Minggu, 19 Juli 2015

Khawatir Pembajakan, Apple Tidak Memperbolehkan iPod Nano dan Shuffle Menyimpan Lagu dari Apple Music


Jika Apple telah merilis iPod Touch Generasi Keenam baru-baru ini dengan performa dan fitur yang lebih baik dan banyak daripada generasi sebelumnya. Bersamaan itu, Apple juga merilis iPod Nano dan Shuffle terbaru minggu-minggu ini. Tap sayangnya, iPod Nano dan Shuffle yang baru akan dirilis ini tidak dapat digunakan untuk menyimpan lagu dari Apple Music.

Menurut 9to5Mac dalam artikelnya mengatakan, alasan Apple tidak mengizinkan iPod Nano dan Shuffle untuk menyimpan lagu Apple Music via iTunes dikarenakan khawatir akan pembajakan yang dilakukan oleh penggunanya setelah masa percobaan gratis Apple Music usai. Apabila kalian memaksakan tetap mentransfer lagu dari Apple Music ke iPod, maka kalian akan mendapatkan pesar error "some of the items in the iTunes library were not copied to the iPod because Apple Music songs cannot be copied to an iPod".


Tentu saja, kalian masih dapat melakukan sync music dari iTunes Library yang kalian beli dari iTunes Store ke iPod Nano dan Shuffle. Dikarenakan iPod Nano dan Shuffle ini tidak memiliki kemampuan Wi-Fi, maka kalian tidak dapat melakukan sinkronisasi lagu dari Apple Music via iTunes dengan konektivitas Wi-Fi (Alasan Kedua). Semua lagu Apple Music yang kalian simpan di iTunes tetap masih akan tersimpan setelah masa berlangganan Apple Music telah berakhir.

Apabila saat ini kalian adalah pengguna Apple Music di Mac, iPhone, iPad dan iPod Touch, Aplikasi Music di iOS dan iTunes masih dapat menyimpan dan mendengarkan lagu dari Apple Music secara offline asalkan masih dalam status berlangganan Apple Music. Akan tetapi semua lagu yang tersimpan di proteksi oleh DRM (Digital Right Managements) yang disebut FairPlay.

So? Apa harapan kalian dengan iPod Nano terbaru yang akan dirilis nanti? Wi-Fi kah?
Disqus Comments