Cara Menghemat Penggunaan Baterai di iOS 8

Beberapa user yang sudah mengupgrade iPhone/iPad/iPod Touch nya ke iOS 8 mengalami masalah terh...


Beberapa user yang sudah mengupgrade iPhone/iPad/iPod Touch nya ke iOS 8 mengalami masalah terhadap daya tahan baterainya. Sebenarnya penyebab masalah tersebut adalah berdasarkan penggunaan aplikasi, jadi cukup sulit untuk menentukan penyebab pastinya dari masalah tersebut.

Di bawah ini adalah Beberapa Langkah Mudah untuk menghemat Baterai di iOS 8. Cekidot!

1 Battery Usage

Battery Usage adalah fitur terbaru dari iOS 8, dengan fitur tersebut kita dapat melihat penggunaan baterai untuk sebuah aplikasi. Kalian juga dapat mengetahui penggunaan dari baterai mulai dari 24 jam terakhir dan 7 hari terakhir. Sekarang ikuti instruksi di bawah ini untuk mengidentifikasi dan step selanjutnya.

Cara Membuka Battery Usage di iOS 8
1. Buka Menu Setting -> General -> Usage -> Battery Usage


Pada "Battery Usage" aplikasi dan internal service yang menggunakan baterai, seperti Home & Lock Screen, Messages, Photos dan lain-lain. Seperti yang di sebutkan di atas sebelumnya kalian dapat melihat history penggunaan baterai "Last 7 Days" atau "Last 24 Hours". Next.

Identitifikasi Aplikasi yang Menggunakan Baterai Berlebihan
Dalam Battery Usage mmemberikan informasi aplikasi mana yang menggunakan baterai dalam presentase. Perlu diingat, aplikasi dengan Konsumsi Daya Baterai paling tinggi bukan berarti penggunaan baterai berlebihan. Mungkin sajar penyebab dari penggunaan baterai berlebihan adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background untuk download atau upload content, seperti : Facebook, Path, Instagram dan lainnya.

Selanjutnya?

Sudah mengetahui aplikasi apa saja yang memakan banyak baterainya? Inilah beberapa hal yang dapat membuat baterai device kalian dapat berhatan lebih lama, yaitu :

1. Jika aplikasi itu tidak kalian gunakan / tidak dibutuhkan disarankan untuk menguninstall aplikasi tersebut.

2. Kalian sebaiknya menutup aplikasi yang tidak kalian gunakan. Terkadang aplikasi yang telah kita close masih tetap berjalan di Background, misalkan : Twitter karena aplikasi tersebut membutuhkan jaringan untuk melakukan update sehingga ketika sudah kita close maka akan masuk ke Background Proses. Untuk itu kita harus melakukan force close, dengan cara tekan dua kali tombol home, nanti akan muncul aplikasi yang berjalan di background. Kalian cukup geser aplikasi yang akan di close ke atas. Cukup mudahkan?.


3. Jika kalian tidak ingin melakukan dua cara di atas. Bisa kok. Tapi kalian harus memarikan fungsi dariLocation Services dan Background App Refresh. Untuk mematikan dari Location Services adalah Settings -> Privacy -> Location Service, kemudian untuk mematikan Background App Refresh adalah Settings -> General -> Background App Refresh.

2. Location Services

Ketika kita menginstall apps pada iPhone/iPad/iPod Touch maka aplikasi tersebut akan meminta permission dari kita untuk mengakses, seperti : Location, Network dan lain-lain yang secara kita sadar aktif. Bagaimanapun, ketika aplikasi menggunakan Location Service dapat menyebabkan masalah pada daya tahan baterai sehingga device menjadi cepat low. Jadi disarankan untuk mengecek aplikasi yang membutuhkan Location Services tersebut.

Salah satu cara untuk mengatasi dari problem di atas adalah dengan mematikan Location Services untuk semua aplikasi yang kalian install. Untuk mematikannya kalian ke menu Settings-> Privacy -> Location Service, kemudian tinggal kalian disable semua aplikasi (kecuali maps soalnya kalian membutuhkannya untuk gps). Tetapi ada fitur baru dari iOS 8 dalam mengatur Location Service pada device kalian. Berikut penjelasannya.

Menggunakan Location Services hanya pada saat aplikasi digunakan
Di iOS 8 Apple menambahkan pengaturan baru dari Location Service nya, yaitu While Using The App, ini berarti Location akan di gunakan ketika aplikasi sedang di jalankan dan akan otomatis mati ketika aplikasi sudah di tutup. 

Untuk menggunakannya adalah dengan cara kalian buka Settings -> Privacy -> Location Service kemudian klik pada aplikasi yang kalian pilih, lalu terdapat dua pilihan, yaitu "Never" dan "While Using App". Cara ini dapat memastikan kalau aplikasi akan mengakses lokasi apabila sedang di gunakan.


Catatan :
- Fitur ini dapat berjalan pada default apps Apple dan Third party bawaan dari Apple. Untuk aplikasi yang lain tergantung apakah aplikasi tersebut sudah optimal untuk iOS 8

- Jika kalain menonaktifkan Location Service pada aplikasi yang membutuhkan akses tersebut, tenang saja aplikasi akan memberikan notif kalau aplikasi membutuh fitur tersebut.

3. Background App Refresh

Apple memang sudah menambahkan multitaksing pintar yang ada pada di iOS 8 yang memperbolehkan aplikasi untuk mengakses konten pada saat berjalan di background. Walaupun Apple sudah melakukan optimalisasi tetap saja akan menimbulkan kendala pada baterai device. Jika kalian tidak ingin aplikasi seperti Facebook untuk mengakses network tiap waktu kalian dapat mematikannya pada "Background App Refresh" yang dapat kalian buka pada Settings -> General -> Background App Refresh. Kemudian tinggal kalian geser ke posisi mati atau bisa juga dengan mematikan fitur tersebut untuk aplikasi yang kalian pilih saja (Sesuai selera).


4. Push Mail

Push Mail adalah penyebab utama untuk masalah drain baterai untuk beberapa device (Untuk yang sering menggunakannya). Push memastikan kalau notifikasi yang kalian dapat ketika mendapat Mail baru dalam beberapa waktu interval. Caranya? Nih kalian buka Settings, kemudian arahkan ke "Mail, Contact dan Calendars" -> Fetch. tinggal kalian pilih aja interval waktunya 15 Minutes, 30 Minutes, Hourly, atau Manually (Sesuai keinginan aja). Jika kalian ingin membuat baterai lebih tahan lama, di nonaktifkan aja dahulu Push Mailnya. Intinya gunakan sesuai kebutuhan kalian aja.


5. Beberapa Cara Lainnya

Beberapa tips yang akan mimin jelaskan adalah bukan sebuah keharusan ya. Jadi tergantung kalian apakah ingin mengikuti semua dari tips di bawah ini atau mungkin hanya beberapa. Bebas aja..

A. Menghapus Widget yang berada pada Notification Center
Pada Today tab di Notification Center terdapat fitur seperti Today Summary, Tomorrow Summary , Stock dan aplikasi lainnya. Kalian harus mengecek dari widget tersebut, bisa-bisa widget tersebut menggunakan Location Service dan membuat baterai menjadi lebih cepat low. Jika memang widget tersebut memang membuat baterai cepat habis maka kalian dapat menghapusnya dari Notification Center.


Untuk mematikannya caranya adalah geser ke bawah bagian pinggir dari layar atas. Kemudian klik pada tab Today, scroll ke bawah dan klik tombol Edit. Untuk menghapus widget dari Notification Center kalian tinggal klik icon yang berwarna merah. Mudahkan?

B. Matikan Dynamic Wallpaper
Dynamic Wallpaper sebelumnya sudah ada pada iOS 7. Dynamic Wallpaper memberikan efek gambar animasi bergerak pada Home Screen dan Lock Screen, disamping hal itu membuat penambahan proses pada CPU dan boros baterai. Jika kalian mengalami boros baterai ketika menggunakan Dynamic Wallpaper di sarankan untuk menggantinya dengan cara Settings -> Wallpaper -> Pilih gambar Wallpaper yang sifatnya static/tetap/tidak bergerak dari library yang kalian punya.



C. Menonaktifkan Motion Effect, Parallax
Apple menambahkan beberapa efek animasi transisi yang sebelumnya ada pada iOS 7. Tetapi hal ini ternyata juga dapat membuat baterai menjadi boros. Jika kalian tidak memiliki masalah terhadap motion effect ini maka tidak perlu di nonaktifkan, tapi jika sebaliknya mimin saranin untuk menonaktifkannya. Caranya : Settings -> General -> Accessibility -> Reduce Motion kemudian switch ke 'ON'


D. Menonaktifkan Auto-Update dari App Store
App Store akan melakukan Update otomatis ketika berjalan pada background dan berada di bawah jaringan yang ada di device (Wi-Fi ataupun mobile data), akan tetapi jika kalian tidak ingin hal tersebut terjadi maka kalian dapat menonaktifkannya dengan cara : Settings -> iTunes and App Store. Kemudian scroll ke bawah sampai melihat "Automatic Downloads" tinggal di switch 'Off' aja. Dan untuk satu lagi yang perlu di nonaktifkan yaitu "Use Cellular Data" untuk Automatic Downloads dan iTunes Match (Hal ini dapat digunakan untuk kalian yang sedang irit kuota).



E. Menonaktifkan Index dari Spotlight Search
Spotlight seperti yang kita tahu dapat mencari konten yang ada pada iPhone/iPad/iPodTouch, seperti Application, Mails, Podcast, Event dan lain-lain. Jika kalian rasa ingin memfilter dari index search spotlightnya lakukan cara berikut Settings -> General -> Spotlight Search. Kemudian uncheck konten apa saja yang tidak akan di cari oleh Spotlight ini.



F. Matikan Push Notification
Jika kalian menerima terlalu banyak push notification akan berdapampak pada borosnya penggunaan baterai. Pastikan kalian mematikannya apabila terjadi hal tersebut. Caranya Setting -> Notifications. Kemudian kalian dapat mematikan semua notifikasi dari aplikasi.

G. Turn Off LTE/4G Network
Di Indonesia memang belum tercoverage (hanya beberapa wilayah dan itu masih dalam uji coba) dengan 4G maka disarankan untuk mematikan fungsi 4G. Caranya adalah Settings -> General -> Cellular -> Enable LTE/Enable 4G.

H. Tips Lainnya
  • Matikan Bluetooth jika tidak digunakan (Settings -> General -> Bluetooth)
  • Atur dan Percepat interval dari Auto-Lock. Untuk mengatur dari Auto-Lock ini adalah Settings -> General -> Auto Lock. Kemudian atur intervalnya mulai dari 1,2,3,4,5 menit.
  • Jika Wi-Fi kalian aktif tetapi tidak terkoneksi dengan jaringan manapun disarankan untuk mematikannya karena device akan mencari jaringan Wi-Fi walaupun tidak ada jaringan Wi-Fi terdekat. Jadi hal ini dapat membuat drain baterai menjadi lebih cepat. Cara untuk mematikannya adalah 
  • Aktifkan Auto-Brightness juga dapat mengurangin borosnya baterai karena layar device akan menyesuaikan tingkat kecerahan tergantung posisi kalian dimana.

6. Perawatan

A. Restart/Reset Device Kalian
Tekan dan Tahan tombol Sleep/Wake Button + Home Button dalam waktu bersamaan selama beberapa detik sampai logo Apple muncul.

B. Reset Network Settings
Untuk melakukan Reset Network Setting kalian dapat membuka Settings -> General -> Reset -> Reset Network and Setting. 

C. Maintenance Baterai
Mungkin maksud Maintenance baterai ini adalah melakukan calibrating terhadap baterai device yang kalian miliki. Caranya adalah lakukan pengecasan sampai penuh, kemudian gunakan sampai benar benar low (0%). Kemudian charge dalam kondisi mati atau standby (Aktifkan Do Not Distrub atau Airplane Mode).

Punya pertanyaan? Silahkan ask kami di Twitter @Applenesian. Terima Kasih.

Baca JugaTips Mempercepat Pengisian Ulang Baterai iPhone

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Apple Event,31,Apple HomeKit,1,Apple Pay,12,Apple TV,9,Apple Watch,61,Applenesian Story,1,Best Apps,11,Buyers Guide,1,Campaign,4,Compare,12,Discount iOS Apps,1,Downgrade iOS,8,Download iOS,4,Download Jailbreak Tool,3,iMac,6,iOS 10,18,iOS Apps,41,iOS News,81,iPad,22,iPhone,78,iPhone 7,24,iPod,2,Jailbreak iOS,20,Jailbreak News,25,Macbook,20,macOS,4,News,125,Paid to Free Apps,7,Pokemon Go,10,Promotion,1,Review,1,Samsung,12,SSH Blobs,4,Tips and Trick,42,Troubleshooting,37,Tutorial,57,Tweak Jailbreak,12,Upgrade iOS,13,Wallpaper,1,Watch Apps,2,watchOS,4,
ltr
item
Applenesian: Cara Menghemat Penggunaan Baterai di iOS 8
Cara Menghemat Penggunaan Baterai di iOS 8
http://3.bp.blogspot.com/-H_G8Vdqd6hA/VVAPolHpH7I/AAAAAAAAD5c/rG-Kwm7KzdU/s400/ios-8-battery-logo.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-H_G8Vdqd6hA/VVAPolHpH7I/AAAAAAAAD5c/rG-Kwm7KzdU/s72-c/ios-8-battery-logo.jpg
Applenesian
http://www.applenesian.com/2015/05/cara-menghemat-penggunaan-baterai-di-ios-8.html
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/2015/05/cara-menghemat-penggunaan-baterai-di-ios-8.html
true
7556057504832107625
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy