x 1440 pixels. Dalam layar tersebut terdapat 3,3 juta pixel yang berarti konsumsi daya 30% lebih kecil.

New MacBook hadir dengan "Force Touch Trackpad" yang memiliki 4 sensor sentuhan dan sebuah tapic engine. Apple juga menambahkan beberapa gesture yang dinamakan "force click" yang dapat digunakan untuk melakukan suatu aksi atau membuka sebuah aplikasi yang sudah ada di dalam MacBook dengan beberapa kali sentuhan.


Kemudian untuk prosesornya New MacBook ini menggunakan Intel Core M Processor 5th Generation yang memiliki kecepatan 1,3 GHz dan turbo boost up to 2,3 GHz. Prosesor ini diklaim oleh Apple memiliki daya konsumsi hanya 5 watt. Dan juga bentuk motherboard (logicboard) dari New MacBook lebih kecil 67% dibandingkan logicboard MacBook 11 inch.

Untuk Konektifitas New MacBook menggunakan teknologi Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi 802.11 ac.


Salah satu keunikan dari New MacBook ini adalah memiliki port 5 in 1. Satu Port tersebut dapat berfungsi sebagai USB Port, Display Port, Charging Port, HDMI, dan VGA. Port tersebut dinamakan USB-C yang bentuknya seperti charger iPhone 5 (Menurut saya).


MacBook ini memiliki 3 pilihan warna Silver, Space Grey dan Gold. Sekarang pasti penasaran sama harga dari New MacBook ini kan? Untuk MacBook 12 inch Retina Display dengan 1,1 GHz Intel Core M Prosesor, 8 GB RAM, Intel HD 5300, dan 256 GB SSD seharga $1.299 (Sekitar 17 juta Rupiah) atau MacBook 12 inch Retina Display dengan 1,1 GHz Intel Core M Prosesor, 8 GB RAM, Intel HD 5300, dan 512 GB SSD seharga $1.599 (Sekitar 21 juta Rupiah).

Kapan Rilisnya?


Apple telah mengumumkan bahwa New MacBook akan mulai dipasarkan pada 10 April nanti.

Disqus Comments