Sabtu, 27 Juni 2015

Cara Install dan Menggunakan AFC2 Setelah Jailbreak iOS 8.3


Jika kemarin TaiG telah mengupdate toolsnya dari versi 2.0 menjadi 2.1.2 yang didalamnya terdapat perbaikan dari Cydia Substrate UI Cache dan lebih compatible dengan iTunes versi terbaru. Jadi, sekarang pengguna perangkat iOS yang sudah di jailbreak dapat menginstall tweak dan aplikasi jailbreak sesuka hatinya.

Salah satu tweak yang cukup terkenal adalah AFC 2 (Apple File Counduit "2") yang berfungsi untuk mengakses filesystem dari iOS. Tweak ini adalah buatan Jay Freeman aka Saurik yang merupakan developer Cydia. AFC 2 dapat didownload melalui Cydia atau repo TaiG, akan tetapi beberapa pengguna lebih memilih AFC 2 buatan Saurik yang di download langsung dari Cydia tanpa harus menambahkan repo apapun. Berikut saya akan menunjukkan cara menginstall AFC 2 di perangkat iOS 8.3 yang sudah di jailbreak.

Cek daftar tweak yang sudah compatible dengan iOS 8.3 di link berikut.

Cara Install AFC 2 di iOS 8.3 Jailbreak

1. Buka Cydia

2. Kemudian pilih "Search" yang letaknya berada di bawah kanan.

3. Ketikkan "Apple file" di kolom search. Setelah itu tap pada package 'Apple File Conduit "2"' untuk membukanya.

4. Pilih Install diikuti dengan  menekan tombol Confirm untuk melakukan download dan install package di perangkat iOS. Setelah selesai itu lakukan reboot/respring.

Setelah selesai melakukan reboot/respring kalian membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk membuka filesystem dari iOS, seperti iExplorer atau iFunBox. Berikut adalah langkah-langkahnya utnuk mengakses filesystem iOS.

Cara Mengakses Filesystem iOS

1. Download aplikasi iExplorer (download link) atau iFunBox (download link). Kemudian install. Dalam tutorial ini saya mencontohkannya dengan iExplorer.

2. Setelah terinstall. Hubungkan perangkat iOS ke komputer/laptop dengan kabel USB. Kemudian buka aplikasi iExplorer.

3. Lihat pada sidebar paling kiri, kalian akan menemukan 'Root'. Sekarang kalian dapat mengakses filesystem iOS sesuka hati.


Jika AFC 2 belum terinstall, maka kalian tidak dapat menemukan 'Root' pada sidebar kiri dari aplikasi iExplorer. Contohnya seperti gambar di bawah ini.


Apabila kalian belum melakukan jailbreak iOS 8.3 dari iPhone, iPad atau iPod Touch. Tutorialnya bisa di lihat pada artikel berikut Cara Jailbreak iOS 8.3 di iPhone, iPad, dan iPod Touch dengan TaiG

Image byiDownloadblog
Disqus Comments