Minggu, 08 Maret 2015

Beberapa Hal yang Harus Diketahui Tentang Apple Watch


Produk dari Apple memang rata-rata memiliki nilai prestige yang tinggi, bukan karena harganya saja tapi design dan hardware yang membuat pemakai produk Apple terlihat lebih elegan. Akhir-akhir ini banyak pemberitaan tentang wearable dari Apple, yaitu Apple Watch yang akan diumumkan pada Event "Spring Forward" 9 Maret. Menurut rumor yang beredar, Apple Watch ini akan dirilis pada awal April dan akan tersedia di luar Amerika Serikat (Rencananya di Jerman). Tapi baru-baru ini Apple Watch sudah mendapatkan penghargaan emas oleh iF Internatinal Forum Design.

Untuk mengenal lebih jauh dari Watchnya Apple ini. Perhatikan ulasan di bawah ini. Take your seat.

Layar


Apple menggunakan teknologi retina displaynya di Apple Watch. Menurut David Vogue melalui Yahoo Apple Watch akan dijual dengan 2 tipe ukurang layar, yaitu 1,5 inch dan 1,7 inch. Ukuran paling kecil dari Apple adalah 38mm memiliki ukuran layar 1,5 inch dengan resolusi layar 272 x 340 pixels, sedangkan 42mm memiliki ukuran layar 1,7 inch dengan resolusi layar 312x390 pixels.

Selain itu Apple Watch memiliki teknologi Force Touch yang dapat membedakan antara ketukan dan tekanan. Untuk melindungi layar Apple Watch, Apple menyediakan 2 tipe,Ion-X Glass (Watch Sport) dan Sapphire (Apple Watch dan Watch Edition).

Sensor


Jika sebelumnya Apple telah membatalkan untuk memasukan fitur pengukur tekanan darah, saturasi oksigen dan lain-lain ke dalam device miliknya. Maka untuk Apple Watch, Apple memilih untuk memasukkan fitur deteksi detak jantu dan sensor pengukuran lainnya. Alat sensor untuk mengukur detak jantung dari Apple Watch terdapat pada bagian belakang dengan lampu LED sebagai indikatornya.

Selain itu, Apple juga menambahkan Accelerometer, GPS, dan Wi-Fi untuk memantau aktifitas fitness pengguna. Pengguna juga dapat berbagi hasil pengukuran dari aktifitas fitnessnya melalui iPhone.

Konektifitas : NFC, Bluetooth dan Wi-Fi

Apple Watch memiliki konektifitas yang terbatas, seperti NFC, Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi. Generasi Petrama dari Apple Watch ini tidak memiliki konektifitas seluler (SIM card support). Yang paling utama adalah NFC yang nantinya dibutuhkan untuk menggunakan Apple Pay melalui Watch. Pengguna dapat melakukan pembayaran via Apple Pay hanya dengan jam pintar ini. Jadi tidak perlu repot-repot mengeluarkan iPhone. Selain NFC, Wi-Fi pada Apple Watch berguna untuk memantau aktifitas fitness (lokasi dan berbagai hasil fitness), update software dan lain-lain. Bluetooth dalam Apple Watch kemungkinan berguna untuk menghubungkan headphone yang mendukung konektifitas bluetooth.

Water Resistance


Apple Watch memiliki ketahanan terhadap air yang berasal dari aktifitas penggunanya. Walaupun begitu Apple belum mengkonfirmasi apakah Apple Watch ini sudah water resistant atau tidak. Apabila Apple membenamkan water resistant di Watchnya diharapkan lebih baik daripada sebelumnya.

Speaker dan Microphone

Apple Watch akan dilengkapi dengan onboard speaker yang dibutuhkan untuk memberikan suara notifikasi dan menerima panggilan untuk penggunanya. Lalu, microphone pada Apple Watch berfungsi untuk menggunakan Siri, merekam suara, mengirim panggilan suara dan lain-lainnya.

Charging dan Daya Tahan Baterai


Apple akan menggunakan teknologi MagSafe untuk Apple Watch. Dengan charger yang memiliki magnet sehingga memudahkan pengguna untuk melepas dan memasang kembali charger. Kalian tidak perlu takut dengan debu atau kotoran yang akan masuk, karena tidak terdapat lubang pada tempat pengisian baterai.

Menurut laporan 9to5Mac yang mengatakan bahwa Apple Watch dapat bertahan 2,5 - 4 jam saat pemakaian berat menurut laporan dari tim pengembang Apple. Tetapi menurut sumber yang telah menguji coba Apple Watch mengatakan daya tahan baterai dari Watch ini 5 jam saat pemakaian berat. Apabila dalam kondisi pemakaian ringan baterai Watch dapat bertahan sampai 19 jam. Walaupun begitu, semuanya tergantung dari kondisi user, karena cuaca yang panas juga dapat berpengaruh borosnya baterai.

Waktu Pengisian Ulang Baterai

Menurut laporan dari Gurman yang mengatakan membutuhkan waktu 4 - 5 jam untuk mengisi ulang Apple Watch dari kapasitas 0% - 100%. Tetapai menurut Matthew dari Tech Crunch memperkirakan bahwa kebanyakan user akan menggunakan 75% kapasitas baterai dari Apple Watch setiap harinya. Ia mengatakan untuk mengisi ulang baterai dari kapasitas 25% membutuhkan waktu 2 jam.

Notifikasi


Lagi-lagi menurut Gurman untuk mengakses Notification Center di Apple Watch pengguna harus melakukan swipe ke arah bawah pada bagian ats layar. Berbeda dengan iPhone atau iPad, dalam Notification Center yang terdapat di Apple Watch berisi Heart Rate, Kapasitas Baterai, Fitness Stats, Clock, Weather, Music, Quick Settings, Kalender, dan Maps. Pengguna juga dapat menkustom isi dari notification center melalui menu Settings.

Target Pasar Apple Watch

Menurut kesimpulan dari Panzarino dari Tech Crunch yang mengatakan Apple Watch bukanlah untuk "rich people", "apple fanatics", atau "tech geek" tetapi untuk yang menginginkan fungsi lebih dari sebuah jam. Dan itulah orang-orang yang menjadi target pasar Apple Watch.

Baca JugaPanduan Sebelum Membeli Apple Watch
Disqus Comments