Rabu, 29 April 2015

Samsung Mengalahkan Apple Dalam Kompetisi Pasar Smartphone Dunia


Akhirnya setelah lama dibayangi oleh Apple dalam industri handphone pintar (smartphone) Samsung kembali unggul. Menurut data dari Strategic Analytics, perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut telah menjual 83,2 Juta unit pada Awal Tahun 2015 dan meraih presentase dalam pasar smartphone dunia sebesar 24%.

Sekarang kita membandingkannya dengan Apple. Pada awal tahun 2015 ini Apple telah menjual 61.2 Juta unit dan meraih presentase 18% pasar smartphone dunia. Hasil tersebut merupakan sebuah prestasi yang cukup membanggakan Apple, karena menurut beberapa informasi yang saya dapat bahwa iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sangat laris di pasar Tiongkok. Padahal baru 7 bulan peredarannya loh. 

Menurut Direktur Eksekutif dari Strategic Analytic yaitu Neil Watson mengatakan bahwa kemenangan Samsung dari Apple dalam industri smartphone dikarenakan stablitas performa yang digencarkan oleh Samsung di wilayah Asia dan lainnya.
“Samsung continued to face challenges in Asia and elsewhere, but its global performance has stabilized sufficiently well this quarter to overtake Apple and recapture first position as the world’s largest smartphone vendor by volume,”
Walaupun Samsung telah berhasil memegang puncak pasar smartphone dunia, tapi tidak menjadikan mereka tenang-tenang saja, karean Apple akan terus membayang-banyangi dan terdapat kemungkinan Apple dapat menyaingi Samsung pada tahun ini.

Cukup membahas Samsung dan Apple. Mereka berdua juga memiliki pesaing kuat yaitu Motorolla, Lenovo dan Huawei. Mungkin pada tahun ini Asus akan ikut bersaing dalam industri smartphone yang belum lama ini merilis Zenfone 2 di Indonesia. Lenovo dan Motorolla memiliki 5.4% dalam pasar smartphone dunia dan Huawei dengan 5%.


Jika kita melihat total penjualan smartphone pada tahun 2014 - 2015 terjadi kenaikan yang cukup drastis dari 285 juta unit menjadi 345 juta unit di awal tahun 2015 ini. Tapi mau bagaimanapun pertumbuhan smartphone dari tahun 2014 ke 2015 mengalami penurunan dari 33.2% menjadi 21.1%.
Disqus Comments