Selasa, 26 Mei 2015

Ini Alasan Mengapa Apple Mengadopsi San Francisco Sebagai Sistem Font Terbarunya


Apple telah memperkenalkan font San Francisco di Apple Watch dan baru-baru ini dikabarkan bahwa mereka akan mengganti font Helvetica Neue dengan San Francisco di sistem operasi iOS 9. Bisa dibilang tampilan dari font San Francisco ini terlihat lebih bersih dan mudah terlihat di perangkat yang memiliki ukuran kecil seperti Apple Watch ini. Desainer Wenting Zang mengatakan bahwa font ini memiliki bentuk yang indah dan sayang untuk diabaikan.

Apabila kalian belum merasakan pengalaman menggunakan font San Francisco ini, kalian dapat melihat bentuk-bentuknya di website Type Detail. Dalam website tersebut kalian tidak akan mendapatk informasi rinci mengenai font tersebut, hanya saja setidaknya kalian mengetahui bagaimana bentuk dari font San Francisco ini.


Menurutnya hal yang membuar font ini mudah dibaca adalah ukuran huruf kecilnya yang berukuran 75% dari huruf kapital (besar), sehingga ukuran huruf kecil lebih besar dibandingkan ukuran huruf kecil font lainnya. Kemudian font San Francisco ini memiliki gap (jarak spasi) yang cukup besar sehingga user dapat membedakan antara huruf 'a' dan 'e'.

Apabila kalian telah melihat font San Francisco ini di website Type Detail, maka dapat disimpulkan bahwa font ini terlihat mirip Arial dan Open Sans.

Sumber Berita TNW

Selain dari perubahan font, Apple juga akan berfokus pada kualitas, ukuran aplikasi yang kecil dan support untuk perangkat iOS lama. Tidak hanya itu Apple akan membuat iOS 9 lebih stabil dan performanya yang cepat dibandingkan versi iOS sebelumnya.


Apabila kalian ingin mencoba font San Francisco ini di perangkat iOS dan OS X Yosemite, kalian dapat mengikuti langkah-langkahnya di link dibawah ini.
Disqus Comments