Kamis, 23 Juli 2015

Persyaratan Apple yang Ketat Memicu Lambatnya Peluncuran Perangkat Berbasis HomeKIt


Sudah setahun setelah diumumkannya HomeKit oleh Apple, yang menjadi fokus perusahaan tersebut dalam menciptakan perangkat rumah pintar di masa depan, tapi sayangnya saat ini kemunculan perangkat tersebut mengalami hambatan.

Sampai saat ini, hanya beberapa perangkat berbasis HomeKit yang tersedia untuk dibeli/digunakan, mulai dari sensor sampai aksesoris. Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut laporan yang dibuat oleh Forbes baru-baru ini menyebutkan bahwa Apple memperketat persyaratan dari Bluetooth LE (Low Energy) sehingga membuat peluncuran dari perangkat berbasis HomeKit ini terhambat.

Dilaporkan juga, bahwa perangkat yang memiliki fungsi kunci mengalami lag atau delay sebelum benar-benar membuka kunci dari pintu. Dalam beberapa kasus, waktu yang dibutuhkan untuk menunggu sampai kunci terbuka adalah 40 detik, padahal seharusnya untuk membuka pintu tidak membutuhkan waktu selama itu. Malah ada laporan dari sumber yang tidak dikenal (Malu-malu nih), ia membutuhkan waktu sampai 7 menit untuk membuka kunci. Waduh..
“Such lag times render many of these devices useless. For example, a smartlock that makes its user wait 40 seconds before it opens is clearly inferior to a traditional lock. One of HomeKit’s selling point is that it provides a more reliable user experience, so these kinds of lag times will need to be sorted out before Apple can become a major platform for the smart home.“
Untuk mememnuhi persyaratan Apple, perusahaan pembuat chip Bluetooth LE (Low Energy) yaitu Broadcom dan Marvell sedang berusaha untuk meningkatkan kualitas dari chipnya tersebut agar dapat memenuhi standard yang ditentukan oleh Apple itu.
“For the time being, Elgato has found a workaround for these problems with Bluetooth LE. It’s tweaked the firmware and added additional on-chip memory to handle the heavy-duty encryption. Elgato was not anticipating having to go make these modifications initially, and now the company hopes to make a side business selling its tweaks to other device makers wanting to build HomeKit devices with Bluetooth LE.“
 Dengan hadirnya iOS 9 nanti, Apple akan menghadirkan peningkata-peningkatan untuk HomeKit ini, diantaranya adalah tipe sensor baru untuk jendela, sensor karbon monoksida, motion sensor dan lain-lainnya, kemudian Apple juga akan memberikan kemampuan pengguna untuk mengontrol perangkat HomeKitnya dari iCloud.

Other Source iPhonehacks & iDownloadblog
Disqus Comments