Selasa, 08 September 2015

Beginikah Konsep User Interface dari Apple TV Terbaru?


Selain lini terbaru dari iPhone dan iPad, Apple TV nampaknya akan ikut unjuk gigi di Apple Event 9 September nanti. Sudah lama memang Apple tidak merefresh produknya tersebut, terakhir kali Apple TV Generasi sebelumnya hadir ditahun 2013 dan ditahun ini barulah generasi selanjutnya dari produk tersebut hadir.

Jika sampai saat ini hanya beredar informasi perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan di Apple TV. Produk Apple ini akan hadir dengan motion sensor remote, terintegrasi dengan Siri dan iOS 9. Namun, bagaimana dengan user interfacenya?

Baru-baru ini Andrew Ambrosino (Bukan pemain bola ya guys) telah mendesain user interface dari Apple TV Generasi 4 ini. Ia telah mengkombinasikan iOS 9 dengan tampilan Apple TV yang sekarang digunakan yang didalamnya termasuk mengkreasi ulang dari menu yang ada, Siri, dan pictur-in-picture yang dapat digunakan di iPad yang berjalan sistem operasi iOS 9. Berikut tampilannya.


Kita mulai dengan tampilan Home saat Lockscreen yang didalamnya terdapat tanggal, jam dan gambar background.


Terinspirasi oleh Apple Watch Andrew Ambrosini menghadirkan sebuah glance, ketika remot dari Apple TV diarahkan keatas. Untuk menejelajahi apa yang ada didalamnya pengguna cukup mengarahkan remot ke kiri atau kenan dan menekan "Enter" untuk masuk ke dalam sebuah Aplikasi yang dituju. Untuk kembali ke Homescreen cukup arahkan remot ke bawah. 


Untuk layar Homescreen, ia telah mendesain icon dari aplikasi berbentuk kotak dengan sisi melengkung di keempat sisinya. Dalam gambar diatas ini kalian akan melihat icon App Store yang katanya akan hadir bersamaan Apple TV Generasi 4 ini.


Kini fitur picture-in-picture dari iPad di iOS 9 hadir di Apple TV


Tampilan Siri, Proactive dan Universal Search juga hadir di Apple TV ini.


Bagaimana? Walaupun hanya sekedar konsep, semoga saja ini benar-benar terjadi. Yang penting adalah kapan ya Apple TV itu bisa digunakan di Indonesia ya?

SumberAndrew Ambrosino
Disqus Comments