Rabu, 17 Juni 2015

iOS 9 Hadirkan 6 Digit Passcode dan Two Factor Authentication


Ketika iOS 9 diperkenalkan di WWDC 2015, yang secara umum terjadi peningkatan kualitas dan keamanan untuk perangkat iOS. Dalam iOS 9, Apple memberikan fitur keamanan tambahan untuk pengguna perangkat iOSnya, seperti 6 digit passcode dan two factor authentication. Selanjutnya mari kita simak di penjelasan di bawah ini.

1. 6 Digit Passcode


Mulai iOS 9, Apple merombak digit dari passcode menjadi 6 digit. Jika sebelumnya pada iOS 8, Apple hanya menghadirkan 4 digit untuk passcode. Hal tersebut dimaksudkan untuk membuat pencuri atau tangan tidak bertanggung jawab menggunakan perangkat iOS pengguna tanpa izin dan meningkatkan kombinasi passcode dari 10.000 di iOS 8 menjadi 1 juta di iOS 9. Apabila kalian merasakan fitur keamanan ini tidak simple, Apple masih tetap menghadirkan fitur 4 digit passcode, hanya saja ketika kalian melakukan setting pertama kali untuk passcode yang hadir adalah 6 digit bukan 4 digit. Untuk mengakses passcode, pengguna dapat masuk ke Settings > Touch ID & Passcode > Change Passcode.

2. Two Factor Authentication


Sebenarnya fitur Two Factor Authentication sudah ada sejak tahun 2013 untuk Apple ID, dan menjalar ke iCloud dan beberapa servis lainnya. Untuk sekarang Apple akan melakukan expand fitur tersebut pada iOS 9 dan OS X 10.11.

Dengan adanya fitur two factor authentication di iOS 9 dan OS X 10.11 akan memungkinkan pengguna untuk memantau aktifitas login dari perangkatnya. Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa pengguna akan mendapatkan notifikasi konfirmasi dari aktifitas Login Apple ID di perangkat iOS 9. Dalam konfirmasi tersebut pengguna dapat memilih "Allow" dan "Dont Allow" dan lokasi dimana aktifitas login tersebut juga akan muncul.

Rootless? Adakah?

Menurut Rumornya, iOS 9 akan hadir dengan kernel terbaru yang disebut Rootless. Dikabarkan Rootless ini akan dapat meningkatkan data sensitif di perangkat iOS, keamanan ekstensi dan mencegah malware. Fitur ini dikabarkan juga dapat membuat iOS 9 susah untuk di jailbreak.

Bagaimana menurut kalian dari fitur keamanan di iOS 9 ini? Yuk berikan komentarnya. Terima kasih.

Disqus Comments