Kamis, 12 Maret 2015

Yuk Kenali Lebih Jauh USB-C di MacBook Terbaru


Pada Apple Event Spring Forward kemarin Apple memperkenalkan MacBook 12 inch dengan Retina Display terbarunya dan teknologi terbaru yang dibenamkan di New MacBook ini. Salah satu teknologi yang ditanamkan di New MacBook ini adalah USB-C. USB-C adalah terobosan terbaru Apple. Kira-kira apa aja sih yang dapat dilakukan oleh USB-C ini? Yuk disimak.

Daya Hantar Listrik yang Besar

USB-C dapat memberikan daya 100 Watt (20 volt dan 5 ampere), lebih besar daripada MagSafe Charger yang dimiliki oleh MacBook terdahulunya yang hanya dapat memberikan daya 85 Watt saja. Kalau begitu USB-C dapat menghidupkan sebuah Mac Mini yang memiliki daya 85 Watt.

Transfer Data yang Sangat Cepat

Saat diperkenalkannya USB-C memiliki bentuk yang ramping dan cepat dengan standar USB 3.1. USB-C ini dapat memberikan pengalaman transfer data sampai 10 GBps. Hal tersebut sama dengan kecepatan Thunderbolt 1 dan lebih besar daripada kecepatan transfer SSD.

Satu Adapter untuk 4 Pekerjaan

USB-C memiliki fungsi 4 in 1, seperti saat diperkenalkannya di Apple Event kemarin. Dengan USB-C kalian dapat menjalankan 4 fungsi dalam 1 port, seperti HDMI, USB, Display, dan VGA. Untuk menjalankan dari keempat fungsi tersebut kalian membutuhkan adapter USB-C yang dapat kalian beli di Store Apple. Apple rencananya juga akan menawarkan adapter USB-C versi ekonomisnya.

Jangan Takut Kebalik untuk Memasangnya

Dengan USB-C kalian tidak perlu takut memasangnya terbalik, karena USB-C memiliki fungsi reversible yang dimana kalian dapat memasang USB-C ke portnya dalam posisi apapun. Satu colokkan kurang? Tenang Apple menyediakan adapter.

Daya Hantar Listrik Dua Arah

USB-C ini memiliki daya hantar listrik yang reversible dan itu berarti kalian dapat melakukan pengisian baterai dari iPad, iPhone atau Mac kalian. Wow banget kan? Selain itu USB-C mendukung penuh Display Port yang sudah support untuk menampilkan layar dengan resolusi 4K di frame 60 Hz per detik. Selain itu USB-C dikabarkan sudah support untuk menampilkan layar dengan resolusi 5K juga.

Bagaimana menurut kalian dengan USB-C ini? Untuk melihat bagaimana kinerjanya kita tunggu sampai New MacBook dirilis. Cao
Disqus Comments