Minggu, 24 Mei 2015

Hal-Hal Yang Dapat Dilakukan Apple Watch tanpa iPhone


Apple Watch memiliki ketergantungan terhadap iPhone untuk menjalankan beberapa fungsi utamanya. Lalu, apa yang dapat dilakukan Apple Watch jika tidak ada iPhone disampingnya? Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan Apple Watch tanpa iPhone.

1. Melihat Waktu


Apple Watch dapat dijadikan penunjuk waktu saat ini tanpa memerlukan bantuan iPhone. Selain sebagai penunjuk jam kalian dapat menggunakan fungsi stopwatch, alarm, dan penghitung waktu mundur di Apple Watch.

2. Apple Pay


Jika kalian sudah melakukan konfigurasi Apple Pay di Apple Watch, maka kalian dapat melakukan pembelian menggunakan layanan Apple Pay tanpa membutuhkan iPhone. Perangkat ini dilengkapi dengan elemen-elemen keamanan yang cukup baik untuk menyimpan data nomor ID dari perangkat, sehingga kalian dapat melakukan transaksi hanya dengan menggunakan Apple Watch. Cara untuk melakukan pembayaran dengan Apple Pay di Apple Watch adalah dengan menekan tombol Apple Watch dua kali untuk membuka Apple Pay. Setelah itu lanjutkan ke proses transaksi pembelian.

3. Activity Tracking


Meskipun tanpa iPhone, kalian sebagai pengguna Apple Watch masih dapat melakukan tracking dari aktifitas seperti fitness dan workout. Hal ini dikarenakan Apple Watch memiliki kemampuan untuk memonitor detak jantung dan sensor gerakan. Tanpa iPhone juga, kalian tidak dapat menggunakan fitur GPS dan pelacakan jarak tempuh tidak terlalu akurat. Tenang, Apple Watch masih dapat menyimpan log (data) dari aktifitas yang kalian lakukan dengan sensor readingnya.

4. Mendengarkan Musik


Apple Watch memang memiliki kemampuan terbatas dalam segi media penyimpanan, tapi bukan berarti jam pintar tersebut tidak dapat menyimpan lagu dan foto. Kalian dapat menyimpan lagu ke Apple Watch dengan menggunakan iPhone. Caranya adalah buka aplikasi Apple Watch di iPhone, pilih Music. Kemudian tap pada Synced Playlist dan pilih playlist yang akan dimasukkan ke Apple Watch. Jangan khawatir storage kalian akan habis, karena ketika meakukan proses sinkronisasi playlist semuanya diatur oleh kalian (Mulai dari jumlah lagu atau kapasitas yang akan ditransfer). Untuk mendengarkan lagu melalui Apple Watch tentunya kalian membutuhkan headphone belutooth karena ngga mungkinkan mendengarkan lagu melalui speaker bawaan Apple Watch.

5. Melihat Foto


Mirip dengan musik, Apple Watch dapat kalian gunakan untuk melihat foto-foto yang berada di kategori "Favourite" di iPhone-mu pada saat melakukan sinkronisasi. Kalian dapat mengatur besar kapasitas dan jumlah foto yang akan di sinkronisasi ke Apple Watch.

6. Passbook

Apabila kalian memiliki tiket pesawat, tiket bioskop atau sejenisnya yang disimpan di Passbook iPhone, maka kalian dapat melakukan sinkronisasi dari tiket-tiket tersebut ke Apple Watch (Apabila kalian telah mengaktifkan Mirror iPhone di aplikasi Apple Watch). Sekarang tiket-tiket atau hal yang sejenisnya dapat kalian akses di Apple Watch kesayangan.

7. Cache Data

Ketika Apple Watch tidak terhubung dengan iPhone, kalian masih dapat melihat pesan, data dari aplikasi pihak ketiga seperti Facebook, New York Times dan lainnya. Selain itu kalian dapat mengakses voice mail secara offline. Data yang kalian dapatkan sekarang bukanlah data yang paling terbaru, karena tanpa iPhone Apple Watch kalian tidak dapat melakukan aktifitas online.

Jika diatas saya telah membahas mengenai hal yang dapat dilakukan Apple Watch tanpa iPhone. Bagaimana sekarang lanjut ke hal yang tidak dapat dilakukan Apple Watch tanpa iPhone? Check this out.

Tanpa adanya iPhone, Apple Watch kalian tidak dapat terhubung dengan jaringan internet ataupun menggunakan GPS tanpa aplikasi companion di iPhone. Jadi, untuk mengakses pesan, menggunakan aplikasi pihak ketiga dan lain-lainnya yang membutuhkan jaringan internet itu berarti Apple Watch kalian membutuhkan iPhone. Selain itu, fitur Siri tidak dapat bekerja dengan baik, karena untuk menggunakan Siri kalian membutuhkan jaringan internet. Kira-kira itu saja yang tidak dapat dilakukan menurut saya.

Disqus Comments