Minggu, 17 Mei 2015

Cara Mengganti Font di iPhone, iPad atau iPod Touch di iOS 7 - 8


Bosan dengan tampilan font default dari iPhone atau iPad kalian? Jika iya, kalian dapat mencoba tweak jailbreak BytaFont 2 yang dapat didownload di Cydia melalui perangkat iOS yang sudah di jailbreak tentunya. Dengan BytaFont 2 ini kalian dapat mengganti tampilan font dari homescreen, lock screen, aplikasi, dan keyboard. Oh iya perlu diketahui BytaFont 2 ini support untuk iOS 7 - 8.

Dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana cara mengganti tampilan font di iPhone, iPad atau iPod Touch.

Cara Menginstall BytaFont 2 di iPhone, iPad atau iPod Touch


1. Buka Cydia dari perangkat iOS yang telah dijailbreak. Apabila device kalian belum di Jailbreak silahkan baca artikel dibawah ini.
2. Kemudian tap pada "Search" di pada bagian bawah. Lalu, ketikkan "BytaFont 2". Sudah? Silahkan download sekarang, tenang aplikasi ini Gratis kok. (Saat artikel ini dibuat versi BytaFont 2 ini adalah 2.5.6)

3. Sekarang pindah ke Homescreen, jika kalian menemukan ikon "BytaFont 2" itu berarti tweak telah berhasil di install.

Cara Menginstall Font Baru di BytaFont 2

Tweak BytaFont 2 menawarkan pengguna untuk mendownload font baru secara gratis melalui iPhoneruler.net dan Cydia. Untuk cara menginstall font baru di BytaFont 2 silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Catatan : Untuk pengguna iPhone 6 & 6 Plus kalian harus berhati-hati menginstall font baru untuk menghindari error. Sebaiknya buka situs iPhoneRuler terlebih dahulu, kemudian pilih kategori "iPhone 6 / iPhone 6 Plus" sehingga kalian dapat mengetahui font yang dapat digunakan di iPhone kalian. Setelah itu baru kalian cari dan download di Cydia.


1. Buka Cydia. Kemudian pilih "Sources".

2. Pada menu Sources kalian pilih "All Sources" pada bagian paling atas.

3. Lakukan scroll ke bawah sampai menemukan "Fonts (BytaFonts 2)". Kemudian tap.

4. Setelah itu kalian akan berpindah ke tampilan berikutnya dengan daftar font yang dapat kalian download dan gunakan.

5. Pilih salah satu font yang kalian inginkan dan install font tersebut..

Cara Menggunakan Font yang Telah Terinstall di BytaFont 2

Setelah kalian mendownload font baru, maka sekarang waktunya untuk menerapkannya di perangkat iOS kalian. Buka tab "Basic" kemudian pilih font yang akan digunakan. Setelah itu pilih "Yes" untuk melakukan respring.


Terdapat beberapa menu lainnya seperti Advance dan Lockscreen. Mari saya jelaskan lebih lanjut.

A. Advance
Pada tab ini kalian dapat mengganti font secara spesifik. Contohnya kalian hanya ingin mengganti font di Keyboard, maka pada menu "Advance" kalian pilih Keyboard. Kemudian pilih font yang akan digunakan dan tap "Yes" untuk melakukan respring

B. Lock Screen
Kalian dapat mengganti font di tampilan lock screen melalui tab "Lock Screen". Caranya adalah pilih "Font" kemudian pilih font yang ingin digunakan dan pilih "Yes" untuk melakukan respring.

Berikut hasil dari BytaFont 2 ini.


Mengembalikan Font ke Seperti Semula

Mau mengembalikan font ke kondisi default? Caranya mudah kok. Kalian buka aplikasi BytFont 2. Setelah itu pilih tab "Basic" lalu tap pada "Restore BytaFont Backup". Apabila kalian hanya ingin mengubah font ke kondisi default dari sebuah aplikasi atau system. Kalian dapat membuka tab "Advance". Contoh : Camera > BytaFont Backup.

Image by iOSHacker & BytaFont

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Jika kalian mempunyai pertanyaan silahkan ask ke twitter Applenesian di @Applenesian. Terima Kasih.

Disqus Comments