Rabu, 11 Maret 2015

Cara Install Update iOS 8.2 di iPhone, iPad atau iPod Touch


iOS 8.2 sudah rilis nih untuk iPhone, iPad atau iPod Touch kalian. Dengan hadirnya iOS 8.2 berarti iPhone kalian sudah siap untuk terhubung dengan Apple Watch. Sebelum kalian melanjutkan membaca artikel ini lebih baik untuk membaca postingan menarik berikut ini.


Persiapan

A. Kompatibilitas Device
Untuk saat ini device yang sudah support dengan iOS 8.2 adalah
  • iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5 and iPhone 4s
  • iPad Air, iPad 4, iPad 3 and iPad 2
  • Retina iPad mini, 1st gen iPad mini
  • 5th generation iPod touch

B. Backup Device Terlebih Dahulu
Sebelum kalian melakukan update ke iOS 8.2 ini ada baiknya untuk melakukan backup data-data kalian, seperti foto, musik,video,apps dan lain-lain. Untuk backup kalian dapat melakukannya via iCloud atau iTunes. Saya menyarankan untuk menggunakan backup menggunakan iTunes karena lebih cepat, tapi bagi yang memiliki koneksi yang bagus silahkan.

Untuk melakukan backup menggunakan iCloud bisa baca di Cara Backup Menggunakan iCloud, sedangkan untuk backup menggunakan iTunes bisa baca di Cara Backup Menggunakan iTunes.

C. Update iTunes Kalian
Biasakan untuk melakukan update iTunes kalian sebelum melakukan update/restore iOS. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi error entah itu saat connecting verifikasi device kalian atau lain-lainnya. Untuk melakukan update iOS  kalian dapat download di Website Resmi iTunes atau Filehippo

Catatan Sebelum Update/Restore iOS 8.2

1. Status Jailbreak iOS 8.2 = Belum Tersedia
2. Kalian tidak bisa melakukan downgrade iOS setelah melakukan update ke iOS 8.2
3. Status Jailbreak di iDevice kalian sebelumnya akan hilang. So be careful guys.
4. Beberapa user mengalami error pada Safari setelah mengupdate ke iOS 8.2
5. Sebelum melakukan update cek terlebih dahulu versi iOS yang saat ini kalian gunakan, siapa tau udah iOS 8.2

BacaCara Mengecek versi iOS di iPhone, iPad, atau iPod Touch

Cara Melakukan Update iOS 8.2

A. Cara Update menggunakan OTA (Over The Air)
Update iOS 8.2 via OTA ini terbilang cukup mudah karena tidak ribet. Jika kalian ingin melakukan update menggunakan OTA maka pastikan device kalian tidak dalam kondisi Jailbreak. Apabila iya, maka kalian lakukan update menggunakan iTunes. Lalu, cara update menggunakan OTA gimana? Ikuti langkah di bawah ini.

Sebelumnya kalian harus terhubung dengan Wi-Fi, karena update via OTA tidak dapat digunakan menggunakan data seluler.

1. Buka menu Settings. Pilih General.



2. Setelah itu pilih Software Update. Kemudian kalian tap pada tombol 'Download'.

Sekarang kalian harus menunggu sampai proses update selesai. Lamanya proses update tergantung dari koneksi kalian. Ketika proses update sedang berlangsung pastikan kondisi device tidak dalam kondisi low battery. Jika iya, hubungkan device dengan charger. Oh iya, karena proses update akan berdampak pada panasnya device maka kalian harus menaruh device kalian di tempat yang terhindar dari sinar matahari atau kasur (bahan lembut).

B. Cara Update Menggunakan iTunes
Jika status device kalian sedang dalam keadaan jailbreak maka untuk melakukan restore iOS harus dilakukan secara manual menggunakan iTunes. Untuk langkah-langkahnya kalian dapat melihat caranya di bawah ini.

1. Download Firmware iOS yang dapat kalian download di link berikut. Note : Perhatikan Model Number dari device kalian dan Jangan sampai salah download Firmaware ya.

iOS 8.2 for iPad:

iOS 8.2 for iPhone:

iOS 8.2 for iPod touch:
Apabila kalian tidak mengetahui Model Number dari device kalian. Silahkan baca postingan berikut

2. Jika proses download sudah selesai kalian hubungkan device ke komputer. Setelah itu iTunes akan terbuka secara otomatis.

3. Klik pada logo "Device" seperti gambar di bawah ini.


4. Untuk pengguna Windows : Kalian klik "Check For Update" bersamaan dengan menekan tombol "Shift". Jika sudah maka akan tampil window untuk mencari dan memilih firmware yang telah kalian download sebelumnya.

Untuk pengguna Mac : Kalian klik Kalian klik "Check For Update" bersamaan dengan menekan tombol "Option". Jika sudah maka akan tampil window untuk mencari dan memilih firmware yang telah kalian download sebelumnya.

5. Setelah itu, proses update akan berjalan. Oh iya, untuk mencegah error pada saat proses update pastikan kalian terhubung koneksi internet, karena iTunes akan melakukan verifikasi ke server Apple pada saat proses update dilakukan.

6. Apabila proses update telah berhasil device kalian akan melakukan reboot. Jangan khawatir apabila device melakukan reboot lebih dari satu kali. Sekarang kalian hanya harus mengikuti first time setup dari iOS kalian yang baru.

Jika kalian memiliki pertanyaan seputar update iOS ini. Silahkan tanyakan melalui Twitter kami @applenesian. Terima kasih and see ya.
Disqus Comments