Minggu, 19 Juli 2015

Cara Jailbreak iPod Touch Generasi 6 Menggunakan TaiG


Salah satu hal yang mungkin kalian pikirkan ketika nanti membeli iPod Touch Generasi terbaru milik Apple adalah "Apakah iPod ini bisa dijailbreak?". Jawabannya adalah "Tentu saja bisa". Seperti yang saya dapatkan informasinya dari beberapa situs yang mengindikasikan bahwa mereka telah berhasil melakukan jailbreak iPod Touch Generasi 6 miliknya. Mereka menyarankan untuk menggunakan TaiG (Pengguna Windows) dan PP Jailbreak (Pengguna Mac). Ingat ya selalu gunakan versi terbarunya.


Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kalian lakukan untuk Jailbreak iPod Touch Generasi 6 menggunakan TaiG. Check this out.

Note : Untuk pengguna Mac kalian dapat mengikuti langkah-langkahnya di Cara Jailbreak iOS 8.4 di iPod Touch dengan PP Jailbreak Mac

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan dan Diketahui Sebelum Jailbreak

1. Jailbreak status : Untethered. Apabila kalian tidak tahu apa Untethered itu, Silahkan baca artikel : Apa itu Tethered Jailbreak, Semi-Tethered Jailbreak dan Untethered Jailbreak?

2. Backup perangkat iOS kalian dengan menggunakan iTunes atau iCloud. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukan proses jailbreak.

Untuk tutorial backupnya bisa lihat di artikel berikut Cara Backup Data Menggunakan iCloud atau Cara Backup Data Menggunakan iTunes

3. Matikan Antivirus atau Firewall yang dapat memblokir PP Jailbreak untuk mengakses internet. Beberapa antivirus mungkin akan menganggap tools jailbreak ini sebagai virus, tenang itu hanya false alarm.

4. Nonaktifkan "Find My iPhone". Caranya : Settings > iCloud > Find My iPhone. Sekalian Sign out terlebih dahulu iCloud kalian.

5. Nonaktifkan Passcode dan Touch ID. Caranya : Settings > Touch ID & Passcode atau Passcode.

6. Pastikan perangkat iOS kalian berjalan sistem operasi iOS 8.4. Untuk membantu kalian mengecek versi iOS bisa baca artikel berikut Cara Mengecek Versi iOS di iPhone, iPad atau iPod Touch.

7. Aktifkan Airplane Mode di iPhone, iPad atau iPod Touch melalui Control Center.

Proses Jailbreak

1. Udah melakukan backup kan ya? Kalo udah yuk lanjut ke step 2. Kalo belum monggo di update dulu atuh.

2. Download tool TaiG jailbreak di link berikut (Usahakan yang paling terbaru). Setelah download extract atau unzip menggunakan aplikasi extractor, seperti Winrar atau WinZip.

3. Hubungkan perangkat iOS dengan komputer atau laptop.

4. Jalankan tools TaiG dengan "Run as Administrator". Caranya dengan klik kanan di tools TaiG, kemudian pilih Run as Administrator dan Yes.

5. Tools TaiG akan terbuka, tunggu beberapa saat untuk tools TaiG mendeteksi perangkat iOS kalian.

6. Setelah proses deteksi selesai. tools TaiG akan memberikan informasi firmware dan tipe perangkat yang saat ini kalian gunakan. Sekarang, unchecklist 3K Assistant 2.3.0 (TaiG App Store) yang letaknya berada di bawah Cydia 1.1.22.

7. Klik tombol berwarna hijau untuk memulai proses Jailbreak. Tunggu beberapa saat, kira-kira 20-30 menitlah paling lama.

8. Setelah jailbreak sukses, perangkat iOS kalian akan melakukan reboot secara otomatis. Setelah proses jalbreak selesai maka Cydia akan muncul di Homescreen dan tools TaiG juga akan memberikan informasi bahwa jailbreak telah sukses dilakukan.



Troubleshoot Jailbreak


1.  Error  "Apple Driver has not been found please download and install iTunes"
Apabila saat proses jailbreak kalian menemukan tulisan error "Apple Driver has not been found please download and install iTunes". Hal ini disebabkan spesifikasi kartuf grafis yang digunakan komputer atau laptop kalian sudah lama. Untuk memeperbaikinya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
a). Download iTunes versi 12.1.2 di link berikut

b). Backup iTunes Library kalian.

c). Uninstall iTunes versi sekarang, kemudian install kembali dengan versi yang telah di download tadi.

d). Setelah proses install berhasil. Lakukan kembali proses jailbreaknya.

2. Proses Jailbreak Stuck di 20%
Beberapa pengguna melaporkan mengalami stuck di 20% pada saat proses jailbreak dilakukan. Apabila kalian mengalami hal yang sama, maka cobalah solusi berikut.
a). Download iTunes versi 12.0.1 di link dibawah ini

b). Backup iTunes Library kalian.

c). Uninstall iTunes. Kemudian install kembali ke versi 12.0.1

d). Setelah proses instalasi berhasil. Silahkan coba kembali untuk melakukan jailbreak terhadap perangkat iOS kalian.

3. Proses Jailbreak Stuck di 60%
Untuk mengatasi masalah error pada saat melakukan jailbreak di presentase 60%. Kalian dapat melakukan reboot iPod Touch kalian kemudian lakukan kembali proses jailbreak dengan menjalankannya via "Run as Administrator" di aplikasi TaiGnya.

4. Apabila cara diatas tidak dapat memperbaiki kendala kalian dalam proses jailbreak. Saya menyarankan untuk melakukan restore ulang ke iOS 8.4. Setelah melakukan restore ulang buka 1-3 aplikasi bawaan. Sudah? Baru kalian lakukan langkah di atas kembali ya. Perhatikan langkah-langkah persiapannya terlebih dahulu ya.

Post Jailbreak

Kurang kengkap rasanya kalo iPod yang di jailbreak tanpa kehadiran tweaks dan aplikasi jailbreak. Sebelum menginstallnya kalian harus mengecek apakah tweak tersebut dapat berjalan di iOS 8.4. Kalian bisa lihat di link berikut untuk daftar lengkapnya.

Kalian dapat melihat tutorial jailbreak iPod Touch Generasi 6 di video berikut
Sukses melakukan jailbreak di iPod Touch mu? Yuk berikan komentarnya. Apabila kalian punya pertanya silahkan tanyakan di Twitter @Applenesian atau tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih.
Disqus Comments