Senin, 22 Juni 2015

Fitur-Fitur Terbaru dari Menu Settings di iOS 9


iOS 9 hadir dengan fitur terbaru, dan beberapa peningkatan fitur yang sudah ada, seperti Siri yang Proaktif, Transit Maps, multitasking untuk iPad, Apple Wallet dan lain-lain. Selain itu dalam iOS 9, Apple merubah tampilan user interface. Salah satu hal yang dirubah oleh Apple adalah menu Settings di iOS 9. Kira-kira apa aja perubahannya? Let's find out.

1. Fitur Search di Menu Settings


Apple akhirnya menambahkan fitur Search di menut Settings, sehingga pengguna dapat mencari pengaturan secara cepat tanpa harus melakukan scroll-scroll ke atas ke bawah. dan berpindah dari satu menu ke menu lainnya.

2. Battery


Apple mengklaim iOS 9 dapat memperpanjang umur baterai dari iPhone atau iPad selama beberapa jam. Untuk mewujudkan hal tersebut Apple membuat penggunaan baterai dari sistem operasi dan aplikasi yang berjalan menjadi efisien. Dalam iOS 9, Apple juga memperkenalkan fitur Low Power Mode yang hampir mirip dengan Battery Saver di Android.


Untuk menggunakan Low Power Mode ini caranya cukup mudah. Caranya dengan pergi kemu menu Settings, kemudian pilih Battery. Setelah itu switch dari disable ke enable dari Low Power Mode.


Selanjutnya terdapat perubahan di Battery Usage milik iOS 9. Ketika kalian melakukan tap pada icon detail yang berada di kanan, maka akan muncul detail dari waktu aplikasi berjalan didepan layar dan dibelakang layar. Hal tersebut dapat digunakan oleh kalian untuk memantau aplikasi yang memakan daya baterai sangat cepat.

3. iCloud Drive


iOS 9 menyertakan iCloud Drive didalamnya yang dapat digunakan oleh penggunanya menyimpan file ke dalam iCloud Drive. Dalam keadaan default iCloud Drive ini di hidden oleh Apple, sehingga tidak akan muncul di homescreen. Untuk mengaktifkannya atau memunculkannya caranya adalah Settings > iCloud > iCloud Drive > Show on Home Screen.

4. Side Switch


iOS 9 memberikan kemudahan untuk melakukan lock rotaion dan mute iPhone/iPad kalian. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur Side Switch dengan cara Settings > General > Pilih Lock Rotation atau Mute.

5. Passcode dengan 6 Digit


Jika kalian berencana untuk mengganti Passcode dari iPhone atau iPad, maka akan diminta untuk memasukkan 6 digit passcode. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengamankan iPhone kalian karena dibutuhkan ratusan bahkan sampai jutaan kombinasi dengan menggunakan 6 digit passcode dibandingkan 4 digit.

Apabila 6 digit terlalu panjang buat kalian. Tenang saja, karena kalian masih dapat menggunakan 4 digit passcode dengan memilih Passcode Options ketika mengatur Passcode.


6. Pilihan Waktu Auto Lock yang Baru


Dengan iOS 9 kalian akan mendapat waktu 30 detik untuk mengunci iPhone/iPad secara otomatis. Cara untuk mengaktifkannya adalah Settings > General > Auto-Lock > Pilih 30 Seconds.

7. Disable Vibration di iPhone/iPad


Sekarang kalian dapat menonaktifkan sebuat vibrasi di iPhone/iPad kalian di menu Settings iOS 9. Caranya dengan masuk ke Settings > General > Accessibility > Vibrations.

8. Touch Accomodations


Di iOS 9, kalian dapat mengatur sensitifitas dati touchscreen iPhone atau iPad dengan fitur Touch Accomodations. Yang dapat di akses melalui Settings > General > Accessibility > Touch Accomodations.

9. Akses Cepat untuk ke Wallet dari Lock Screen


Sekarang kalian dapat mengakses secara cepat Apple Wallet dari iPhone atau iPad dalam keadaan terkunci. Caranya adalah dengan menekan tombol Touch ID sebanyak dua kali. Kalian dapat menonaktifkan akses cepat ini dari menu Settings. Caranya adalah Settings > Touch ID & Passcode > Wallet.

10. Kustomisasi Assistive Touch


Hal unik dari iOS 9 adalah kalian dapat mengkostumisasi letak dari Assistive Touch sehingga dapat mempermudah untuk saat menggunakan iPhone atau iPad. Tidak hanya itu, kalian dapat menambahkan dua ikon ke Assistive Touch.

11. Siri Mute


Kalian dapat menonaktifkan suara Siri pada saat kondisi iPhone/iPad dalam keadaan mute dengan pilihan Control with Ring Switch. Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings > General > Siri > Audio Feedback. Ketika pilihan tersebut aktif, kalian masih dapat mendengar suara Siri dengan menggunakan perangkat Bluetooth, headphone atau CarPlay.

12. Wallpaper Settings


Dalam iOS 9, kalian akan menemukan pilihan "Still" atau "Prespective" ketika mengganti wallpaper di iPhone atau iPad, bukan lagi Prespective Zoom : On atau Off seperti di iOS 8.

13. Ubah Pengisi Suara dari Siri


Sekarang kalian dapat mengubah pengisi suara dari Siri di iOS 9. Mau suara wanita atau pria. Jadi, kesannya kalian mendapat asisten pribadi secara nyata. Cara gantinya adalah Settings > General > Accessibility > Voiceover > Speech > Default Dialect. Perlu kalian ketahui, untuk mengganti pengisi suara dari Siri kalian akan diminta untuk mendownload suaranya terlebih dahulu. Jadi, sediakan koneksi yang bagus ya.

14. Show Lowercase Keys


Apple telah merombak tampilan keyboard yang akan menampilkan icon huruf kecil di keyboard ketika Shift Keys telah tidak dalam keadaan aktif dan huruf kapital akn muncul ketika Shift Key aktif. Apabila hal tersebut sedikit menggangu kalian atau membuat bingung, kalian dapat mematikannya dengan cara Settings > General > Accessibility > Keyboard kemudian switch off Show Lowercase Keys.

15. Content Blocker


Di iOS 9, Apple memperbolehkan developer untuk membuat sebuah ekstensi untuk memblokir konten. Jadi, dalam menu Settings kalian dapat mengaktifkan fungsi Content Blocker atau mematikannya.


Seperti yang dilihat diatas, dengna iOS 9 kalian dapat lebih leluasa untuk mengontrol iPhone atau iPad. Jangan lupa terus pantau Applenesian untuk informasi menarik lainnya mengenai iOS 9. Terima kasih.

Disqus Comments