Senin, 02 Maret 2015

Mengenal FaceTime, iMessage VideoCall, Audio, Dan SMS Gratis di iOS


Hola, Fanboy!
Saya selalu beranggapan bahwa Apple ingin membunuh SMS dengan memperkenalkan iMessage di iOS 5, Pertama kali Steve Jobs memperkenalkan Facetime di iOS 4, dan yang lalu Apple memperkenalkan Facetime Audio di iOS 7, yang sepertinya Apple sedang membunuh teknologi panggilan telefon konvensional.

Tidak jarang pengguna iDevice yang tidak pernah menggunakan fitur iMessage, maupun Facetime, dan masih tetap menggunakan SMS, dan melakukan panggilan telefon konvensional ke sesama iOS. Namun dalam artikel ini mimin ingin kalian membiasakan untuk menggunakan fitur yang disuguhkan Apple, seperti Facetime, dan iMessage. 

Apa itu iMessage?
iMessage adalah fitur yang diberikan Apple untuk melakukan chat tanpa batas kesemua pengguna iDevice.
Chat ini bisa termasuk mengirimkan: Pesan teks, foto maupun video. 

Apa itu Facetime?
Facetime adalah fitur yang diberikan Apple untuk melakukan panggilan ke semua pengguna iDevice.
Panggilan ini bisa termasuk: Video Chat, ataupun Audio-Only (iOS 7+).

Kelebihan dari Facetime:
Dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi seperti LINE, SKYPE, dan sebagainya. Dari pengalaman mimin diantara aplikasi tersebut, Facetime lah yang lebih unggul dikarenakan, kualitas gambar dan suara yang diberikan Facetime jauh lebih bagus dibandingkan dengan menggunakan LINE/SKYPE. 

Bagaimana cara kerja dari fitur diatas?
Jika kalian bertanya bagaimana cara kerja dari kedua fitur diatas adalah walaupun mimin mengatakan gratis namun dengan tentu saja kedua fitur diatas memerlukan cellular data internet atau Wi-Fi yang kalian miliki. Siapa sih pengguna iDevice yang tidak terkoneksikan iDevicenya dengan paket data? Kalo ada yang seperti itu, lebih baik tukar iDevice kamu, beli HP yang lebih pas dengan kebutuhan kamu (SMS, Telf saja). Lihat gambar dibawah untuk mengetahui Rate cellular-data dari Facetime.

Rate cellular-data yang digunakan dalam Facetime?
Menurut pengalaman mimin, contoh hasil Facetime yang mimin lakukan menggunakan cellular-data

Setting yang harus dilakukan pertama kali:
Untuk iMessage, kamu harus melakukan settingan terlebih dahulu seperti ini:
1. Settings > Messages > iMessage (ON) 
2. Masukkan Apple ID dan Password kamu.

Untuk Facetime:
1. Settings > Facetime > Facetime (ON)

Lalu bagaimana cara menggunakannya?
iMessage:
Cara yang digunakan sama halnya dengan kamu mengirimkan pesan teks biasa, namun kamu harus pastikan juga bahwa orang tersebut sudah mengaktifkan fitur iMessage di iDevice mereka.
Lihat di Web Apple apa perbedaan pesan yang kamu kirimkan adalah iMessage/SMS:

Facetime:
1. Buka aplikasi Contacts/Phone.
2. Pilih contact yang anda ingin melakukan Facetime.
3. Lalu lihat tulisan Facetime dibawah, icon video untuk melakukan VideoCall, dan Telepon untuk menggunakan Facetime Audio
Notes: Facetime Over-Cellular data hanya bisa digunakan pada iDevice iPhone 4s keatas, iPhone 4 hanya bisa menggunakan Facetime over-WiFi
That's it fellas, semoga kalian iOS user menggunakan fitur-fitur yang ditawarkan Apple dengan sebaik-baiknya yaaaaa. See ya!
Disqus Comments