Kamis, 17 September 2015

Cara Install Update iOS 9 di iPhone, iPad atau iPod Touch


Update : Apple telah memberhentikan peredaran iOS 9. Jadi, mulai sekarang kalian tidak bisa menginstall ke iOS 9.

Akhirnya, iOS 9 udah dirilis juga ya sama Apple. So far, iOS 9 ini sudah cukup baiklah. Untuk fitur-fitur seperti Multitasking, Proactive "Siri", Passcode 6 Digit, Transit Maps, dan lain-lainnya sudah bisa digunakan di perangkat iOS setelah kalian upgrade ke iOS 9. Hanya saja beberapa pengguna ada yang menemukan bug di iOS 9 ini, contohnya Control Center yang masih kurang smooth (rada lag), sebenernya sih udah dari iOS 8 tapi di iOS 9 bug tersebut masih muncul.

Artikel Terkait Mengenai iOS 9

Sekarang kalian dapat update ke iOS 9. Karena jailbreak sudah tersedia baca tutorial Jailbreak iOS 9 di Cara Jailbreak iOS 9 Menggunakan Pangu

Berikut adalah panduan untuk upgrade iPhone, iPad atau iPod Touch ke iOS 9.

Persiapan

1. Biasakan sebelum upgrade ke iOS terbaru, selalu cek kompatibilitas apakah versi iOS terbaru ini cocok atau tidak. Berikut adalah daftar perangkat iOS yang dapat menggunakan iOS 9.
  • iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S Plus, iPhone 6S
  • iPad Pro, iPad Air 2, iPad mini 3, iPad mini 4, iPad 2, iPad (third-generation), iPad (fourth-generation), iPad Air, iPad mini, iPad mini with Retina display
  • 5th generation iPod Touch, 6th generation iPod Touch

2. Ini paling penting! Biasakan untuk tidak melupakan proses backup perangkat iOS kalian sebelum upgrade ke iOS terbaru (iOS 9). Ada dua metode backup yang dapat kalian lakukan via iCloud atau iTunes. Sama saja kok keduanya, tapi saya lebih menyarankan untuk backup data nya via iTunes saja.

Panduan Backupnya bisa diliat di Cara Backup Menggunakan iCloud atau Cara Backup Menggunakan iTunes.

3. Apabila kalian berencana untuk upgrade ke iOS 9 menggunakan iTunes atau bisa dibilang manual maka ada file IPSW yang harus kalian download terlebih dahulu. Nanti saya sertakan linknya dibawah ya.

4. Jika kalian upgrade ke iOS 9 secara manual, maka kalian perlu mengupdate versi iTunes. Hal tersebut dikarenakan untuk mencegah masalah yang akan timbul saat upgrade ke iOS 9 ini. Sampai saat ini versi yang terbaru adalah 12.3. Kalian dapat download terlebih dahulu versi iTunes terbaru ini di Website Resmi AppleFilehippo atau ipsw.me.

5. Terakhir, matikan fitur Find My iPhone/iPad jika aktif. Caranya : Settings > iCloud. Lalu swipe tombol dari Find My iPhone (Sampai berwarna abu-abu).

Kondisi iOS 9 Sekarang
1. Status Jailbreak : Tersedia
2. Masih bisa downgrade ga min? Tidak bisa.

Proses Upgrade iOS 9

Ada dua metode yang dapat kalian pilih untuk menginstall update dari iOS 9 yaitu via OTA atau iTunes.

A. Cara Update iOS 9 via OTA
Metode yang satu ini terbilang cukup mudah ya, kenapa? Kalian tidak memerlukan iTunes, iCloud atau tools tambahan lainnya (iFunBox atau iExplore untuk perangkat iOS Jailbreak). Tapi, saya sendiri lebih menyarankan update ke iOS 9 menggunakan iTunes. Kenapa min? Iya karena update via iTunes itu sama aja kayak fresh install gitu, kalo via OTA ada kemungkinan crash tapi jarang sih. Yang mau coba update via OTA ini bisa lakukan langkah di bawah ini.

Catatan : Perangkat iOS Jailbreak tidak dapat menggunakan metode update ini!

1. Buka Menu Settings. Pilih General.

2. Kemudian pilih Software Update. Tap pada tombol "Download".


Setelah menekan tombol Download, iPhone, iPad atau iPod Touch kalian akan melakukan download firmware iOS terlebih dahulu diikuti dengan instalasi di bagian akhirnya. Jadi, pastikan koneksi internet kalian gunakan stabil dan cukup cepat ya. Oh iya, ketika proses update via OTA ini berlangsung jangan menaruh perangkat iOS kalian di bahan lembut ya karena bakal panas banget, saran mimin sih taro di meja aja.

B. Cara Update iOS 9 via iTunes
Nah metode kedua ini cukup banyak step-stepnya. Tapi ini lebih saya sarankan dan tingkat kesuksesan untuk ke depannya cukup tinggi (Halah min). Pertama-tama kalian harus udah install update iTunes dulu ya. Kalo belum silahkan downlad di link yang saya sudah sediakan di atas. Udah siap?

Catatan : Metode ini dapat digunakan untuk perangkat iOS yang sudah/belum jailbreak!

1. Download firmware iOSnya terlebih dahulu ya. Silahkan kalian pilih firmware di bawah ini berdasarkan perangkat iOS yang kalian gunakan sekarang. Jika masih bingung kalian bisa baca panduan yang dapat membantu kalian untuk memilih firmware iOS mana yang cocok untuk perangkat iOS kalian.

Download Firmware iOS 9 untuk iPhone

Download Firmware iOS 9 untuk iPad

Download Firmware iOS 9 untuk iPad Mini

Download Firmware iOS 9 untuk iPod Touch

Panduan untuk menentukan firmware yang cocok untuk perangkat iOS yang kalian gunakan sekarang bisa baca di Cara Menentukan Firmware yang Cocok untuk iPhone atau Cara Menentukan Firmware yang Cocok untuk iPad atau iPad Mini.

2. Jika proses download sudah selesai kalian hubungkan device ke komputer. Setelah itu iTunes akan terbuka secara otomatis.

3. Klik pada logo "Device" seperti gambar di bawah ini.


4. Untuk pengguna Windows : Kalian klik "Check For Update" bersamaan dengan menekan tombol "Shift". Jika sudah maka akan tampil window untuk mencari dan memilih firmware yang telah kalian download sebelumnya.

Untuk pengguna Mac : Kalian klik Kalian klik "Check For Update" bersamaan dengan menekan tombol "Option". Jika sudah maka akan tampil window untuk mencari dan memilih firmware yang telah kalian download sebelumnya.

5. Setelah itu, proses update akan berjalan. Oh iya, untuk mencegah error pada saat proses update pastikan kalian terhubung koneksi internet, karena iTunes akan melakukan verifikasi firmware iOS yang sudah kalian download sebelumnya ke server Apple pada saat proses update dilakukan.

6. Apabila proses update telah berhasil device kalian akan melakukan reboot. Jangan khawatir apabila device melakukan reboot lebih dari satu kali. Sekarang kalian hanya harus mengikuti first time setup dari iOS kalian yang baru.

Troubleshooting

Jika saat update via OTA kalian menemukan pesan error "Software Update Failed" kalian dapat memperbaiki masalah tersebut di postingan berikut Cara Memperbaiki "Software Update Failed" di iOS 9

Apabila mengalami stuck di Slide to Upgrade ketika ingin melakukan install update iOS 9, kalian dapat mengikuti langkah-langkah solusinya di Cara Memperbaiki Masalah Stuck di "Slide to Upgrade" saat Update iOS 9

Update : Karena banyak error ketika install iOS 9 ini, maka mimin menyarankan untuk langsung update ke iOS 9.1. Caranya di Cara Install Update iOS 9.1 di Perangkat iOS

Selamat mencoba! Jika kalian punya masalah atau apapun itu, please mention ke Twitter kami di @Applenesian. Kami akan berusaha menjawab semua pertanyaan yang masuk sebisa mungkin. Terima Kasih.
Disqus Comments