12 Tips Penggunaan Cydia yang Wajib Diketahui

Jika kalian sudah lama di dunia jailbreak iOS maka tentunya mengetahui aplikasi yang bernama Cyd...


Jika kalian sudah lama di dunia jailbreak iOS maka tentunya mengetahui aplikasi yang bernama Cydia. Yap dengan aplikasi tersebut jailbreaker dapat menginstall tweaks dan aplikasi jailbreak. Contohnya seperti Winterboard, Activator, AFC 2, BytaFont2 dan lain-lainnya.

Ternyata dalam penggunaan Cydia ada beberapa yang harus kita ketahui. Berikut ulasannya.

1. Cara untuk Me-Refresh Cydia

Jika kalian membuka Cydia, secara otomatis akan melakukan refresh untuk mendapatkan informasi apakah ada package yang baru atau tidak dan mengecek apakah ada versi terbaru dari Cydia.

Selain secara otomatis, kalian dapat me-refresh Cydia secara manual. Caranya..
a). Buka tab Changes yang berada di bawah aplikasi Cydia.
b). Tap pada Refresh
c). Kemudian akan muncul icon loading di tab Sources yang menandakan bahwa Cydia sedang melakukan refresh.

2. Memperbaiki Slow Repo

Terkadang proses Refresh akan memakan waktu yang lama dikarenakan ada beberapa repo yang lambat. Untuk melakukan pengecekan repo mana yang lambat tersebut kalian dapat tap pada Sources pada saat proses refresg berlangsung.

3. Pencarian Lanjut

Ketika kalian melakukan aktifitas pencarian di Cydia tentunya Cydia akan memberika search suggestion. Namun, search suggestion yang diberikan oleh Cydia terasa kurang. Jadi, untuk menampilkan semua hasil pencarian dari kata kunci yang telah diketik, kalian cukup menekan tombol Search di keyboard.

4. Memunculkan atau Menyembunyikan Package

Males ngeliat tema, ringtones atau package lainnya yang terbaru di Cydia pada tab Sources? Tenang kalian dapat menyembunyikan package-package terbaru yang tidak ingin kalian liat di Cydia. Berikut caranya.
a). Buka Cydia. Kemudian tap pada tab Sources yang berada di bawah aplikasi.


b). Pilih All Sources. Kemudian pilih Edit yang berada di pojok atas kanan.


c). Sekarang kalian tinggal memilih mana package yang tidak ingin kalian tidak ingin lihat. And magic happen.

5. Menambahkan atau Menghapus Repo

Beberapa tweaks atau aplikasi jailbreak memerlukan repo, dikarenakan tidak tersedia secara langsung dari Cydianya. Oleh karena itu, kalian perlu menambahkan repo untuk mendapatkan package dari tweaks atau aplikasi yang akan di install. Berikut cara untuk menambahkan repo di Cydia.
a). Buka Cydia. Kemudian tap pada tab Sources.
b). Tap Edit yang berada pada pojok kanan atas. Kemudian pilih Add.


c). Sekararang masukkan url dari repo tanpa http:// diikuti dengan menekan tombol Add Source. Cydia akan memasukkan dan mengambil package dari repo tersebut.

Untuk menghapus repo caranya cukup mudah, kalian cukup usapkan layar ke arah kiri dari repo yang telah dipilih diikuti dengan menekan Delete. Cydia akan melakukan refresh dari Sources.

6. Memantau Update Package yang Sudah Terinstall

Dalam tab Changes, Cydia akan menampilkan semua update dari package tweak atau aplikasi terbaru. Jika dirasa cukup mengganggu, kalian dapat mengubah pengaturan Cydia agar hanya menampilkan update dari package yang telah di install, Langkah-langkah pengubahan pengaturannya bisa mengikut cara berikut.


a). Buka sebuah package dari Cydia
b). Kemudian pilih Change Package Settings
c). Setelah itu, aktifkan Show All Changes

7. Abaikan Update untuk Package yang Sudah Terinstall

Apabila kalian tidak ingin melihat update dari package yang sudah terinstall caranya cukup mudah kok. Berikut hal yang harus kalian lakukan.
a). Buka package yang sudah terinstall
b). Kemudian pilih Change Package Settings
c). Setelah itu, aktifkan Ignore Upgrades

8. Membuat Antrian untuk Package yang akan Diinstall atau Dihapus

Ingin menginstall tweak atau aplikasi jailbreak tanpa harus menunggu sampai satu package selesai terinstall, karena dengan Cydia kalian dapat membuat antrian dari aplikasi yang ingin di install, update atau remove. Berikut caranya.


a). Bukan package dari Cydia
b). Pilih Install atau Remove
c). Sekarang tap pada Continue Queuing diikuti dengan memilih Confirm
d). Package yang kalian masukin daftar tunggu akan masuk ke dalam tab Installed dan Cydia akan menginstall atau menghapus.

9. Melihat Tweak yang Baru Diinstall

Untuk mengetahui tweak yang baru dinstall oleh kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut.


a). Buka Cydia. Kemudian pilih tab Installed
b). Pada tab Installed pilih Recent
c). Sekarang kalian dapat melihat tweaks yang baru di install

10. Menambahkan Sumber dari Package

Selain repo kalian dapat menambahkan source dari package lain yang ada di Cydia. Untuk menambahkan source lain dari Cydia kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
a). Buka Cydia
b). Tap pada More Package Sources
c). Pilih source yang ingin di tambahkan diikuti dengan Install.

11. Melihat Package yang ada dari Suatu Source

Jika tab Changes akan menampilkan semua package dari semua repository yang telah kalian tambahkan, maka untuk melihat package yang ada di source kalian dapat mengikut langkah-langkah berikut.
a). Buka Cydia. Kemudian pilhi Sources.
b). Tap pada Source yang dipilih
c). Daftar package yang ada di dalam Source yang telah dipilih tadi akan muncul

12. Nonaktifkan Cydia Substrate untuk Memperbaiki Boot Loop

Mungkin ada beberapa tweak yang tidak cocok untuk perangkat atau iOS yang sekarang kalian gunakan. Jika hal tersebut terjadi akan menyebabkan boot loop atau masalah lainnya. Untuk mengatasi tersebut kalian harus menonaktifkan Cydia Substrate agar fungsi dari tweak tidak akan berjalan setelah perangkat iOS di reboot/restart. Berikut langkah-langkah menonaktifkan Cydia Substrate.
a). Ketika perangkat iOS sedang melakukan reboot, tekan dan tahan tombol Volume up
b). Semua tweak yang bergantung dengan Cydia Substrate akan dinonaktifkan setelah proses reboot selesai.
c). Setelah selesai reboot. Kalian buka Cydia dan hapus tweak yang bermasalah tadi.

Untuk mengaktifkan kembali Cydia Substrate kalian cukup melakukan reboot perangkat iOS tanpa harus menekan tombol Volume up.

Kira-kira itulah tips-tips yang dapat bermanfaat ketika menggunakan Cydia. Yuk kirimkan opini kalian apabila memiliki tips yang bermanfaat lainnya. Terima Kasih.

Baca JugaYang Harus Dilakukan Setelah Melakukan Jailbreak

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Apple Event,31,Apple HomeKit,1,Apple Pay,12,Apple TV,9,Apple Watch,61,Applenesian Story,1,Best Apps,11,Buyers Guide,1,Campaign,4,Compare,12,Discount iOS Apps,1,Downgrade iOS,8,Download iOS,4,Download Jailbreak Tool,3,iMac,6,iOS 10,18,iOS Apps,41,iOS News,81,iPad,22,iPhone,78,iPhone 7,24,iPod,2,Jailbreak iOS,20,Jailbreak News,25,Macbook,20,macOS,4,News,125,Paid to Free Apps,7,Pokemon Go,10,Promotion,1,Review,1,Samsung,12,SSH Blobs,4,Tips and Trick,42,Troubleshooting,37,Tutorial,57,Tweak Jailbreak,12,Upgrade iOS,13,Wallpaper,1,Watch Apps,2,watchOS,4,
ltr
item
Applenesian: 12 Tips Penggunaan Cydia yang Wajib Diketahui
12 Tips Penggunaan Cydia yang Wajib Diketahui
http://1.bp.blogspot.com/-P7TUxxf7X6Y/VZTem5lYtsI/AAAAAAAAEok/_cHtcwdU5IQ/s320/cydia-ios-8.png
http://1.bp.blogspot.com/-P7TUxxf7X6Y/VZTem5lYtsI/AAAAAAAAEok/_cHtcwdU5IQ/s72-c/cydia-ios-8.png
Applenesian
http://www.applenesian.com/2015/07/12-tips-penggunaan-cydia-yang-wajib-diketahui.html
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/2015/07/12-tips-penggunaan-cydia-yang-wajib-diketahui.html
true
7556057504832107625
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy