Sabtu, 15 Agustus 2015

iCloud.com Kini Dapat Merestore File yang Telah Terhapus


Apple menghadirkan fitur baru di iCloud.com. Apa tuh? Apple kini memperbolehkan pengguna iCloud.com untuk merestore file, kalender, kontak dan reminder yang telah dihapus secara sengaja maupun tidak sengaja oleh pengguna di iCloud Drivenya. Dengan fitur ini, file, kalender maupun kontak yang telah terhapus tadi akan di simpan kedalam arsip iCloud selama 30 hari.

Untuk mengakses fitur ini pengguna dapat membuka situs https://www.icloud.com/. Setelah itu Login > Settings dan Scroll sampai ke bawah halaman. Nah di situ kalian akan menemukan tab Advance yang didalamnya terdapat tiga menu "Restore File", "Restore Contact", atau "Restore Calendar and Reminders".

Cara Restore File di iCloud.com

Sebelum menggunakan fitur ini, perlu diperhatikan pada nantinya kalian hanya akan melihat file yang telah terhapus dalam kurun waktu 30 hari terakhir. Jadi, jika file tersebut telah terhapus 31 hari maka tidak akan muncul di pilihan file untuk di restore.


Sekarang kalian dapat membuka link https://www.icloud.com/. Kemudian Login > Settings dan Scroll halaman web sampai kebagian paling bawah. Pada tab Advance kalian klik pada "Restore File". Setelah itu akan muncul pop up yang berisi file-file yang telah terhapus. Setelah itu, centang pada file yang akan di restore atau pilih Select All untuk merestore semua file yang telah terhapus. Apabila sudah selesai silahkan klik pada Restore File. File akan kembali ke iCloud Drive dan dapat bekerja seperti sedia kala.

Cara Restore Kontak di iCloud.com

Sekarang kalian dapat membuka link https://www.icloud.com/#settings. Kemudian Login dan Scroll halaman web sampai kebagian paling bawah. Pada tab Advance kalian klik pada "Restore Contacts". Setelah itu akan muncul pilihan contact yang telah dibackup berdasarkan waktu. Cara yang dilakukan sedikit berbeda dengan Restore File dari iCloud ini. Sekarang kalian pilih file backup kontak. Sudah? Klik Restore.


Catatan : File Kontak yang telah kalian restore secara otomatis akan menggantikan kontak yang sekarang tersimpan di perangkat yang terhubung dengan iCloud. Tenang saja, file kontak yang sekarang kalian gunakan tidak hilang, file tersebut akan tersimpan dalam arsip backup.

Apakah Fitur ini Berguna?

Dalam beberapa kasus fitur ini akan sangat berguna, seperti
1. Tidak sengaja menghapus file dari iCloud Drive
2. Bug dari aplikasi kalender pihak ketiga yang menghapus data kalender dari iCloud
3. File di iCloud Korup (Error) [Bisa terjadi namun kemungkinannya sangat kecil]

Mulai sekarang kalian tidak perlu khawatir dan panik ketika tidak sengaja menghapus file dari iCloud Drive kalian. Tinggal restore dan masalah selesai. Tapi perlu diingat ya file yang dapat direstore adalah file yang telah dihapus dalam kurun waktu 30 hari terakhir.
Disqus Comments