Selasa, 21 April 2015

Cara Kerja Heart Rate Sensor dari Apple Watch


Jika waktu lalu Apple telah mengupdate website Apple Watch untuk menampilkan video demonstrasi dan aksesibilitas untuk pengguna yang memiliki kelemahan kemampuan visual dan aural, maka untuk kali ini Apple telah membuat artikel mengenai cara kerja heart rate sensor dengan beberapa tips untuk pengguna di Apple Watch pada bagian Support.

Dalam artikel tersebut Apple menjelaskan bahwa Heart Rate Sensor adalah sebuah teknologi sederhana. Berikut adalah kutipan langsung dari Apple.
This technology, while difficult to pronounce, is based on a very simple fact: Blood is red because it reflects red light and absorbs green light. Apple Watch uses green LED lights paired with light‑sensitive photodiodes to detect the amount of blood flowing through your wrist at any given moment. When your heart beats, the blood flow in your wrist — and the green light absorption — is greater. Between beats, it’s less. By flashing its LED lights hundreds of times per second, Apple Watch can calculate the number of times the heart beats each minute — your heart rate.
Kira-kira penjelasan dari kutipan di atas adalah Apple Watch menggunakan LED berwarna hijau dengan tingkat sensitif yang ringan yang digunakan untuk mendeteksi banyaknya darah yang beredar di dalam tubuh. Jadi, ketika darah kalian mengalir di Heart Rate Sensor tersebut lampu LED akan berkedip ratusan kali per detik untuk menghitung denyut jantung dari pengguna.


Selain LED yang berwarna hijau tersebut, Apple Watch juga memiliki sinar infra merah yang berfungsi untuk memantau detak jantung dari pengguna. Sinar infra merah ini akan aktif setiap 10 menit untuk mengukur denyut jantung dari pengguna. Apabila sinar infra merah ini tidak dapat bekerja dengan baik, LED berwarna hijau akan mengambil tugasnya untuk mengukur denyut jantung dari pengguna.

Selain cara kerja dari Heart Rate Sensor ini Apple juga memberikan beberapa tips untuk pengguna Apple Watch, seperti bagaimana cara mendapatkan hasil yang akurat dari Heart Rate Sensor. Yang pertama adalah pengguna harus menggunakan Apple Watch sesuai dengan ukuran tangan, tidak kelonggaran. Kemudian Apple juga mengatakan hasil yang didapat dari Heart Rate Sensor ini bisa berbeda-beda bergantung dari faktor suhu dan aktifitas fitness yang dilakukan oleh pengguna Apple Watch.

Disqus Comments