Sabtu, 13 Juni 2015

Cara Menggunakan Low Power Mode di iOS 9


Dalam WWDC 2015, Apple memperkenalkan iOS 9 dengan kemampuan "low power mode" mirip dengan battery saver di Android. Apple mengklaim iOS 9 dapat meningkatkan daya tahan baterai selama beberapa jam (Hasil dapat bervariasi). Kemudian, Apple juga mengatakan bahwa iOS 9 memiliki kemampuan efisiensi penggunaan baterai.

Apple sampai saat ini belum memberikan penjelasan secara detil mengenai fitur-fitur dari iOS 9. Katanya iOS 9 akan menggunakan ambient light dan proximity sensor untuk mendeteksi bahwa iPhone sedang berada di depan muka pengguna atau tidak, sehingga ketika ada notifikasi masuk layar iPhone tidak akan menyala apabila iPhone tidak sedang berada di depan muka pengguna dan sebaliknya.

Mari kita ulas sedikit mengenai Low Power Mode di iOS 9.

Bagaimana cara kerja Low Power Mode di iOS 9?

Ketika pengguna mengaktifkan Low Power Mode daya tahan baterai dari iPhone miliknya akan memiliki tambahan selama beberapa jam, tapi fitur seperti background app refresh, mail, motion effects, dan animasi wallpaper akan di nonaktifkan ketika menggunakan fitur tersebut.

Jadi, ketika menggunakan Low Power Mode ini, iPhone kalian tidak dapat secara otomatis mendownload konten dari Mail dan Aplikasi yang membutuhkan refresh beberapa waktu untuk mendownload data, seperti Facebook, Path atau Twitter dan jejaring sosial lainnya.

Cara Menggunakan Low Power Mode

Jika kalian sudah menggunakan iOS 9 walaupun masih versi beta untuk developer, direncanakan iOS 9 akan drilis versi finalnya di musim gugur tahun ini dan ingin mencoba fitur Low Power Mode ini caranya cukup mudah.

1. Buka menu Settings.

2. Tap pada Battery.

3. Kemudian switch on "Low Power Mode" untuk mengaktifkan fitur tersebut.


4. Setelah itu, kalian akan mendapatkan pop up seperti ini :
  • Mail is only fetched manually
  • Background app refresh and downloads are disabled.
  • Motion and brightness are reduced.
  • Network speed may be reduced.
5. Tap Continue untuk mengaktifkan Low Power Mode.


Cara Mengetahui Fitur "Low Power Mode" Aktif di iPhone atau iPad atau Tidak

Daripada kalian mengecek apakah iPhone atau iPad sedang berada dalam Low Power Mode atau tidak melalui menu Settings. Hal tersebut dapat membuat kalian repot tentunya, karena cara untuk mengecek fitur tersebut aktif atau tidak adalah dengan mengecek warna indikator baterai, apabila berwarna kuning maka fitur tersebut aktif.


Beberapa Hal yang Perlu Diketahui mengenai Low Power Mode

1. Mulai sekarang Battery Usage kalian dapat temukan di Settings > Battery instead of Settings > General > Usage > Battery Usage.

2. Ketika kalian melakukan tap pada tombol Detail di Battery Usage akan tampil jumlah waktu ketika digunakan dan ketika dalam posisi idle (backgorund app refresh). Informasi ini tentunya sangat membantu, karena kita akan mengetahui aplikasi mana yang memakan baterai paling banyak.


3. iOS 9 muncul dengan widget untuk indikator baterai dari perangkat yang terhubung (Apple Watch misalnya). Berikut screenshotnya dari Javier Sato
.

4. Ternyata Low Power Mode ini akan secara otomatis nonaktif ketika kalian melakukan charging baterai sampai presentase 80%. Tidak hanya itu, kalian akan mendapatkan notifikasi yang menunjukkan bahwa Low Power Mode sudah di nonaktifkan.


Bagaimana daya tahan baterai kalian setelah menggunakan Low Power Mode ini? Kasih komentarnya yuk.
Disqus Comments