Jumat, 19 Juni 2015

Hal-Hal Baru yang Ada di Aplikasi Note iOS 9


Dalam iOS 9, Apple menambahkan beberapa fitur untuk aplikasi Note di iOS 9, fitur baru tersebut termasuk formatting, support dan masih banyak lainnya. Berikut adalah beberapa hal baru yang ada di aplikasi Note iOS 9.

1. Toolbar Baru di Bagian Bawah


Aplikasi Note iOS 9 mendapatkan toolbar baru selain compose dan delete. Sekarang Apple menambahkan toolbar baru di aplikasi Notenya tersebut, seperti memasukkan sketsa, foto atau video ke dalam Note yang sedang pengguna tulis.

2. Folder Support


Mulai dari iOS 9, sekarang pengguna dapat membuat folder di aplikasi Note untuk mengatur letak atau menentukan kategori dari sebuah Note yang mereka miliki. Ketika pengguna membuat folder, sebelumnya akan diberikan pilihan apakah ingin menyimpannya folder tersebut di iCloud atau di iPhone/iPad miliknya.

Tidak hanya itu, Apple menambahkan gesture di aplikasi Note iOS 9. Contohnya begini, pengguna dapat memindahkan sebuah catatan yang dibuat olehnya dengan mengusap layar dari kiri ke kanan pada catatan yang dipilih. Setelah itu akan muncul pilihan "Move" atau "Delete".


3. Format Text yang Dapat Diubah


Akhirnya di iOS 9, Apple menambahkan pilihan formatting text, seperti bold, underline dan italic. Wups tidak hanya itu, pengguna juga dapat membuat sebuah judul dengan style Heading dan artikel dalam bentuk Body. Yang kerennya lagi kalian dapat memasukkan bullet list atau check list untuk membuat sebuah to do list dan task ke dalam catatan. Cukup keren bukan? Oh iya untuk membuka pilihan text formatting ini cukup dengan menekan tombol "+" kemudian tap "Aa" untuk melihat format text yang dapat diubah.

4. Tambahkan Maps, URL dan Konten Lainnya ke dalam Catatanmu


Sekarang aplikasi Note di iOS 9 memiliki ekstensi share yang dapat digunakan untuk pengguna memasukkan beberapa konten, seperti Maps, URL dan konten lainnya tanpa harus berpindah-pindah aplikasi. Untuk menggunakannya cukup mudah, pengguna cukup memilih share pada aplikasi yang sedang digunakan lalu pilih ekstensi Note untuk menyimpan konten ke dalam catatan yang sedang dibuat.

5. Tambahkan Foto dan Video Secara Cepat ke dalam Note


Sebelumnya dalam iOS 8 pengguna dapat menambahkan foto, video dan gambar gif ke dalam catatannya dan sekarang ini pengguna dapat menambahkan foto dan video ke dalam catatan mereka dengan mudah. Untuk menambahkannya, tap dan tahan beberapa detik sampai muncul 3 pilihan "Photo Library" untuk memasukkan foto dari galeri foto, "Take Photo or Video" untuk mengambil foto atau video dari kamera iPhone/iPad, dan "Cancel" yang tentunya untuk membatalkan.

6. Browse Attachment


Punya banyak catatn dengan konten gambar, video atau lainnya di dalamnya? Mungkin akan terasa sulit untuk menemukannya, tapi tenang di aplikasi Note iOS 9 hadir fitur Attachment Browser. Jadi, pengguna dapat mencari file yang sudah dimasukkan ke dalam catatannya dengan mudah tanpa harus membuka catatannya satu persatu.

7. Membuat Tombol Checklist Lebih Mudah Di Catatanmu


Untuk membuat Checklist di catatanmu, cukup dengan menekan tombol "+" untuk memunculkan toolbar . Setelah itu pilih "ikon checklist" dan mulailah membuat checklist yang diinginkan. Fitur ini cocok digunakan untuk pengguna yang memiliki daftar hal-hal yang harus dilakukan yang bahasa kerennya to do list. Azzek.



8. Membuat Sketsa di Catatanmu? Bukan Hal yang Sulit


Dengan aplikasi Note di iOS 9 bukan hal yang tidak mungkin pengguna dapat menambahkan sebuah sketsa di catatannya. Untuk menggunakannya caranya cukup mudah, dengan menekan ikon sketch pada toolbar bagian bawah. Kemudian, pengguna akan diberikan tiga pilihan alat, yaitu pulpen, pensil, spidol atau penghapus dan sebauh penggaris apabila ingin membuat garis lurus dengan mudah. Sekarang mulai lah membuat sketsa apapun sesuka hati.

9. iCloud Sync

Jika pada saat ini aplikasi Note saling berbagi data dengna menggunakan sistem berbasis IMAP, maka untuk aplikasi Note iOS 9 Apple menggunakan iCloud untuk menyimpan catatan pengguna. Hal tersebut juga dapat memudahkan pengguna untuk mengakses catatan miliknya di perangkat Apple yang telah terhubung dengan iCloud pengguna.

Bagaimana menurut kalian dengan fitur baru di aplikasi Note iOS 9? Berikan komentarmu ya. Terima Kasih.

Baca Juga
Disqus Comments