Rabu, 19 Agustus 2015

Riset : 1 dari 10 Pengguna iOS Menggunakan Layanan Apple Music


Menurut riset yang dilakukan oleh MusicWatch yang mengatakan bahwa 1 dari 10 pengguna iOS menggunakan layanan Apple Music. MusicWatch adalah perusahaan yang menyediakan riset konsumen untuk industri musik. Dalam riset yang dilakukan ini mereka mengambil 5000 sample dari usia 13 tahun sampai usia tua.

Hasilnya 77% dari pengguna iOS tidak menggunakan layanan Apple Music dalam kata lain mereka hanya mengetahui layanan tersebut ada. Namun, 11% dari pengguna iOS mengatakan bahwa mereka telah menggunakan layanan Apple Music. Kemudian 48% mengatakan telah mencoba layanan Apple Music tapi sekarang sudah tidak.

Russ Crupnick, selaku Managing Partner of Music Watch mengatakan 40% dari pengguna iOS membeli konten dari iTunes. “In terms of benchmarking Apple Music, 40 percent of iOS users are buying digital downloads from iTunes, suggesting trial of Apple Music could be higher,”. 

Selain itu ada fakta menarik lainnya mengenai riset ini, antara lain adalah
  • 28% pengguna Spotify Premium, 11% pengguna Spotify Free dan 6% dari pengguna Pandora telah menggunakan layanan Apple Music.
  • Sampai saat ini, 64% dari pengguna Apple Music berkeinginan untuk melanjutkan berlangganan layanan ini setelah masa percobaan dari Apple Music berakhir.
  • Sedangkan 61% dari pengguna Apple Music telah menonaktifkan auto-renewal dari layanan ini dari pengaturan iTunes.
  • Fitur yang populer dari kalangan pengguna Apple Music adalah "My Music", disana pengguna dapat membuat playlist murni buatan mereka sendiri.
  • 30% dari pengguna Apple Music juga mendengarkan Beats 1
  • Lalu, Fitur "Connect" sampai saat ini telah digunakan oleh 27% dari pengguna Apple Music.

Meskipun 5000 sample itu terbilang sedikit, tapi setidaknya dapat menggambarkan bagaimana perkembangan dari Apple Music ini. Terlepas dari riset ini. Salah satu hal yang membuar penasaran bahkan beritanya sedang hangat diperbincangkan adalah Kapan iPhone Generasi selanjutnya akan diperkenalkan oleh Apple? September kah? Atau mungkin Oktober? Will seee ya.

Sumber : MusicWatch
Disqus Comments