Jumat, 14 Agustus 2015

6 Hal yang Harus Dilakukan oleh Jailbreaker Setelah iOS 8.4.1 Rilis


Apple telah merilis iOS 8.4.1 yang diketahui telah 'membungkam' tool jailbreak seperti TaiG dan PP Jailbreak. Jadi, tentu saja kalian tidak dapat jailbreak iOS 8.4.1 menggunakan tool jailbreak milik TaiG atau PP Jailbreak. Sekarang waktunya untuk berpikir sejenak tindakan apa yang harus dilakukan oleh jailbreaker saat ini.

Jika kalian jailbreaker dan memiliki perangkat iOS yang sudah di jailbreak. Berikut adalah hal yang harus kalian lakukan sambil menunggu kabar selanjutnya mengenai jailbreak di iOS 8.4.1 ini.

1. Jangan Upgrade ke iOS 8.4.1

Point ini harus kalian perhatikan dan lakukan ya. Apabila kalian sudah melakukan upgrade ke iOS 8.4.1 via iTunes, maka disarankan untuk langsung downgrade ke iOS 8.4. mumpung masih belum di hentikan peredarannya oleh Apple karena jika kalian sudah upgrade lalu tiba-tiba Apple menghentikan peredaran iOS 8.4 maka kalian akan terjebak di iOS 8.4.1 tanpa bisa melakukan jailbreak. Selalu pantau status iOS 8.4 masih tersedia atau tidak di link berikut

2. Simpan SHSH Blobs

Simpan SHSH Blobs dari iOS 8.4. Hal tersebut dimaksudkan agar kalian dapat merestore ke iOS yang sudah di tutup atau dihentikan peredarannya oleh Apple, sebagai contohnya iOS 8.3. Untuk menyimpan SHSH Blobs ini kalian dapat menggunakan TinyUmbrella milik Semaphore. Menyimpan SHSH Blobs hanya dapat dilakukan pada perangkat iPhone 4S atau yang paling terbaru. Untuk tutorial menyimpan SHSH Blobs ini kalian dapat melihat artikel berikut Cara Menyimpan SHSH Blobs di iPhone, iPad atau iPod Touch

3. Install Cydia Impactor

Baru-baru ini Saurik telah merilis tools yang dapat unjailbreak perangkat iOS kalian yang diberi nama Cydia Impactor, sehingga perangkat iOS akan kembali ke posisi seperti sebelum di jailbreak ( atau bisa dibilang seperti restore ulang). Jadi, kalian dapat menggunakan iOS 8.4 sesuka hati tanpa khawatir. Untuk menggunakan Cydia Impactor ini kalian dapat melihat tutorialnya di artikel berikut Cara Unjailbreak iPhone atau iPad dengan Cydia Impactor.

4. Boot Loop Setelah Menginstall Tweak? Lakukan cara ini

Boot Loop pada iPhone atau iPad yang sudah di jailbreak dapat terjadi karena kesalahan menginstall tweak yang tidak cocok atau dikarenakan hal yang lain. 

Untuk memperbaikinya kalian dapat mereboot perangkat iOS dengan menekan tombol Home + Power. Ketika muncul logo Apple kalian tahan tombol Volume Up. iPhone atau iPad kalian akan melakukan booting tanpa mengaktifkan fitur jailbreak. Setelah itu hapus tweak yang bermasalah tadi. Kemudian reboot kembali.

5. Hapus Tweak Jailbreak yang Tidak Digunakan

Mungkin sebagian dari kalian pernah khilaf dengan menginstall tweak tanpa memperhatikan kapasitas penyimpanan dari perangkat iOS. Jika kapasitas penyimpanan dari perangkat iOS kalian sudah mencapai titik kritikalnya (low space free memory) mungkin dampaknya adalah iPhone atau iPad kalian akan menjadi lemot. Oleh karena itu, ada baiknya untuk uninstall tweak yang tidak sering kalian gunakan.

6. Jangan Utak-Atik Sistem File

Apabila kalian mempunyai iFile, saya menyarankan untuk menggunakannya secara hati-hati. Kenapa? Karena apabila kalian tidak secara sengaja menghapus atau mengedit sistem file yang seharusnya ada, maka dampaknya adalah kerusakan software iOS itu sendiri. Oleh karena itu, apabila kalian pengguna yang masih awam gunakan seperlunya saja.

Akhir kata, sekarang kita tunggu kabar selanjutnya dari TaiG apakah ingin merilis tool jailbreak untuk iOS 8.4.1 atau iOS 9.
Disqus Comments