Kamis, 21 Mei 2015

iOS 9 dan OS X 10.11 Akan Menggunakan Font Milik Apple Watch


Menurut 9to5Mac dalam artikelnya, Apple berencana untuk menggunakan font milik Apple Watch hal tersebut dilakukan untuk merefresh tampilan dari iPhone, iPad yang berjalan sistem operasi iOS 9 "Monarch" dan Mac "Gala" dengan sistem operasi OS X 10.11. Sekarang Apple telah merancang font San Francisco untuk menggantikan Helvetica Neue yang telah digunakan di iOS 7 di tahun 2013 dan OS X Yosemite pada tahun lalu. Namun, font 'San Francisco' ini telah digunakan di Apple Watch terlebih dahulu dan debutnya untuk perangkat iOS dan Mac akan dimulai pada event WWDC pada bulan Juni ini.

Terdapat beberapa alasan mengapa Apple menggunakan font San Francisco di Apple Watch, karena font tipe ini terlihat lebih terang. Seperti yang kita tahu, Apple Watch memiliki dimensi yang kecil 38 mm dan 42 mm sehingga Apple menggunakan font ini agar pengguna dapat membaca tulisan meskipun di layar yang kecil. Skala dari font San Francisco ini terbilang dinamis untuk mempertahankan kejelasan melihat tulisan dan kemudahan untuk membaca huruf berapapun ukuran tulisannya.


Laporan lain menunjukkan bahwa hadirnya font baru ini akan membuat iOS dan OS X memiliki tampilan baru, tanpa harus mengubah estetika dari keseluruhan dalam sistem dalam waktu yang sama. Hal tersebut juga membuat tampilan iOS dan OS X tidak basi. Namun, beberapa insiyur Apple masih tidak menyarankan untuk menggunakan font baru tersebut dikarenakan sedikit terlihat lebih kasar di layar non-Retina.

Jika Apple menggunakan font San Francisco ini di sistem operasi terbarunya, itu berarti Apple harus melakukan tweak dari semua aplikasi yang berada di iOS dan OS X untuk penyesuaian font. Selain itu diperlukan pengujian untuk memastikan bahwa font ini tidak bertabrakan atau mengalami masalah di aplikasi yang menggunakan font lama. Apple juga berencana untuk mendorong para developer aplikasi untuk merombak font dari aplikasi buatannya agar dapat sejalan dengan font baru di iOS 9 dan OS X 10.11.

Perkembangannya kita lihat nanti lagi ya, apakah memang benar Apple akan menggunakan font San Francisco di sistem operasi terbarunya untuk iOS dan OS X. Semuanya akan terjawab di WWDC 2015 pada 8 Juni nanti.

Disqus Comments