Jumat, 01 Mei 2015

Apple Watch Menggunakan RAM Berkapasitas 512 MB

Jika iPhone dan iPad menggunakan chip seri A, maka untuk Apple Watch, Apple menggunakan chip S1. Apabila kalian telah melihat postingan saya sebelumnya yang membahas tentang bagian-bagian dalam dari Apple Watch, maka kalian akan mengetahui bentuk dari chip S1 ini.


Jika kemarin iFixit sudah membongkar bagian-bagian dari Apple Watch dan tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai chip S1 Apple Watch, maka untuk sekarang ini sebuah tim dari ABI Research melakukan scanning chip S1 ini menggunakan X-Ray. Setelah melakukan pengambilan gambar melalui X-Ray ini mereka menemukan sebuah hal-hal yang menarik dari bagian dalam chip S1 Apple Watch.
“The design is an obvious variation from Apple’s smartphones, with many high-end functions / chips included that normally would not be found in a simple watch,” comments Jim Mielke, VP Engineering at ABI Research and head of the TeardownIQ group. “Judging by the complexity of the printed circuit board (PCB), and the number of parts on the PCB, one might think the Apple watch is a full-fledged cellular connected watch but in fact connectivity is limited to Wi-Fi, Bluetooth, and NFC.“
Kira-kira penjelasan dari kutipan di atas adalah "Desain dari chip S1 Apple Watch ini merupakan variasi dari Smartphone milik Apple dengan beberapa fungsi high-end yang tidak ditemukan di dalam jam biasa", kata Jim Mielke, Presiden Direktur Bagian Engineering di ABI Research. "Apabila dilihat dari kompleksitas PCB dan jumlah part yang digunakan didalam PCB tersebut. Salah satu hal yang seharusnya ada adalah Apple Watch memiliki konektifitas yang lebih baik, tapi kenyataannya konektifitasnya hanya Wi-Fi, Bluetooth dan NFC".

Apabila kalian melihat bagian dalam chip S1 ini pada gambar di atas ini, akan nampak prosesor inti yang berada di tengah chip dengan part number APL 0778. Kemudian diatas dari prosesor ini terdapat Elpida SRAM yang memiliki kapasitas 4GB dengan performa yang sama dengan 512MB RAM. Kemudian di dalam chip S1 ini muncul media penyimpanan Apple Watch yang berkapasitas 8GB (5,6 GB ketika digunakan) dan chip Broadcom untuk Wi-Fi nya.

Melihat kesisi lainnya kita akan menemukan perubahan supplier part untuk Apple Watch yang sebelumnya pernah dibicarakan. Contohnya adalah Apple lebih memilih STMicroelectronics yang menyediakan accelerometer/gyroscope dibandingkan InvenSense. Kemudian ADI yang menyediakan touch controller dan IDT untuk penyediaan chip wireless charging.

Bentuk chip S1 yang terlihat kecil tapi dapat dimaksimalkan oleh Apple untuk menaruh komponen-komponen pendukung Apple Watch. Kemungkinan jika Apple berencana membuat chip S2 maka diperkirakan akan lebih baik daripada S1 ini.

Disqus Comments