Senin, 25 Mei 2015

Cara Menggunakan Font 'San Francisco' di OS X


OS X akan mendapatkan font terbarunya pada update berikutnya, yaitu San Francisco. Jika untuk sekarang ini OS X Yosemite menggunakan font Helvetica Neue. Untuk kalian yang ingin mencoba font San Francisco ini di perangkat Mac kalian yang berjalan sistem operasi OS X Yosemite dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.


Catatan : Jika kalian kurang yakin untuk menggunakan atau masih nyaman dengan Helvetica Neue maka disarankan untuk tidak mencoba font ini. Tutorial di bawah untuk pengguna OS X Yosemite, untuk versi OS X lama saya belum tahu apakah worked atau tidak.

1. Download Font San Francisco untuk OS X di link berikut. Simpan di desktop agar lebih mudah di temukan.


2. Setelah download selesai, kalian ekstrak dari file tersebut ke Desktop.

3. Setelah file tersebut sudah di ekstrak. Maka kalian buka menu Finder atau kalian dapat menekan tombol Command + Shift + G secara bersamaan untuk membuka menu Go To.

4. Akan muncul sebuah pop up search, isi dengan ~/Library/Fonts/. Lalu tekan Enter. Kalian akan diarahkan ke folder Font.

5. Copy atau Drag file font yang tadi sudah di ekstrak ke folder Font. Pastikan file sudah tercopy semua ya.


6. Reboot Mac kalian. Setelah reboot lihat perubahannya.

Berikut adalah perbedaan antara Helvetica Neue dan San Francisco di sistem operasi OS X.


Apabila kalian ingin mengembalikan Font ke seperti semula. Kalian dapat mengikuti langkah 1 - 4. Lalu hapus semua file yang terdapat keyword San Francisco dan sejenisnya. Lakukan reboot. Selesai. Font San Francisco ini tidak hanya dapat digunakan di OS X saja. Perangkat iOS 8 dapat menggunakan Font ini, tapi hanya untuk perangkat iOS yang sudah di Jailbreak. Untuk tutorial mengganti font San Francisco di iPhone atau iPad kalian dapat membaca artikel berikut Cara Menggunakan Font San Francisco di iPhone & iPad.

Sudah menggunakan fontnya? Yuk share bagaimana perasaan kalian setelah menggunakan font baru ini.
Disqus Comments