10 Hal Penting yang Muncul di Apple WWDC 2015

Akhirnya semua rumor-rumor yang telah beredar selama ini terjawab di WWDC 2015 termasuk layanan...


Akhirnya semua rumor-rumor yang telah beredar selama ini terjawab di WWDC 2015 termasuk layanan streaming musik yang terbilang di tunggu-tunggu. Sebelum acara berakhir Tim Cook memperkenalkan layanan streaming musik "Apple Music" yang nantinya dapat dinikmati oleh pengguna secara Gratis selama tiga bulan.

Selain itu, Apple mendatangkan Drake sebagai pembicara dalam WWDC 2015 terkait dengan fitur 'Connect' di Apple Music, yang dimana pengguna dapat mengetahui aktifitas dari artis idolanya. Kejutan kedua diakhir acara tersebut tampil The Weeknd yang membawakan lagu terbaru yang akan dirilis eksklusif di WWDC 2015.

Masih banyak lagi yang diumumkan oleh Apple di acara WWDC 2015 tersebut, selain sistem operasi terbarunya. Mau tau apa saja? Check this out.

1. OS X El Capitan


Apple mengumumkan versi OS X terbaru, yaitu OS X 10.11 (El Capitan), yang dimana Apple berfokus pada pengalaman pengguna dan performa. Contohnya : Dalam Safari di OS X 10.11 ini pengguna dapat melakukan "pin" dari sebuah situs, dan ketika di buka situs tersebut akan muncul secara instan tanpa harus menunggu loading dari situs tersebut. Kemudian pengguna juga dapat melakukan "mute" pada tab tanpa perlu masuk ke tab tersebut. Selanjutnya, Spotlight yang terintegrasi dengan kemampuan melakukan pencarian, sehingga pengguna dapat mencari tiket, mengetahui cuaca di kotanya, dan melihat jadwal acara yang akan datang. Di OS X 10.11, Apple menghadirkan layar split, sehingga memudahkan pengguna untuk mealkukan multitasking, seperti pengguna masih dapat menonton video sambil berkirim pesan kepada teman. Untuk meningkatkan performa dari Apple akan mengimplementasikan "Metal" sebuah alat optimasi yang sebelumnya digunakan di prosesor mobile.

2. iOS 9


Tidak lengkap rasanya update OS X tanpa ada update dari iOS. Selama ini rumor yang beredar kahirnya terjawab, dalam acara tersebut Apple mengumumkan iOS 9 yang terbilang merupakan perubahan yang radikal. Di iOS 9, pengguna dapat menggambar dan fungsi lainnya di aplikasi Notes. Kemudian aplikasi News di iOS 9 akan memiliki penampilan baru, seperti animasi berita, memutar video didalam berita, melakukan slide pada foto yang ada di dalamnya dan lain-lainnya. iOS 9 nantinya akan memiliki ukuran file yang lebih kecil dibandingkan iOS sebelumnya dan menawarkan "low power" mode untuk memberikan waktu ekstra agar perangkat iOS-mu lebih tahan lama. Untuk pengguna iPad, dengan iOS 9 kalian dapat membuka dua aplikasi dalam satu layar. Wups, sabar dulu iOS 9 sekarang masih dalam tahap beta untuk developer, rencananya versi beta untuk publik akan dirilis pada bulan Juli dan versi finalnya akan dirilis musim gugur tahun ini.

3. "Proactive" Siri


Hal ini mengingatkan kita kepada Google Now yang merupakan sebuah asisten personal di Android. Dengan hadirnya "asisten proaktif" ini akan secara otomatis untuk menggunakan data dari aktifitas pengguna untuk memberikan sugesti yang nantinya dapat mempermudah pengguna, seperti melakukan scan pada e-mail, memasukkan undangan ke dalam kalender dan memberikan sugesti musik di pagi hari untuk yang sering berolahraga di pagi hari. Selain itu, Siri sekarang ini akan memberikan sugesti dari kontak yang akan kalian telepon, aplikasi yang sering kalian buka, dan berita yang akan kalian baca. Apple berjanji privasi dari pengguna akan terlindungi dan data akan tetap berada di perangkat iOS.

4. Apple Pay di Inggris


Apple Pay telah dirilis tahun lalu, dan dalam WWDC Apple mengumumkan partner terbarunya, yaitu Trader Joe's dan JC Penney. Hal yang paling penting adalah, layanan pembayaran milik Apple ini akan ekspansi ke luar wilayah Amerika Serikat, menurut pembicara dalam WWDC 2015 tersebut Apple akan mengekspansi Apple Paynya ke Inggris di bulan Juli. Untuk mewujudkannya, Apple telah bekerja sama dengan 8 bank Inggris dan brand ternama dari Inggris. Apple Pay nantinya dapat digunakan untuk membayar transportasi di Inggris.

5. Apple Maps dengan Transit


Dalam Maps di iOS 9, Apple menghadirkan fitur Transit Maps yang akan memberitahukan rute dari transportasi publik, seperti bus, kereta dan subway. Apple berencana untuk tetap memberikan data-data yang akurat, seperti waktu perjalanan, waktu untuk menunggu transportasi yang digunakan pengguna sampai ke stasiun atau terminal. Transit Maps ini akan dirilis di beberapa kota Amerika Serikat, beberapa kota di Tiongkok dan lainnya. Apabila alat transportasi tersebut memiliki layanan Apple Pay, Siri akan memberitahukannya.

6. Aplikasi News di iOS 9


Dengan aplikasi News di iOS 9, pengguna akan diberikan pilihan layanan berita dari berbagai sumber dan pengguna dapat memfollow untuk mendapatkan berita yang berasal dari sumber, seperti New York Times, GQ, Bon Appetit dan lainnya. Apple mengkombinasikan tampilan dari Flipboard dan Facebook ke dalam aplikasi beritanya ini. Saat ini Apple belum memberitahukan kapan aplikasi News tersebut dapat di akses, tapi rencananya akses tersebut akan tersedia di Amerika Serikat, Inggris dan Australia saat permulaannya muncul.

7. watchOS 2 untuk Apple Watch


Kurang dari dua bulan Apple Watch rilis, kini Apple Watch akan memiliki sistem operasi baru, yaitu watchOS 2 yang didalamnya berisi banyak pilihan untuk tampilan jam. Pengguna dapat mengganti tampilan jam di Apple Watch dengan foto. Fitur "Time Travel" juga akan hadir, dengan fitur tersebut pengguna dapat melihat jadwal selanjutnya di hari itu. Apple akan membuat watchOS 2 ini lebih interaktif, contohnya : Pengguna dapat membalas e-mail melalui Siri. Untuk bagian hiburan, Apple memberikan kemampuan Apple Watch untuk memutar video dan audio di sistem operasi terbarunya dan juga full support untuk Homekit dan HealthKit. Wups, ternyata Transit Maps di iOS 9 juga diintegrasikan ke Apple Watch. watchOS 2 ini dapat digunakan oleh pengguna Apple Watch pada musim gugur tahun ini.

8. Homekit


Apple sudah memulai untuk mengekspansi dari fungsi Homekit yang sebelumnya terbatas. Sekarang ini  pengguna dapat mengatur peralatan yang terintegrasi dengan Homekit. Walaupun Homekit ada di Apple TV, tidak menutup kemungkinan iPhone atau iPad dapat menggunakan Homekit, sehingga penggunaan akan lebih mudah dan simple.

9. CarPlay


Sama seperti iOS 9, OS X dan watchOS, sistem operasi otomatif juga mendapatkan beberapa peningkatan. Yang dimana, CarPlay memberikan kebebasan untuk brand industri otomotir membuat aplikasinya sendiri untuk dimasukkan ke dalam CarPlay, untuk mengatur fitur dari mobil buatannya. Seperti yang dikatakan oleh Apple di WWDC 2015, CarPlay akan memliki ukuran layar yang lebih besar dan penambahan dari ukuran dpi.

10. Apple Music


Apple Music menjadi kejutan di akhir dari presentasi WWDC 2015 ini. Dengan Apple Music pengguna dapat memutar musik kesukaannya, mengetahui aktifitas dari artis idolanya dan memutar radio yang aktif 24 jam dalam seminggu (Nonstop). Saat dirilisnya nanti pada 30 Juni, Apple akan memberikan masa percobaan selama 3 bulan, dan setelah masa percobaan tersebut habis pengguna akan diminta untuk berlangganan dengan biaya perbulan $9.99 dan $14.99 untuk family plan. Pada kesempatan Jimy Lovine, Drake dan Steve Jobs berbicara, mereka tidak membahas akan menyaingi penyedia layanan streaming musik, semuanya pure dilakukan oleh Apple untuk memanjakan penggunanya. Katanya Apple Music ini akan hadir juga di platform Android.

Masing-masing perusahaan teknologi telah melakukan acara akbar, seperti Google dengan I/O nya dan Apple dengan WWDC nya. Dalam I/O Google mengumumkan sistem operasi Android terbaru, yaitu Android M dan lainnya. Sedangkan Apple di WWDCnya dengan iOS 9.

Sumber GambarThe Verge

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Apple Event,31,Apple HomeKit,1,Apple Pay,12,Apple TV,9,Apple Watch,61,Applenesian Story,1,Best Apps,11,Buyers Guide,1,Campaign,4,Compare,12,Discount iOS Apps,1,Downgrade iOS,8,Download iOS,4,Download Jailbreak Tool,3,iMac,6,iOS 10,18,iOS Apps,41,iOS News,81,iPad,22,iPhone,78,iPhone 7,24,iPod,2,Jailbreak iOS,20,Jailbreak News,25,Macbook,20,macOS,4,News,125,Paid to Free Apps,7,Pokemon Go,10,Promotion,1,Review,1,Samsung,12,SSH Blobs,4,Tips and Trick,42,Troubleshooting,37,Tutorial,58,Tweak Jailbreak,12,Upgrade iOS,13,Wallpaper,1,Watch Apps,2,watchOS,4,
ltr
item
Applenesian: 10 Hal Penting yang Muncul di Apple WWDC 2015
10 Hal Penting yang Muncul di Apple WWDC 2015
http://3.bp.blogspot.com/-o3PEnVrPUN4/VXZMc98PdQI/AAAAAAAAESM/8Lcl_SCttrM/s400/wwdc-2015-banner.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-o3PEnVrPUN4/VXZMc98PdQI/AAAAAAAAESM/8Lcl_SCttrM/s72-c/wwdc-2015-banner.jpg
Applenesian
http://www.applenesian.com/2015/06/10-hal-penting-yang-muncul-di-apple-wwdc-2015.html
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/2015/06/10-hal-penting-yang-muncul-di-apple-wwdc-2015.html
true
7556057504832107625
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy