Minggu, 21 Juni 2015

Mengenal Lebih Dekat Apple Wallet dan Apple Pay di iOS 9


Di iOS 9, Apple membuat perubahan untuk Apple Pay dan aplikasi iOS yang dapat atau support untuk menggunakan layanan terbaru dari Apple Pay seperti Reward Card. Kira-kira apa saja ya perubahan dari Apple Pay di Generasi iOS berikutnya? Lets find out.

Nama Baru untuk Passbook


Dalam iOS 9 Apple merubah Passbook, sebuah aplikasi yang digunakan sebagai media untuk penyimpanan kartu menjadi Apple Wallet yang difokuskan untuk kebutuhan finansial dari pengguna. Dengan layanan ini pengguna dapat menemukan dan menyimpan kartu kredit yang dimililikinya. Tidak hanya itu dengan Apple Wallet ini pengguna dapat menyimpan tiket, boarding pass, dan lain-lainnya.

Loyalty dan Reward Card


Apple memperbolehkan pengguna iOS 9 untuk menambahkan reward card atau hal yang berkaitan untuk Apple Pay. Dengan kartu tersebut, pengguna akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti bonus cash, cashback dan keuntungan lainnya dari toko yang berpartisipasi dalam program reward tersebut. Beberapa toko yang support dengan reward untuk Apple Pay adalah Walgreens Balance Rewards, Kohl’s Yes2You Rewards, Dunkin’ Donuts Perks, Coca-Cola, Panera Bread, dan Wegmans Food Markets.

Store Card Support

Ketika beberapa toko ada yang menawarkan pelanggan yang berbelanja di tokonya dengan diskon di setiap pembeliannya. Maka, di iOS 9 Apple memperbolehkan pengguna untuk menyimpan store card (kartu toko) di Apple Pay miliknya. Beberapa penyedia store card yang sudah support untuk Apple Pay adalah BJ's Wholesale Club, Kohl's Departement dan JCPenney.

Discover Card Support


Mulai musim gugur tahun ini yang bertepatan dengan rilisnya versi final dari iOS 9. Apple memperbolehkan pengguna untuk menambahkan Discover Card di Apple Pay mereka. Jadi, sekarang Apple Pay sudah support untuk penyedia kartu kredit yang bisa dibilang cukup besar, seperti Visa MasterCard dan American Express khusunya di wilayah Amerika Serikat.

Akses Cepat ke Apple Wallet

Pengguna iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang berjalan sistem operasi iOS 9 dapat secara cepat berpindah dari lock screen ke Apple Wallet hanya dengan menakan Touch ID sebanyak dua kali. Hal tersebut tentunya memudahkan, sehingga tidak perlu membuka kunci iPhone untuk membuka Apple Wallet.

Ekspansi ke Global

Dalam WWDC 2015 yang diadakan 8 Juni lalu. Apple menyatakan akan mengekspansi Apple Pay ke Inggris. Hal tersebut di wujudkan oleh Apple dengan bekerja sama dengan bank-bank besar dan toko-toko yang ada di negara tersebut. Kemudian terdapat rumor-rumor yang berkaitan dengan ekspansi Apple Pay ke wilayah Amerika Utara (Kanada). Dalam rumor tersebut dikabarkan bahwa Apple sedan melakukan negosiasi dengan Royal Bank of Canada, Bank of Nova Scotia dan bank Kanada lainnya.

Walaupun sampai saat ini Apple Pay masih belum 'mendarat' di Indonesia. Tidak ada salahnya kan mengetahui informasinya terlebih dahulu. Kali-kali aja setelah Inggris, Indonesia masuk ke daftar list Apple untuk mengekspansi layanan Apple Paynya.

Baca Juga :
Disqus Comments