Selasa, 11 Agustus 2015

Rumor Seputar Fitur dan Spesifikasi Terbaru dari iPhone 6S atau iPhone 7


Kehadiran iPhone Generasi selanjutnya, yaitu iPhone 6S atau iPhone 7 (Masih kemungkinan). Kira-kira kurang dari sebulan Apple akan mengadakan event tahunan (Seperti tahun kemarin), yang dikabarkan akan mengumumkan lini terbaru dari iPhone, iPad dan Apple TV. Seperti biasanya kemunculan produk terbaru dari Apple tidak terlepas dari rumor-rumor yang beredar mulai dari desain, fitur, dan spesifikasi. Berikut adalah rangkuman dari rumor-rumor seputar fitur dan spesifikasi terbaru yang akan ada di iPhone 6S atau iPhone 7.

1. Force Touch dan Taptic Engine

Teknologi Taptic Engine dan Force Touch yang sudah digunakan di Apple Watch dan Macbook 12 inchi ini akan digunakan juga di iPhone generasi selanjutnya, sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman baru dalam menggunakan gadgetnya. Force Touch memiliki kemampuan untuk merasakan seberapa keras dari sentuhan pengguna dan dapat menjalankan perintah tergantung dari seberapa keras sentuhan dari pengguna. Contohnya ketika pengguna memutar video dari video player, pengguna dapat mempercepat speed dari video hanya dengan menyentuh layar secara keras atau lembut.

Pada Juni lalu, Apple dikabarkan sudah memulai produksi iPhone generasi terbaru dengan ukuran layar 4.7 inchi dan 5.5 inchi, keduanya dilengkapi dengan teknologi Force Touch.


2. Kamera 12 MP dan Resolusi 4K

Menurut John Grubber, iPhone Generasi selanjutnya merupakan "biggest camera jump ever" yang dikabarkan memiliki kemampuan untuk menyaingi kamera DSLR. Laporan tersebut dibuat olehnya pada November lalu yang menemukan "dua lensa" di bagian belakang dari iPhone terbaru ini.yang dapat menghasilkan gambar setara dengan kamera DSLR. 


Selanjutnya, menurut Analisis dari KGI Securities yaitu Ming-Chi Kuo yang mengatakan iPhone Generasi selanjutnya akan dibekali dengan kamera beresolusi 12 MP dan kemampuan merekam video beresolusi 4K untuk kamera belakangnya. Sedangkan untuk kamera depan memiliki kemampuan untuk merekam video 1080p dan video slow motion 240 fps dengan dukungan LED flash.


3. Chip NFC Terbaru

Menurut riset yang dilakukan oleh Barclays, iPhone 6S akan dilengkapi dengan chip NFC atau Nearf-Field Communication NXP 66VP2, yang merupakan upgrade dari chip NFC yang digunakan oleh iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, yaitu 65V10.

Kemudian, Chip STMicro terbaru juga akan diimplementasikan ke dalam iPhone 6S yang dibutuhkan untuk fungsi keamanan data, termasuk didalamnya adalah data kesehatan atau biometrik, kemanan multimedia streaming, otentikasi Enterprise atau Otomotif.

4. Sapphire Glass?

Entah layar Sapphire ini akan digunakan pada iPhone 6S, karena sebelumnya berita mengenai iPhone 6 dan iPhone 6 Plus hanyalah wacana belaka oleh Apple. Sebenarnya Apple memiliki alasan tersendiri mengapa mereka tidak menggunakan layar Sapphire di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Layar Sapphire diklaim memiliki ketahanan akan goresan yang sangat kuat dikarenakan partikel materialnya yang sangat kuat dan rapat. Walaupun begitu, masih ada kemungkinan bahwa Apple akan menggunakan layar Sapphire ini.

5. Prosesor A9 dan RAM 2GB

Apple bekerja sama dengan Samsung yang akan membuatkannya prosesor A9. Jika sebelumnya Apple menunjuk TSMC untuk memproduksi prosesor terbarunya tersebut. Prosesor terbaru tersebut memiliki performa yang lebih cepat dan hemat energi. Jika saat ini prosesor A8 menggunakan 20 nm, maka prosesor A9 kemungkinan akan menggunakan 14 nm. Selanjutnya dari sisi RAM ternyata Apple akan mengupgradenya ke 2 GB (Jika sebelumnya hanya 1GB untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus).

6. Kemanan Terbaru untuk Layar

Entah fitur keamanan ini akan digunakan atau tidak, tapi Apple sudah mendapatkan paten untuk ide ini. Dengan paten keamanan Apple terbaru, iPhone kalian akan minim kerusakan pada layar. Dengan motion sensor dan vibrating motor, akan memastikan layar iPhone kalian akan menghadap keatas dan tentunya hal ini dapat meminimalisir dari kerusakan layar. 
Just as a cat can twist and contort its body in mid-air so that it always lands on its feet, the next iPhone may be able to change its centre of gravity so that it always lands screen-up – potentially making cracked displays a thing of the past. - Telegraph

7. iPhone Baru Fingerprint Baru

Apple memiliki rencana untuk memasukkan fungsi Home Button (dengan Touch ID) di iPhone Generasi selanjutnya ke dalam layar. Sehingga dapat merampingkan layar iPhone di ukurannya yang besar. Menurut Apple Insider, Apple akan menghadirkan dua fingerprints baru yang letaknya berada di Home Button dan Layar iPhone. Meskipun begitu, ini merupakan gagasan yang bagus dari Apple untuk iPhone terbarunya.


8. LED Menjadi OLED

Ditahun ini, Apple akan mengganti layar LED dengan OLED (Organic Light-Emmiting Diode) untuk iPhone Generasi selanjutnya, yang sudah digunakan terlebih dahulu di Apple Watch. Selain itu, menurut laporan yang beredar Apple sedang mempersiapkan layar fleksibel pada tahun 2018 dan sedang dalam masa produksi.
Disqus Comments