Jumat, 05 Juni 2015

Tips Mengisi Ulang Baterai iPhone Secara Cepat


Ketika kita melakukan pengisian ulang dari baterai iPhone secara regulernya pastikan akan memakan waktu yang cukup lama sampai baterai terisi penuh. Beberapa user pastinya pernah melakukan pengisian ulang baterai semalaman penuh, walaupun hal ini tidak terlalu dianjurkan karena dapat berdampak pada panasnya baterai. Sebenarnya ada cara untuk menghemat waktu pengisian ulang baterai iPhone kalian. Mau tau? Check this out.

1. Lakukan Pengisian Ulang Langsung dari Chargernya bukan dari USB Port


Salah satu hal yang paling banyak digunakan user iPhone adalah mengisi ulang baterai dari USB Port. Hal ini memang tidak apa-apa tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu : Port USB 1.0 atau USB 2.0 mempunyai kemampuan untuk menyalurkan daya 0,5 A dan untuk port USB 3.0 mempunyai kemampuan menyalurkan daya sebesar 0.9 A. Sedangkan, charger iPhone kalian dapat menghantarkan daya sebesar 1 A. Jadi, sebaiknya hindari pengisian ulang dari USB Port karena dapat memakan waktu yang lama atau bisa-bisa iPhone terjadi bottleneck antara arus yang keluat dan arus yang masuk.

Untuk pengguna New Macbook Air, terdapat kemungkinan kalian dapat melakukan pengisian ulang di perangkat tersebut karena port USB-C dari Macbook tersebut dapat menghantarkan daya 12.A.


2. Gunakan Charger iPad?


Apabila kalian memiliki charger iPad, mungkin charger tersebut dapat digunakan untuk mengisi ulang dari baterai iPhone kalian secara cepat. Karena faktanya charger iPad mempunyai kemampuan untuk menghantarkan daya sebesar 2.1 A, dua kali lebih besar dibandingkan charger iPhone pada umumnya.

Mau coba tapi takut? Tenang aja, karena dalam beberapa pengujian pengisian ulang melalui charger iPad yang dilakukan di iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5S dan perangkat dibawah itu ditemukan bahwa waktu yang dibutuhkan pengisian ulang lebih cepat menggunakan charger iPad dan cocok untuk iPhone. Dalam test tersebut didapatkan hasil, yaitu : iPhone 6 Plus ketika mengisi ulang baterai sampai full memakan waktu 2 Jam 30 Menit dengan charger iPad, sedangkan charger iPhone 3 Jam 45 Menit.

3. Gunakan Kabel dan Kepala Charger Yang Original


Ketika kalian ingin membeli kabel lightning dan kepala charger untuk iPhone pastikan original (disertifikasi oleh Apple) ya, karena hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan baterai device dan waktu pengisian baterai.

Beberapa charger KW atau palsu hanya menyalurkan daya setengah daripada kabel original. Hal tersebut tentunya akan membuat pengisian ulang baterai lebih lama daripada biasanya. Kemudian dampak selanjutnya ketika kalian menggunakan charger iPhone bukan original, maka iPhone kalian akan terus memunculkan notifikasi bahwa kabel atau charger yang kalian gunakan bukan produk yang disertifikasi oleh Apple alias original.


4. Jangan Menggunakan iPhone ketika Proses Pengisian Ulang Baterai Berlangsung

I have no words for this part, karena pastinya kalian tahu alasan untuk tidak menggunakan iPhone pada saat melakukan charging. Saya menyarankan untuk menggunakan mode Airplane ketika kalian tidak membutuhkan iPhone atau gunakan koneksi Wi-Fi dan mematikan data cellular.

Kira-kira itu saja sih beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk mempercepat pengisian ulang baterai iPhone. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk follow twitter Applenesian di @Applenesian. Terima Kasih.

Baca Juga Cara Menghemat Penggunaan Baterai di iOS 8
Disqus Comments