Kamis, 26 Maret 2015

Cara Membuat Passcode Lebih dari 4 Karakter di Perangkat iOS


Apple memperkenalkan Touch ID di iPhone 5S pada awalnya untuk memberikan keamanan yang lebih untuk pengguna perangkat iOS. Touch ID dapat digunakan untuk membuka perangkat iOS yang terkunci atau verifikasi pembelian aplikasi atau konten di Apple Store dan iTunes Store.

Dalam keadaan default pengguna perangkat iOS hanya dapat membuat passcode yang terdiri dari 4 karakter. Apabila kalian merasakan kurang atau mudah ditebak passcodenya, mungkin dapat mencoba membuat passcode yang banyak dengan kombinasi huruf, angkat atau symbol dengan kombinasi huruf kapital dan huruf biasa.

Apabila perangkat iOS kalian berjalan dengan sistem iOS 6 maka panjang passcode yang dapat dibuat adalah 37 karakter sedangkan di iOS 7 dapat membuat passcode sepanjang 90 karakter. Tapi permasalahannya begini, siapa yang mau masukkin 90 karakter hanya untuk unlock perangkat iOS?

Berikut adalah hal yang harus kalian lakukan untuk membuat passcode yang rumit dan susah untuk ditebak.

Catatan : Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini kalian harus mengaktifkan Passcode Lock di perangkat iOS.

1. Buka menu Settings

2. Pilih "Touch ID & Passcode". Kemudian kalian akan diminta untuk memasukkan passcode yang telah dibuat sebelumnya.

3. Lakukan scroll ke bawah sedikit sampai menemukan pilihan "Simple Passcode". Jika sudah non aktifkan pilihan tersebut. Kemudian kalian akan diminta memasukkan 4 karakter dari passcode.


4. Dalam tampilan berikutnya, kalian akan diminta untuk memasukkan passcode yang baru. Sekarang kalian dapat menggunakan full keyboard dengan angka dan symbol tidak seperti membuat passcode dengan 4 karakter yang hanya dapat menginput angka saja.

5. Jika sudah memasukkan passcode yang baru, pilih Next.


6. Masukkan kembali passcode yang baru untuk verifikasi passcode baru yang telah kalian buat tadi. Lalu, Done

Hasilnya seperti ini.


Untuk mengingat passcode kalian dapat menggunakan aplikasi 1Password yang dapat di download melalui Apple Store. Apabila perangkat iOS kalian memiliki Touhc ID disarankan untuk menggunakannya. Cara menggunakannya dapat melihat postingan berikut Cara Setting dan Menggunakan Touch ID di Perangkat iOS.

Oh iya sekedar saran saja, baiknya membuat passcode baru tidak lebih dari 10 karakter karena dapat merepotkan kalian ketika mengunlock perangkat iOS. Selamat mencoba dan do with your own risk.

Disqus Comments