Minggu, 12 Juli 2015

Cara Menampilkan Lirik Lagu di Notification Center iPhone dan iPad


Mau karokean dari iPhone atau iPad kalian? Gampang banget, kalian cukup menggunakan aplikasi yang bernama Musixmatch. Musixmatch merupakan aplikasi yang akan menampilkan lirik lagu berdasarkan tempo dari lagu tersebut. Jadi, kalian bisa berkaroke ria tanpa harus repot-repot mencari liriknya. Jika untuk mendapatkan informasi lirik dari lagu yang sedang diputar kalian perlu membuka aplikasi tersebut, tapi bagaimana jika kalian tidak ingin membuka aplikasi Musixmatch ketika ingin melihat lirik lagu? Gampang kok, kalian cukup mengikuti langkah-langkah instalasi sampai mengaktifkannya di Notification Center.

Instalasi Musixmatch

Langkah pertama yang harus kalian lakukana dalah menginstall Musixmatch di iTunes atau App Store. Setelah itu kalian dapat membuka aplikasi Musixmatch. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk melakukan sinkronisasi dari lagu yang kalian punya dari akun iTunes, identifikasi lagu seperti aplikasi Shazam, fitur "Explore" yang akan menemukan lagu dari Youtube atau Spotify apabila kalian tidak dapat menemukan lagu dari sumber manapun dan masih banyak lainnya.

Nah, untuk dapat menampilkan lirik lagu di Notification Center kalian cukup mengikuti langkah berikut ini.

1. Setelah sukses download aplikasi Musixmatch ini, kalian swipe pada bagian layar atas ke bawah untuk menampilkan Notification Center.

2. Sekarang posisikan layar kalian pada tab "Today", kemudian skrol layar ke bawah sampai menemukan toimbol Edit. Kalian akan menemukan "New Widget Avaliable". Sekarang tap pada Edit untuk membuka menu widget tersebut.


3. Setelah itu, kalian akan masuk ke widget menu. Sekarang cari widget Musixmatch. Lalu, tap pada tombol "+" yang letaknya disebelah tulisan Musixmatch.


4. Untuk mengatur tata letak dari widget Musixmatch kalian dapat melakuakn drag and drop sesuka hati kalian pada bagian atas.

Melihat Lirik Lagu di Notification Center

Setelah kalian sukses menambahkan widget Musixmatch di Notifcation Centet. Sekarang kalian buka aplikasi Music atau Apple Music lalu putar sebuah lagu. Swipe ke arah bawah dari bagian layar atas iPhone atau iPad kalian untuk menampilkan Notification Center dan lirik pun akan muncul disana. Selamat berkaroke ria ya..


Mencari Lirik Lagu

Kalian tidak perlu memutar sebuah lagu untuk menampilkan lirik lagu karena kalian dapat menggunakan fitur Search yang dapat diakses melalui Notification Center.


Setelah kalian klik tombol Search tersebut, akan terbuka aplikasi Musixmatch. Sekarang yang harus kalian lakukan adalah mengetik nama artis atau nama lagu  yang ingin kalian lihat.


Dengan aplikasi dan widget Musixmatch ini kalian tidak perlu repot-repot lagi mencari lirik lagu dari Google atau Youtube. Semoga tutorial ini bermanfaat. Terima Kasih.
Disqus Comments