Jumat, 17 April 2015

Detail Fitur Aksesibilitas dari Apple Watch


Apple melakukan update websitenya untuk Apple Watch. Kali ini Apple menambahkan fitur aksesibilitas Apple Watch untuk pengguna yang memiliki kelemahan terhadap visual dan aural.

Dalam website tersebut tertulis Apple membagi dua kategori, yaitu Vision dan Hearing. Kategori Vision adalah fitur aksesibilitas yang berhubungan dengan visual, seperti Voice Over, Font Adjustment dan lainnya. Sedangkan untuk Hearing adalah fitur aksesibilitas yang berhubungan dengan indera pendengar, seperti Mono Audio dan Taptic Engine.

A. Vision

Seperti yang dibilang oleh Apple "A small screen that reads big", Apple Watch memiliki fitur-fitur aksesibilitas yang dapat membantu pengguna yang memiliki kelemahan visual. Contohnya adalah Voice Over dan Font Adjustment. 

Voice Over adalah reader berbasis sentuhan yang menggunakan speaker Apple Watch untuk mengatakan semua yang ada di layar Apple Watch dan Voice Over ini mendukung 14 jenis bahasa. 

Selanjutnya adalah Font Adjustment, sebuah fitur dimana pengguna Apple Watch dapat mengubah ukuran tulisan menjadi lebih besar atau kecil, sehingga tulisan Pesan, Surat Elektronik dan Setting dapat terlihat lebih jelas.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur aksesibilitas di kategori Vision, seperti Zoom, Gray Scale dan lainnya.


Penjelasan 
1. Zoom : Dengan fitur ini pengguna dapat melakukan zoom pada konten yang sedang digunakan dengan menggunakan Digital Crown. Kemampuan zoomnya up to 15 kali.

2. Grayscale : Apple ternyata telah mempersiapkan Apple Watchnya dengan matang ya, buktinya adalah Apple menghadirkan fitur Grayscale di jam pintarnya tersebut untuk pengguna yang memiliki keterbatasan visual (buta warna). Cara kerja fitur ini adalah merubah semua warnanya menjadi abu-abu.

3. Extra Large Watch : Apple Watch memiliki banyak sekali pilihan tampilan jam dan pengguna dapat melakukan kostumisasi dari tampilan jam tersebut. Salah satu dari pilihan tersebut menawarkan Extra Large Watch dengan angka jam yang besarnya 1 layar.


Penjelasan :
1. Reduce Transparency : Untuk fitur seperti alert, Siri dan glance pengguna dapat meningkatkan contrast dari layar Apple Watch dengan mengurangi background transparency.

2. On/Off Labels : Untuk memudahkan pengguna mengetahui apakah sebuah pengaturan itu dalam keadaan aktif atau nonaktif, pengguna Apple Watch dapat menampilkan label tambahan dari pengaturan tersebut.

3. Reduce Motion : Apabila pengguna mengaktifkan Reduce Motion ini, seperti pergerakan ikon di Home Screen akan terlihat lebih simple dan responsif.

B. Hearing


Selain fitur aksesibiltas vision, Apple juga menghadirkan fitur Hearing untuk pengguna Apple Watch yang memiliki kelemahan indera pendengaran.

Fitur-fitur aksesibilitas yang ada di kategori Hearing adalah seperti berikut.

1. Mono Audio : Fitur ini di maksudkan untuk mempermudah pengguna yang memiliki kesulitan pendengaran, apalagi hanya dapat mendengarkan dengan satu teling saja. Memang Apple menyediakan bluetooth headphone tapi kebanyakan headphone adalah stereo yang terkadang terdapat perbedaan suara antara kiri dan kanan. Oleh karena itu, Apple membenamkan speaker mono yang dapat mudah di dengar oleh pengguna yang memiliki kelemahan di indera pendengarannya.

2. Taptic Engine : Dengan Taptic Engine kalian dapat mengaktifkan "Prominent Haptic" yang akan memberitahukan pengguna kembali apabila terdapat pesan, surat elektronik dan event-event penting.

SumberApple

Jadi, itulah semua fitur aksesibilitas Apple Watch yang terdapat dalam situs resmi Apple.

Disqus Comments