Jumat, 20 Maret 2015

Panduan Sebelum Membeli Apple Watch


Pada bulan April 2015, tepatnya tanggal 24 April Apple secara resmi menjual Apple Watch ke publik yang sebelumnya diperkenalkan pada Apple Event Spring Forward pada 9 Maret lalu. Sebelum diperkenalkan Apple akan melakukan preview Apple Watch di Store Apple dari 9 Negara yang telah ditentukan. Apabila kalian berencana untuk membeli Apple Watch, sebaiknya kalian perlu membaca panduan yang berada dibawah untuk memastikan kalian mendapatkan Apple Watch sesuai selera. Berikut panduan sebelum membeli Apple Watch.

1. Haruskah Membeli Apple Watch? Apa 


Apabila kalian memiliki iPhone 5 atau iPhone yang paling terbaru, mungkin kalian dapat merencanakan membeli Apple Watch ketika sudah dijual ke publik. Tapi apakah kalian harus membeli Apple Watch? Sebaiknya kalian membaca terlebih dahulu artikel berikut Alasan Mengapa Harus Membeli Apple Watch. Kemungkinan alasan kalian membeli Apple Watch adalah untuk aksesoris karena beberapa fungsi Apple Watch seperti Apple Pay masih belum bisa digunakan di Indonesia.

2. Pilih Model Apple Watch yang Sesuai dengan Gaya-mu


Apple akan menjual 3 model Apple Watch, yaitu Apple Watch Sport, Apple Watch (Steel), dan Apple Watch Edition. Setiap model memiliki bahan dasar yang berbeda, harga yang berbeda dan tali yang berbeda. Untuk membantu kalian memilih Apple Watch yang cocok silahkan perhatikan penjelasan di bawah.

1. Apple Watch Sport


Model ini adalah yang paling murah daripada model Apple Watch Lainnya lainnya. Apple Watch Sport dijual pada harga mulai dari $349 untuk ukuran 38mm dan $399 untuk ukuran 42mm. Untuk mencegah goresan dari layar Watch Apple melapisi layarnya dengan Ion-X yang terbilang cukup kuat. Bahan dasar dari casing Apple Watch Sport ini terbuat dari Alumunium yang membuatnya 30% lebih ringan dibandingkan model Watch lainnya. Model Watch ini cocok untuk kalian yang sporty dan sering menggunakan jam ketika berolahraga.

2. Apple Watch (Steel)


Model ini adalah versi mid-range dari model Apple Watch lainnya. Apple Watch (Steel) ini akan dijual pada harga mulai dari $549 - $1049 untuk ukuran 38 mm dan $599 - $1049 untuk ukuran 42 mm dengan 20 pilihan beragam untuk tali dan casingnya Karena Apple Watch (Steel) ini bukan dikhususkan untuk aktifitas olahraga. Oleh karena itu, Apple menggunakan Sapphire untuk melapisi layar Watch ini. Seperti yang kita ketahui bahwa Sapphire memiliki kemungkinan patah dibanding Ion-X. Untuk yang lebih memperhatikan sisi elegan, maka Apple Watch (Steel) sangat cocok untuk kalian.

3. Apple Watch Edition
Model ini adalah versi high-end dari model Apple Watch. lainnya. Gimana ngga high-end, casingnya aja dilapisi dengan emas 18 karat. Jika kalian berminat untuk membeli Watch Edition ini siapkan dana sekitar $10.000 - $17.000. Model Watch ini hanya akan dijual di Store Apple tertentu dengan unit yang terbatas. Jadi apabila kalian suka dengan barang yang luxury dan bernilai tinggi maka Watch Edition adalah pilihan yang pas.

Baca Juga : 

3. Pilih Warna yang Cocok untuk Casing dan Tali Apple Watch-mu

Apple menawarkan model Apple Watch yang berbahan alumunium, stainless steel dan gold. Setiap model memiliki pilihan warna. Untuk Apple Watch Sport terdapat 2 pilihan warna, yaitu Silver dan Space Grey. Untuk Apple Watch Stainless Steel terdapat 2 pilihan warna yaitu matte black dan polished silver. Sedangkan untuk Apple Watch Edition menawarkan casing dengan bahan emas dengan pilihan warna rose dan yellow.

Tidak hanya pilihan warna casing yang ditawarkan oleh Apple. Pengguna juga dapat memilih tali yang cocok dengan Apple Watch miliknya. Karena tali bersifat removeable maka kalian dapat sesuka hati mengganti tali dari Apple Watch.

Sport Band ($49)
  • White
  • Black
  • Blue
  • Green
  • Pink

Classic Buckle ($149)
  • Black
  • Midnight Blue

Modern Buckle ($249)
  • Soft Pink
  • Brown
  • Blue
  • Bright Red
  • Rose Gray

Leather Loop ($149)
  • Stone
  • Bright Blue
  • Brown

Link Bracelet ($449)
  • Stainless Steel
  • Space Black Stainless Steel

Milanese Loop ($149)

4. Tentukan Ukuran Casing dan Tali Apple Watch

Apple Watch akan hadir dengan 2 ukuran berbeda, yaitu 38 mm dan 42 mm. Untuk 38 mm memiliki memiliki tinggi 38.6 mm, lebar 33.3 mm dengan ketebalan 10.5 mm. Ukuran ini memiliki layar berukuran 1.5 inchi dengan resolusi 272 x 340 pixels.Sedangkan untuk 42mm memiliki tinggi tinggi 42 mm, lebar 35.9 mm dengan ketebalan 10.5 mm. Ukuran ini memiliki layar berukuran 1.7 inchi dengan resolusi 312 x 390 pixels.

Setelah kalian menentukan ukuran casing, sekarang waktunya menentukan ukuran tali. Apple menawarkan ukuran S/M/L untuk setiap tali dari Apple Watch sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran tangan kalian. Beberapa tali, seperti Milanese Loop, Link Bracelet dan Classic Buckle menawarkan one fit size yang fleksibel tergantung ukuran tangan kalian. Berikut adalah ukuran tali yang dapat dipilih sesuai dengan ukurag tangan kalian.

Band Case Size Band Size (Wrist Circumference)
Modern Buckle 38mm Small (135-150mm), Medium (145-165mm) or Large (160-180mm)
Leather Loop 42mm Medium (150-185mm) or Large (180-210mm)
Sport Band 38mm Small/Medium (130-180mm) or Large (150-200mm)
Sport Band 42mm Small/Medium (140-185mm) or Large (160-210mm)
Milanese Loop 38mm One Size fits 130-180mm
Milanese Loop 42mm One Size fits 150-200mm
Link Bracelet 38mm One Size fits 135-195mm
Link Bracelet 42mm One Size fits 140-205mm
Classic Buckle 38mm One Size fits 125-205mm
Classic Buckle 42mm One Size fits 145-215mm

5. Apple Care+. Butuhkah?

Apple menawarkan Apple Care+ untuk Apple Watch. Untuk harga dari layanan ini masih belum tersedia. Tapi untuk pengguna iPhone atau iPad dapat menikmati layanan Apple Care+ ini. Dengan Layanan Apple Care+ ini kalian akan mendapatkan garansi 2 tahun tambahan dan penggantian part apabila terjadi karena kecelakaan yang sudah disepakati sebelumnya. Misalkan pecah layar dan kerusakan komponen lainnya karena human error. Untuk melakukan penggantian kalian akan dikenakan hanya sedikit biaya.
Disqus Comments