Senin, 31 Agustus 2015

Tips Sebelum Membeli iPhone Baru


Smartphone asal perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino ini memang memiliki daya tariknya sendiri untuk pemakainya. Mengapa? Karena barang-barang dari Apple memiliki kesan premium dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan smartphone lainnya yang memiliki spesifikasi hardware yang sama. Tapi entah kenapa ketika kalian menggunakan iPhone rasanya seperti nilai prestige kalian naik gitu. In my opinion loh ya.

Nah, apabila hari ini kalian ada rencana untuk membeli iPhone. Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelumnya agar mendapat unit iPhone sesuai yang diharapkan, karena sekarang ini banyak sekali iPhone refurbish (rekondisi) atau supercopy. Check this out!

1. Usahakan Membeli iPhone di Reseller Resmi

Untuk mencegah barang-barang yang disebutkan diatas (rekondisi atau super copy) ada lebih baiknya kalian mengunjungi reseller resmi iPhone, seperti iBox, Emax dan lain-lainnya. Ketika kalian membeli iPhone di salah satu dari reseller tersebut tentunya kualitas iPhone yang terjamin. Jadi, sewaktu-waktu ada masalah kalian dapat mengklaimnya langsung ke tempat tersebut. Nah, tapi masalahnya model iPhone yang saat ini tersedia di reseller resmi adalah hanya iPhone 5C, iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Kok iPhone 5, iPhone 4S dan iPhoen 4 ngga ada? Iya, produk-produk tersebut sudah di diskontinu oleh Apple produksinya.

Jika membeli dari Reseller Resmi kalian tidak perlu meragukan kondisi iPhonenya. Untuk yang membelinya di Toko sebaiknya perhatikan tips di bawah ini juga

2. Cek Kondisi iPhone dan Cocokkan dengan Boxnya

Sebelum membeli pastikan kalian mengecek kondisi iPhone yang akan dibeli. Cek semua fungsi yang ada mulai dari touch screen, kamera, suara, tombol home dan volume. Pokoknya semuanya deh. Kemudian satu yang harus kalian lakukan dan ini sangat penting yaitu membuka aplikasi App Store. Apabila ternyata yang keluar ada Google Play. Wah, batalkan saja untuk membeli dan cari toko lain karena 100% iPhone yang akan kalian beli adalah palsu.

Jika semua sudah OK. Jangan puas dulu, kalian harus menyesuaikan iPhone dengan Box. Kalian buka Settings > General > About. Kemudian lihat kapasitas penyimpanan dan IMEI iPhonenya. Apabila informasi di iPhone dan di Box sesuai maka kalian dapat membeli iPhone tersebut.

3. Cek iPhone dengan iTunes

Terakhir hal yang harus kalian lakukan adalah mengecek iPhone ke iTunes. Hal ini dimaksudkan untuk mengecek apakah Serial Number dan IMEI dari iPhone kalian terdeteksi oleh iTunes atau tidak. Jika iya, cek kembali dengan informasi yang ada IMEI di iPhone kalian apakah sudah sesuai atau belum. Apabila tidak kalian harus bertanya kepada penjual dan meminta untuk menggantinya dengan unit yang lain.

Setelah itu kalian buka website selfsolve.apple.com dan masukkan serial number iPhone untuk mengecek apakah iPhone yang akan kalian beli terdaftar oleh Apple atau tidak.

4. Perbedaan iPhone Garansi Distributor dengan Garansi Resmi

Mungkin kalian pernah mendengar iPhone dengan Garansi Distributor yang sering dikaitkan dengan barang rekondisi dengan kualitas jelek. Sebenernya tidak selalu begitu, karena iPhone distributor itu kekurangannya menurut mimin hanya dari quality control nya aja. Ya memang sih beberapa yang hasil rekondisi tapi balik lagi ke statement mimin tadi "quality controlnya kurang". Oleh karena itu, kalian harus cermat ketika membeli iPhone garansi distributor.

Garansi Resmi yang dimaksud adalah garansi yang berasal langsung dari Apple langsung. Untuk kualitas produknya mah ngga usah diragukan, karena quality controlnya yang baik.

Oh iya, kalian mungkin pernah mendengar iPhone CPO. Apa sih itu? CPO adalah singkatan dari Certified Pre Owned. iPhone dengan label tersebut di boks depannya itu adalah barang yang di rekondisi oleh Apple langsung. Biasanya iPhone CPO muncul di iPhone dua generasi sebelum iPhone terbaru. Misalkan sekarang lagi iPhone 7 berarti iPhone 6. Enaknya dari iPhone CPO adalah garansi yang didapat resmi dari Apple dan aksesoris juga resmi. Berbeda dengan distributor yang ada kemungkinan aksesoris yang di dapat OEM.

Yang perlu diingat adalah seberapa kalian jeli dengan iPhone yang akan di beli. Apabila ada hal yang mencurigakan dari kondisi iPhone langsung tanyakan saja. Be Smart Buyer right? Bye bye.

Baca JugaTips Sebelum Membeli iPhone Bekas
Disqus Comments