Selasa, 02 Juni 2015

Cara Menonaktifkan Tracking Location dari Facebook Messenger


Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa aplikasi sosial media sekarang sudah semakin menjamur, khususnya untuk pengguna iOS. Contohnya adalah Facebook dengan Facebook Messengernya, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi via chatting atau video call ke teman-temannya.

Dalam kondisi default, aplikasi Messenger milik Facebook akan melakukan pelacakan lokasi pengguna berada saat itu. Dalam postingan terkini yang di tulis oleh Aran Khanna, seorang mahasiswa dari Fakultas Computer Science dan Mathematics di Harvard menunjukkan betapa akuratnya Facebook Messenger menentukan lokasi pengguna berada.

Selain itu, si Khanna ini menciptakan sebuah ekstensi di Google Chrome yang dinamakan Marauder Map. Dengan ekstensi tersebut pengguna dapat melacak lokasi teman-teman Facebook melalui Pesan (Messages). Contoh gambar dari Marauder Map ini ada di atas ya. Hal tersebut bisa menjadi hal serius apabila ada orang iseng atau stalker sejati yang ingin menggunakan ekstensi tersebut untuk hal-hal jahat. Oleh karena itu, untuk mencegahnya Facebook harus menambal celah tersebut atau kalian dapat mematikan fungsi Tracking Location dari aplikasi Facebook Messenger yang sekarang kalian miliki.

Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Buka menu Settings di perangkat iOS kalian.

2. Pilih Privacy > Location Services.

3. Kemudian pilih Messenger, pilih Never untuk menonaktifkan pelacakan lokasi untuk Aplikasi Messenger.


Facebook bukanlah satu-satunya perusahaan yang melacak lokasi dari penggunanya, jadi pastikan ketika membuat sebuah akun di sosial media perhatikan pada bagian pengaturan privasi untuk mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab yang memiliki niat jahat kepada kita.

Punya pertanyaan? Ask di kolom komentar di bawah ini ya atau Ask ke twitter kami di @Applenesian. Terima kasih.
Disqus Comments