Rabu, 29 April 2015

Apple Watch Lulus Tes Uji yang Dilakukan Oleh Consumer Report


Sebuah tim review yaitu Consumer Report melakukan beberapa pengujian dari beberapa kategori berbeda dari Apple Watch untuk mengukur performa dari jam pintar tersebut dalam aktifitas ekstrim. Kategorinya adalah heart rate, step count, water resistance, usability dan scratch test.

Dalam uji coba pertama ini Consumer Report akan membandingkan kualitas layar antara Apple Watch Sport dan Apple Watch Stainless Steel. Jika Apple Watch Sport menggunakan pelindung Ion-X Glass untuk layarnya dan layar Sapphire untuk Apple Watch Stainless Steel. Saat di tes, kedua pelindung layar tersebut memiliki ketahanan yang hampir sama, hanya saja layar Ion-X Glass dapat tergores dengan benda yang memiliki permukaan yang kasar (Kita ambil contoh aspal jalanan aja ya).

Berikut adalah video scratch test dari Ion-X Glass dan Sapphire. Dalam video tersebut layar Sapphire dapat lebih bertahan dibandingkan Ion-X Glass. Bukan berarti layar Ion-X Glass jelek ya, tapi kepadatan layar Sapphire lebih baik dibandingkan Ion-X Glass.

Dalam tes kedua Consumer Report memasukkan Apple Watch Stainless Steel dan Apple Watch Sport kedalam sebuah wadah air selama 30 menit. Hasilnya? Kedua Apple Watch tersebut masih dalam kondisi yang bagus setelah 30 menit direndam dalam air. Hal tersebut menunjukkan bahwa Apple Watch memiliki kemampuan Waterproof. Walaupun Apple tidak menyarankan menggunakan Apple Watch saat beraktifitas di dalam air.

Seperti yang pernah dibahas dalam artikel berikut Apple Watch Lebih 'Waterproof' Daripada Yang Apple Katakan.

Kemudian untuk tes ketiga Consumer Report melakukan tes kemampuan heart rate sensor dari Apple Watch dengan alat heart rate sensor lainnya yang memiliki kualitas yang sama. Dalam tes tidak ditemukan perbedaan yang signifikan diantara kedua perangkat tersebut.

Untuk dua tes lainnya yaitu usability dan step count tim Consumer Report masih melakukan proses pengujiannya.
Disqus Comments