Sabtu, 18 Juli 2015

Mengenal Lebih Dekat iPod Touch Generasi Keenam Apple


Apple telah merilis iPod Touch Generasi 6 dengan peningkatan performa dan fitur-fitur yang tidak ada di Generasi sebelumnya. Sebelum kalian membeli dan hadir di Indonesia, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai iPod Toucj Generasi 6 ini.

iPod Touch Generasi 6 ini hadir dengan menggunakan chip A8 64 bit yang sama dengan iPhone6 dan iPhone 6 Plus ditambah dengan chip M8 coprocessor. Selain itu, Apple juga menggandakan kapasitas RAM dari iPod Touch Generasi terbaru ini menjadi 1GB.

Oke, selain performa yang Apple tingkatkan ada beberapa bagian hardware yang ditingkatkan oleh Apple. Contohnya adalah kamera, Apple meningkatkan performa kameras iSightnya di iPod Touch Generasi 6 dari 5 megapiksel menjadi 8 megapiksel. Selain itu, Bluetooth 4.1, Wi-Fi 802.11 ac, dan pilihan kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB juga ditingkatkan Apple guna meningkatkan performa dari transfer data via Bluetooth dan akses Wi-Fi yang lebih cepat.

Jadi, buat yang pengen fitur multimedia dan gaming dalam satu buah device, iPod Touch Generasi 6 ini cocok untuk kalian. Performa? Gausah diragukan lagi. Fitur? Banyak. Masih kurang ya kira-kira penjelasannya? Oke kita langjut ke bagian selanjutnya

Model dan Harga



iPod Touch Generasi 6 ini memiliki enam pilihan warna, yaitu Silver, Space Grey, Blue, Gold, Pink,dan Gold. Warna Silver dan Space Grey menurut saya warna yang wajib ada ya untuk device milik Apple. Kemudian warna Gold hadir sebagai pilihan warna baru dan Apple menyediakan warna merah untuk Apple tapi bersifat eksklusif  (Tidak akan rilis di publik).

Untuk desain, Apple tetap menggunakan layar 4 inch yang sama dengan iPod Touch Generasi 5, ngga perlu kecewa karena Apple pasti punya alasan yang jelas mengapa tetap menggunakan ukuran layar tersebut untuk iPod Touch terbarunya tersebut. Dan juga jika kita lihat dari bagian belakang iPod Touch 5 dengan iPod Touch 6 tidak berbeda.

Dalam kapasitas penyimpanan Apple menghadirkan pilihan kapasitas penyimpanan mulai dari 16GB, 32 GB, 64GB dan 128GB. Besarnya kapasitas penyimpanan tentunya berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. So, pilih yang sesuai kebutuhan kalian. Berikut adalah harga iPod Touch Generasi 6 berdasarkan harganya.


Spesifikasi


Setelah melihat penjelasan singkat mengenai hardware dari iPod Touch 6 ini mari kita berbicara mengenai spesifikasinya yang dapat kalian lihat pada gambar berikut.


Benchmark


Dalam pengujian benchmark yang saya dapatkan informasinya dari iDownloadblog yang melakukan benchmark iPhone 6 Plus, iPod Touch Generasi 6 dan iPod Touch Generasi 5. Berikut adalah hasilnya

iPod Touch Generasi 6


iPod Touch Generasi 5


iPhone 6


Walaupun iPod Touch Generasi 6 dibekali dengan chip A8 yang sama dengan iPhone 6 Plus, tapi kecepatan prosesornya berbeda yang membuat performa kedua perangkat tersebut berbeda.Selain itu, kamera iSight 8 megapiksel milik iPod Touch Generasi 6 performanya tidak sebagus milik iPhone 6.yang memiliki 8 megapiksel juga.

iPod Touch Generasi 6 vs iPod Touch Generasi 5



Jika pada kamera iPod Touch Generasi 5 tidak terdapat fitur Slo Mo (120fps), maka iPod Touch Generasi 6 memiliknya. Walaupun tidak memiliki fitur yang sama dengan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, tapi iPod Touch Generasi 6 sudah cukup untuk memenuhi aktifitas memfoto kalian.

Karena dibekali dengan Chip A8 dengan Metal, membuat iPod Touch Generasi 6 memiliki performa yang ciamik dalam menjalankan game. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, iPod Touch Generasi 6 ini meload game lebih cepat.

Saran


Jika kalian menanyakan apakah iPod Touch Generasi 6 ini pantas atau tidak untuk dibeli. Semuanya tergantung kalian karena kebutuhan pengguna itu berbeda-beda. Saya sarankan untuk yang membutuhkan fitur multimedia dan gaming saya rasa iPod Touch ini pantas untuk dibeli, karena dibekali dengan performa yang cukup untuk memanjakan kalian dengan game hi-end.

Tapi, untuk kalian yang tidak bisa terlepas dari fungsi iPhone, maka saya menyarankan untuk memikirkan kembali. Karena perbedaan iPod dan iPhone salah satunya adalah kemampuan untuk menelpon.

Dan untuk kalian yang ingin mencoba perangkat iOS dengan budget yang minim, maka iPod Touch Generasi 6 ini dapat menjadi pilihan.

Thanks to iDownloadblog & DetroitBORG

Untuk melihat review dan unboxing dari iPod Touch Generasi 6 ini kalian dapat melihatnya di video dibawah ini.
Disqus Comments