Senin, 15 Juni 2015

iOS 9 Hadirkan Fitur Quick Reply untuk Aplikasi Pesan Favoritmu


Fitur Quick Reply memang sudah diperkenalkan oleh Apple di iOS 8 dengan Interactive Notifications-nya, fitur tersebut memungkinkan pengguna dapat secara cepat untuk membalas pesan dengan melakukan swipe layar ke bawah atau ke kiri dari banner notifikasi. Kemudian tap pada Reply di banner notifikasi.

Sayangnya fitur Quick Reply di iOS 8 hanya dapat digunakan di aplikasi pesan bawaan Apple, dikarenakan Apple tidak mengimplementasikan pilihan untuk 'text input action'.

Seperti yang dikatakan oleh Rounak pada WWDC 2015. Apple memperkenalkan User Notifications Text Input di iOS 9 untuk developer. Hadirnya fitur baru tersebut dapat memungkinkan para developer untuk mengimplementasikan fitur Quick Reply di aplikasi pesan milik mereka, seperti : Facebook Messenger, WhatsApp, LINE, dan lain-lainnya.


Apabila saat ini kalian telah menggunakan iOS 9 Beta untuk Developer, kalian tidak akan menemukan fitur Quick Reply ini sampai iOS 9 Golden Master dirilis ke publik pada musim gugur tahun ini. Golden Master ini adalah sebutan untuk versi final dari update software yang telah dipublikasikan, sehinggan developer dapat melakukan submit aplikasi ke App Store.

Jika perangkat iOS yang kalian gunakan sekarang sudah dalam kondisi di jailbreak, maka dapat mencoba tweaks Couria, Nuntius, Enveloper dan QuickReplier for Viber yang menawarkan fitur Quick Reply dari aplikasi pesan yang favorit sekarang. Couria akan memberikan fitur Quick Reply dan Quick Compose untuk aplikasi pesan, Nuntius untuk WhatsApp, Envelope untuk Telegram dan Quick Replier for Viber untuk aplikasi Viber.

Bagaimana menurut kalian dengan fitur Quick Reply di iOS 9 ini? Berikan komentarnya ya. Terima kasih.

Disqus Comments