Jumat, 20 Maret 2015

Cara Memperbaiki Masalah Sinkronisasi Data di iTunes 12 pada Perangkat iOS 8


Banyak pengguna perangkat iOS yang memilih iTunes untuk melakukan sinkronisasi data dari device miliknya ke komputer atau mac. Walaupun sampai sekarang iTunes bekerja dengan sangat baik tapi tidak menutup kemungkinan terjadinya error atau kesalahan pada fungsi-fungsi tertentu.

Saat ini banyak user yang mengeluhkan mengalami kegagalan dan masalah saat proses sinkronisasi data pada perangkat iOS 8 milik mereka. Masalah tersebut meliputi : proses sinkronisasi mengalami stuck saat proses, musik yang telah di sinkronisasi tidak dapat di putar, dan iTunes menolak untuk melakukan sinkronisasi pada perangkat iPhone atau iPad.

Menurut laporan dari beberapa pengguna, masalah yang disebutkan diatas masih terjadi walaupun sudah melakukan upgrade ke iOS 8.2. Jika masalah tersebut terjadi kepada kalian, cukup ikuti langkah-langkah solusi dibawah ini.

1. Update perangkat iOS kalian ke versi iOS terbaru. Untuk panduan melakukan update ke versi iOS terbaru kalian dapat mengikuti langkah-langkahnya di postingan : Cara Install Update iOS 8.2 di iPhone, iPad atau iPod Touch

2. Update iTunes kalian ke versi yang terbaru melalui menu iTunes kemudian pilih Check for Update atau kalian download file iTunes melalui link berikut kemudian Reinstall (Install Ulang) iTunes.

3. Hubungkan perangkat iOS ke komputer atau mac.

4. Buka iTunes apabila tidak terbuka secara otomatis.dan klik ikon iPhone, iPad atau iPod Touch yang posisinya berada di atas kiri.


5. Setelah itu posisikan kalian pada menu "Summary". Lakukan scroll ke bawah sedikit sampai menemukan tulisan Options.

6. Lakukan uncheck list pada "Sync with this iPhone/iPad/iPod touch using Wi-Fi" dan "Automatically sync when this iPhone/iPad/iPod touch is connected". Kemudian klik Apply.

7. Sekarang tutup iTunes. Kemudian lakukan restart/reboot perangkat iOS kalian.

8. Setelah selesai melakukan reboot, hubungkan kembali perangkat iOS ke komputer atau mac. Lalu buka kembali iTunesnya.

9. Kembali ke menu "Summary" dan scroll ke bawah sampai menemukan tulisan Options. Setelah itu checklist kembali "Sync with this iPhone/iPad/iPod touch using Wi-Fi" dan "Automatically sync when this iPhone/iPad/iPod touch is connected". Kemudian klik Apply.

Sekarang kalian dapat melakukan sinkronisasi data perangkat iOS dengan komputer atau mac tanpa perlu khawatir masalah yang akan terjadi kembali. Banyak pengguna yang telah mempraktekkan dari solusi ini dan berhasil. Semoga solusi ini juga berkerja dengan baik terhadap kalian. Thank you and see ya.
Disqus Comments