Senin, 13 April 2015

Cara Downgrade iOS 8.3 ke iOS 8.2 di iPhone, iPad, atau iPod Touch


Apple rilis iOS 8.3 beberapa hari yang lalu dengan beberapa peningkatan dan perbaikan bug. Tidak hanya itu Apple menambahkan fitur terbarunya yaitu CarPlay Wireless, menambahkan support bahasa untuk Siri dan emoji keyboard yang lebih beragam.

Apabila kalian memiliki masalah setelah melakukan upgrade ke iOS 8.3 ini. Kalian dapat melakukan downgrade ke iOS sebelumnya yaitu iOS 8.2. Perlu dipahami sebelumnya, kalian hanya dapat melakukan downgrade ke iOS 8.2, karena Apple telah menyetop peredaran iOS 8.1.2 dan iOS 8.1.3 untuk mencegah pengguna melakukan jailbreak pada perangkat iOS nya.

Penting! : Apple sudah menstop peredaran iOS 8.2. Jadi kalian tidak dapat melakukan downgrade ke iOS 8.2

Persiapan sebelum Downgrade iOS 8.2

1. Download Firmware iOS 8.2 di link berikut ini

Untuk memilih Firmware yang cocok untuk perangkat iOS kalian cek link di bawah ini

2. Backup Data di perangkat iOS menggunakan iCloud atau iTunes

3. Pastikan menggunakan iTunes versi terbaru.

4. Koneksi Internet untuk verifikasi ke Apple

Catatan sebelum melakukan Downgrade iOS

1. Downgrade ke iOS 8.2 hanya dapat dilakukan apabila iOS 8.2 belum di stop peredarannya oleh Apple.

2. Sebelum melakukan downgrade silahkan cek website berikut, untuk memastikan Apple belum memberhentikan peredaran iOS 8.2.

3. Apple tidak pernah menyarankan pengguna perangkat iOS untuk melakukan downgrade. Jadi do with your own risk, oke?

Proses Downgrade iOS 8.3 ke iOS 8.2

Lakukan langkah-langkah di bawah ini apabila Apple belum memberhentikan iOS 8.2

1. Download Firmware iOSnya terlebih dahulu yang telah disediakan diatas.

2. Hubungkan perangkat iOS yang terinstall iOS 8.3 ke komputer/laptop

3. Biasanya iTunes akan otomatis terbuka. Apabila tidak kalian jalankan secara manual iTunesnya. Setelah itu pilih perangkat iOS seperti gambar di bawah ini.


4. Untuk pengguna Windows : Kalian klik "Check For Update" bersamaan dengan menekan tombol "Shift". Jika sudah maka akan tampil window untuk mencari dan memilih firmware yang telah kalian download sebelumnya.

Untuk pengguna Mac : Kalian klik Kalian klik "Check For Update" bersamaan dengan menekan tombol "Option". Jika sudah maka akan tampil window untuk mencari dan memilih firmware yang telah kalian download sebelumnya.

5. iTunes akan mengkonfirmasi bahwa kalian akan melakuakn update ke iOS 8.2. Pilih "Update" untuk memulai proses downgrade. 

6. Setelah sukses melakukan downgrade perangkat iOS  kalian akan melakukan Reboot dan setelah Reboot akan muncul tulisan "Slide to Upgrade". Kemudian masukkan Passcode kalian dan akan lakukan setup saat pertama kali menggunakan perangkat iOS.

Rencananya Apple akan menyetop iOS 8.2 setelah iOS 8.3 dirilis. Jadi, apabila kalian ingin melakukan downgrade lakukan secepatnya.

Jika kalian memiliki pertanyaan seputar downgrade iOS ini. Silahkan tanyakan melalui Twitter kami @Applenesian. Terima kasih and see ya.
Disqus Comments